skip to main content

Pengaruh Intensitas Bermain Game Online dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak


Citation Format:
Abstract

Tren game online yang sekarang banyak digandrungi lapisan usia tidak
hanya memberikan dampak positif saja, namun juga dapat membawa dampak
negatif kepada anak. Di dalam permainan game online sekarang ini banyak
mengandung adegan atau aksi-aksi kekerasan baik secara verbal maupun secara
fisik. Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran karena anak yang memainkan game
online yang banyak mempertontonkan aksi-aksi kekerasan dan perilaku agresif
bisa menjadi contoh yang buruk bagi perkembangan anak terutama perilaku anak.
Disinilah peran orang tua dibutuhkan yaitu dengan memberikan pengawasan
kepada anak dalam bermain game online untuk meminimalisir dampak negatif
dari game online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain
game online dan pengawasan orang tua terhadap perilaku agresif anak. Dasar
pemikiran yang digunakan adalah social cognitive theory dan parental mediation.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik non random sampling dengan
metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 50 responden dengan
usia 10-14 tahun di warnet atau game center yang ada di kecamatan Banyumanik
kota Semarang.
Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana
dengan bantuan SPSS 22. Uji hipotesis antara intensitas bermain game online
menunjukkan hasil yang sangat signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
dan berpengaruh positif terhadap perilaku agresif anak. Sedangkan variabel
pengawasan orang tua terhadap anak dalam bermain game online menunjukkan
hasil yang signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 dan memiliki
pengaruh yang negatif dengan perilaku agresif anak. Kesimpulan dari uji hipotesis
ini adalah semakin tinggi intensitas bermain game online maka semakin tinggi
perilaku agresif anak dan semakin tinggi pengawasan orang tua maka perilaku
agresif anak akan semakin rendah.
Saran peneliti adalah orang tua sebaiknya mengarahkan anak untuk
melakukan aktivitas yang lebih positif dan bermanfaat, serta untuk penelitian
selanjutnya disarankan menggunakan variabel lain seperti inteeraksi peer group
atau pola asuh orang tua.

Fulltext View|Download
Keywords: game online, pengawasan orang tua, perilaku agresif anak

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.