slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Pengaruh Terpaan Iklan Hijau di Televisi dan Pengetahuan tentang Manfaat Air Putih terhadap Minat Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Ades pada Komunitas Atlet di Kota Semarang | Nugraha | Interaksi Online skip to main content

Pengaruh Terpaan Iklan Hijau di Televisi dan Pengetahuan tentang Manfaat Air Putih terhadap Minat Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Ades pada Komunitas Atlet di Kota Semarang


Citation Format:
Abstract

Peran komunikasi pemasaran semakin penting dalam pengelolaan suatu
perusahaan, apalagi di tengah situasi global yang semakin kompetitif. Strategi
komunikasi pemasaran juga mengalami perubahan orientasi seiring
perkembangan ilmu dan teknologi, serta kesadaran terhadap lingkungan hidup.
Salah satu strategi komunikasi pemasaran tersebut adalah strategi pemasaran
hijau, yang dianggap memberikan keunggulan bersaing berkelanjutan. Pemasaran
hijau dikembangkan tidak hanya bertumpu kepada pemenuhan kebutuhan
masyarakat, tetapi juga dapat mensejahterakan masyarakat melalui tanggung
jawab terhadap lingkungan hidup sekitar.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh terpaan
iklan hijau di TV dan pengetahuan tentang manfaat air putih terhadap minat
konsumsi AMDK merek ADES pada komunitas atlet di Kota Semarang. Subjek
penelitian adalah 111 orang atlet binaan DINPORA Provinsi Jawa Tengah yang
diperoleh secara proportional random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian adalah (1) Terpaan iklan hijau di televisi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat konsumsi air minum dalam kemasan
(AMDK) merek Ades pada komunitas atlet di Kota Semarang (t=3,805 atau
p=0,000); dan (2) Pengetahuan tentang manfaat air putih berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) merek
Ades pada komunitas atlet di Kota Semarang (t=2,751 atau p=0,007).
Saran penelitian adalah kesadaran akan kelestarian lingkungan membawa
dampak besar terhadap bentuk komunikasi pemasaran. Pemasaran hijau dianggap
sebagai strategi yang unggul untuk meningkatkan minat konsumsi. Implikasi dari
pemasaran hijau adalah meningkatkan terpaan iklan hijau.

Fulltext View|Download
Keywords: terpaan iklan hijau, pengetahuan, minat konsumsi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.