BibTex Citation Data :
@article{IO8866, author = {Aldi Jauhar and Nurist Ulfa and Tandiyo Pradekso and Agus Naryoso}, title = {Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Orangtua Anak Terhadap Prestasi Belajar Anak}, journal = {Interaksi Online}, volume = {3}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {smartphone, komunikasi orangtua anak, prestasi belajar, determinasi teknologi, komunikasi instrumental}, abstract = { Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarang ini, hal ini terlihat dari jumlah pengguna smartphone yang selalu meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya orangtua saja, anak-anak saat ini sudah banyak yang menggunakan perangkat canggih tersebut. Prestasi belajar anak dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan smartphone secara optimal, selain itu kegiatan komunikasi orang tua anak yang baik di dalam lingkungan keluarga juga memiliki peran dalam menaikkan prestasi akademik dari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan smartphone dan komunikasi orang tua anak terhadap prestasi belajar anak. Dasar pemikiran yang digunakan adalah teori determinasi teknologi dan konsep komunikasi instrumental. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah anak berusia 12 – 14 tahun, dengan jumlah sebesar 138 siswa di SMP Negeri 5 Pati Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa intensitas penggunaan smartphone (sig 0,003) dan komunikasi orang tua anak (sig 0,002) berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar anak. Kesimpulan dari uji hipotesis adalah intensitas penggunaan smartphone dan komunikasi orangtua anak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa teori determinasi teknologi dan konsep komunikasi instrumental terbukti mampu menjelaskan pengaruh antara intensitas penggunaan smartphone dan komunikasi orangtua anak terhadap prestasi belajar anak. Semakin tinggi intensitas penggunaan smartphone dan komunikasi orangtua anak maka semakin tinggi prestasi belajar anak. Saran yang dapat diberikan adalah mengoptimalkan penggunaan smartphone. Agar penggunaan smartphone tidak hanya untuk kegiatan hiburan seperti bermain game, namun juga digunakan untuk kegiatan yang positif dan lebih bermanfaat. Para guru dapat memanfaatkan serta mengenalkan keberadaan teknologi komunikasi informasi seperti smartphone untuk kegiatan belajar mengajar. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/8866} }
Refworks Citation Data :
Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarangini, hal ini terlihat dari jumlah pengguna smartphone yang selalu meningkat setiaptahunnya. Tidak hanya orangtua saja, anak-anak saat ini sudah banyak yangmenggunakan perangkat canggih tersebut. Prestasi belajar anak dapat ditingkatkandengan memanfaatkan smartphone secara optimal, selain itu kegiatan komunikasiorang tua anak yang baik di dalam lingkungan keluarga juga memiliki peran dalammenaikkan prestasi akademik dari anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaansmartphone dan komunikasi orang tua anak terhadap prestasi belajar anak. Dasarpemikiran yang digunakan adalah teori determinasi teknologi dan konsepkomunikasi instrumental. Penelitian ini menggunakan teknik simple randomsampling. Sampel penelitian adalah anak berusia 12 – 14 tahun, dengan jumlahsebesar 138 siswa di SMP Negeri 5 PatiAnalisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana denganbantuan SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa intensitas penggunaansmartphone (sig 0,003) dan komunikasi orang tua anak (sig 0,002) berpengaruh dansignifikan terhadap prestasi belajar anak. Kesimpulan dari uji hipotesis adalahintensitas penggunaan smartphone dan komunikasi orangtua anak berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa teorideterminasi teknologi dan konsep komunikasi instrumental terbukti mampumenjelaskan pengaruh antara intensitas penggunaan smartphone dan komunikasiorangtua anak terhadap prestasi belajar anak. Semakin tinggi intensitas penggunaansmartphone dan komunikasi orangtua anak maka semakin tinggi prestasi belajaranak.Saran yang dapat diberikan adalah mengoptimalkan penggunaansmartphone. Agar penggunaan smartphone tidak hanya untuk kegiatan hiburanseperti bermain game, namun juga digunakan untuk kegiatan yang positif dan lebihbermanfaat. Para guru dapat memanfaatkan serta mengenalkan keberadaanteknologi komunikasi informasi seperti smartphone untuk kegiatan belajarmengajar.
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.