Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Orangtua Anak Terhadap Prestasi Belajar Anak

Aldi Atwinda Jauhar, Nurist Surayya Ulfa, Tandiyo Pradekso, Agus Naryoso

Abstract


Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarang
ini, hal ini terlihat dari jumlah pengguna smartphone yang selalu meningkat setiap
tahunnya. Tidak hanya orangtua saja, anak-anak saat ini sudah banyak yang
menggunakan perangkat canggih tersebut. Prestasi belajar anak dapat ditingkatkan
dengan memanfaatkan smartphone secara optimal, selain itu kegiatan komunikasi
orang tua anak yang baik di dalam lingkungan keluarga juga memiliki peran dalam
menaikkan prestasi akademik dari anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan
smartphone dan komunikasi orang tua anak terhadap prestasi belajar anak. Dasar
pemikiran yang digunakan adalah teori determinasi teknologi dan konsep
komunikasi instrumental. Penelitian ini menggunakan teknik simple random
sampling. Sampel penelitian adalah anak berusia 12 – 14 tahun, dengan jumlah
sebesar 138 siswa di SMP Negeri 5 Pati
Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan
bantuan SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa intensitas penggunaan
smartphone (sig 0,003) dan komunikasi orang tua anak (sig 0,002) berpengaruh dan
signifikan terhadap prestasi belajar anak. Kesimpulan dari uji hipotesis adalah
intensitas penggunaan smartphone dan komunikasi orangtua anak berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa teori
determinasi teknologi dan konsep komunikasi instrumental terbukti mampu
menjelaskan pengaruh antara intensitas penggunaan smartphone dan komunikasi
orangtua anak terhadap prestasi belajar anak. Semakin tinggi intensitas penggunaan
smartphone dan komunikasi orangtua anak maka semakin tinggi prestasi belajar
anak.
Saran yang dapat diberikan adalah mengoptimalkan penggunaan
smartphone. Agar penggunaan smartphone tidak hanya untuk kegiatan hiburan
seperti bermain game, namun juga digunakan untuk kegiatan yang positif dan lebih
bermanfaat. Para guru dapat memanfaatkan serta mengenalkan keberadaan
teknologi komunikasi informasi seperti smartphone untuk kegiatan belajar
mengajar.


Keywords


smartphone, komunikasi orangtua anak, prestasi belajar, determinasi teknologi, komunikasi instrumental

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung