Hubungan Terpaan Bauran Promosi Rokok Apache dengan Minat Membeli

Ahmad Fauzi, M Bayu Widagdo, Tandiyo Pradekso, Djoko Setyabudi

Abstract


Dalam bersaing dengan kompetitor, rokok Apache menggunakan bauran
promosi sebagai alat dalam memasarkan dan mengkomunikasikan produknya
kepada masyarakat. Penjualan rokok Apache sangat baik dan terus meningkat
sejak pertama produksi. Empat bauran promosi yang digunakan rokok Apache
antara lain: periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, penjualan
perorangan. Rokok Apache hingga kini masih menggunakan keempat bentuk
promosi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara terpaan
periklanan, terpaan hubungan masyarakat, terpaan promosi penjualan, terpaaan
penjualan perorangan dengan minat membeli rokok Apache. Dengan mengacu pada
teori Advertising Exposure, teori behavior learning dan teori komunikasi personal.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori. Penelitian
ini menggunakan teknik non random sampling dengan cara purposive sampling
sebagai teknik untuk menentukan sampel. Terdapat 50 responden yang menjadi
sampel. Alat yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah uji statistik
korelasi pearson.
Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada
korelasi yang signifikan antara terpaan periklanan dengan minat membeli rokok
Apache . Hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi sebesar 0,014 dan nilai
korelasi sebesar 0,344. Hasil pengujuan hipotesis kedua menunjukkan bahwa
terdapat hubungan yang sangat signifikan antara terpaan hubungan masyarakat
dengan minat membeli rokok Apache didasarkan pada angka signifikansi sebesar
0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,540. Hipotesis ketiga menunjukkan terdapat
hubungan yang signifikan antara terpaan promosi penjualan dengan minat
membeli rokok Apache didasarkan pada angka signifikasi 0,039 dan nilai korelasi
sebesar 0,292. Hipotesis terakhir menunjukkan terdapat hubungan yang
signifikan antara terpaan penjualan perorangan dengan minat membeli rokok
Apache didasarkan pada angka signifikasi sebesar 0,046 dan nilai sebesar 0,284.


Keywords


Terpaan Periklanan, Terpaan Hubungan Masyarakat, Terpaan Promosi Penjualan, Terpaan Penjualan Perorangan, Minat Membeli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung