Hubungan Iklim Komunikasi dan Kepuasan Komunikasi dengan Motivasi Kerja Karyawan PT.KAI DAOP 4 Semarang

Published: 9 Sep 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 192 378
Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan munculnya media baru internet telah mempengaruhi industri termasuk industri transportasi.Informasi menjadi mudah untuk didapatkan,hal ini menuntut perusahaan penyedia jasa trasnportasi untuk menyesuaikan diri,termasuk juga PT.KAI DAOP 4 Semarang.PT.KAI DAOP 4 Semarang telah melakukan transformasi besar di tubuh organisasinya.Transformasi tersebut meliputi perubahan di sisi eksternal dan internal.Di sisi internal , perusahaan ini mengubah situasi komunikasi di dalam perusahaannya dari yang tadinya kaku menjadi lebih fleksibel.Salah satunya adalah dengan memperhatikan iklim komunikasi yang bersifat makro dan efek kepuasan komunikasi yang bersifat mikro di dalam tubuh organisasi ini.Karya tulis ilmiah ini disusun untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi dan kepuasan komunikasi dengan motivasi kerja karyawan back-office PT.KAI DAOP 4 Semarang.

            Karya Tulis Ilmiah ini disusun dengan menggunakan metode kuantitatif untuk menguji hipotesis dengan  uji statistic rank-kendall .Teori-teori yang digunakan adalah  Teori strukturasi dan Teori Hubungan Manusia.Teori Strukturasi dapat menjelaskan hubungan  Iklim Komunikasi dengan motivasi kerja karyawan ,dapat juga menjelaskan hubungan kepuasan komunikasi dengan motivasi kerja karyawan.Teori Hubungan Manusia menjelaskan hubungan kepuasan komunikasi dengan motivasi kerja karyawan.

            Penelitian ini menghasilkan hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara iklim komunikasi dengan motivasi kerja karyawan PT.KAI DAOP 4 Semarang karena besar signifikansi sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05 dengan keeratan sebesar 0,543 yang berarti memiliki keeratan yang kuat.Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan komunikasi dengan motivasi kerja karyawan PT.KAI DAOP 4 Semarang karena besar signifikansi sebsar 0,000 yaitu kurang dari 0,05 dengan keeratan sebesar 0,501 yang berarti memiliki keeratan yang kuat.

            Karya tulis skripsi ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru pada kajian komunikasi organisasi tentang iklim komunikasi dan kepuasan komunikasi di dalam sebuah organisasi.Selain itu , hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru kepada pihak PT.KAI DAOP 4 Semarang sehingga mereka dapat mengelola situasi komunikasi di perusahaannya dengan lebih baik.

Keywords: Iklim Komunikasi, Kepuasan Komunikasi, Motivasi kerja karyawan

Article Metrics: