Pengaruh Intensitas Bermain Game Online dan Mediasi Restriktif Orang Tua terhadap Perilaku Antisosial Remaja

Published: 1 Apr 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 193 867
Abstract

Masa remaja menjadi periode yang rentan terhadap pengaruh-pengaruh
negatif yang diterimanya. Pengaruh ini dapat memunculkan perilaku -perilaku
yang kurang disukai atau bahkan sama sekali tidak dikehendaki oleh masyarakat,
perilaku ini dikenal dengan perilaku antisosial. Game online merupakan tempat
bermain bagi remaja, dimana di dalamnya terdapat berbagai macam jenis
permainan dari game action, strategi, petualangan, musical, sampai olahraga
sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri bagi yang memainkannya.
Penelitian ini menggunakan teori Belajar Sosial (Social Learning Theory)
yang menjelaskan dalam proses belajar sosial, individu selalu mengumpulkan
informasi dan melakukan pengamatan dari lingkungan dalam melakukan sesuatu
dalam berbagai konteks dan Restrictive Mediation dari Parental Mediation yang
menjelaskan mediasi yang dilakukan orang tua pada anak dengan memberikan
peraturan-peraturan dalam ha penggunaan media. Populasi dari penelitian ini
adalah murid kelas VII dan VIII SMP Eka Sakti Semarang. Usia 12-14 tahun.
Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak sederhana dengan jumlah sampel
70 orang.
Analisis data yang digunakan adalah regresi liner sederhana dengan
spss 20. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel intensitas
bermain game online berpengaruh terhadap perilaku antiosial remaja dan
signifikan (sig.=0,000) dengan persamaan linier sederhana Y = 6,869 + 0,156X1
.
Hasil uji hipotesis kedua membuktikan bahwa mediasi restriktif orang tua
berpengaruh terhadap perilaku antisosial remaja dan signifikansi (sig,.=0,000)
dengan persamaan linier Y=11,044 – 0,434X
2
.
Saran yang diberikan penelitian ini adalah supaya orang tua perlu
memperdalam hubungan komunikasi dengan anaknya. Selain itu orang tua perlu
bersikap terbuka dan mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan perilaku
antisosial dikalangan remaja, sehingga hubungan yang terjalin semakin berkualitas
dan kemungkinan remaja untuk berperilaku antisosial semakin kecil atau bahkan
tidak ada.

Keywords: game online, mediasi restriktif, perilaku antisosial

Article Metrics: