Hubungan Antara Terpaan Informasi Garuda Indonesia di Media Sosial Twitter @Garuda_UK dan Terpaan Sponsorship Garuda Indonesia dalam Pertandingan Liverpool Footbal Club dengan Kesadaran Merek Garuda Indonesia

Shafira Inas Nurina, Turnomo Rahardjo, Tandiyo Pradekso, Nuriyatul Lailiyah

Abstract


Kerjasama co-branding Garuda Indonesia – Liverpool FC membuat Garuda Indonesia
mendapat keuntungan untuk menjalankan kegiatan komunikasi pemasaran dengan tujuan
menciptakan kesadaran merek. Terkait dengan hal tersebut, Garuda Indonesia belum
melakukan evaluasi yang berhubungan dengan tujuan diadakannya kerjasama Garuda
Indonesia dengan Liverpool FC, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara terpaan informasi Garuda Indonesia di media sosial Twitter @Garuda_UK
dan terpaan sponsorship Garuda Indonesia dalam pertandingan Liverpool FC dengan
kesadaran merek Garuda Indonesia. Teori mengenai kesadaran merek yang didukung dengan
teori mengenai terpaan informasi di media sosial dan teori mengenai terpaan sponsorship
menjadi dasar pemikiran dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif tipe eksplanatif dengan
metode penarikan sampel non random sampling dan teknik penarikan sampel adalah
purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 orang yang merupakan fans Liverpool FC
yang berdomisili di Negara Inggris.
Analisis data yang digunakan adalah uji Korelasi Pearson dengan hasil yang didapat
adalah bahwa terdapat hubungan yang sigifikan antara terpaan informasi Garuda Indonesia di
media sosial Twitter @Garuda_UK (X1) dengan kesadaran merek Garuda Indonesia (Y)
karena menghasilkan angka signifikansi 0,014 dengan koefisien korelasi Pearson sebesar
0,345 serta terdapat hubungan yang signifikan antara terpaan sponsorship Garuda Indonesia
dalam pertandingan Liverpool FC (X2) dengan kesadaran merek Garuda Indonesia (Y)
menghasilkan angka signifikansi 0,002 dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,418.
Hasil temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi Garuda
Indonesia agar dapat memanfaatkan media sosial dan sponsorship secara lebih efektif.


Keywords


terpaan, informasi, sponsorship,kesadaran merek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung