Karya Bidang Program Tayangan Gitaran Sore-Sore PROTV (Sebagai Project Officer, Program Director dan Produksi)

Published: 31 Dec 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Televisi lokal sebagai media televisi yang berbeda dengan televisi nasional
mempunyai keunggulan dalam tayangan yang disajikan. Tayangan televisi lokal
dapat menyajikan konten acara yang menitik beratkan kepada potensi budaya
lokal yang ada di setiap daerah sehingga bisa menumbuhkan kedekatan antara
penonton dengan sebuah tayangan. Namun pada kenyataannya hal itu tidak
mampu membuat televisi lokal seperti PROTV dengan Tayangan Gitaran Sore
Sore menjadi pilihan utama tontonan bagi masyarakat Semarang dan tentunya
pemasukan iklan juga terkena dampaknya. Hal ini dikarenakan belum adanya
pesan yang dapat menghubungkan antara masyarakat Semarang dan sekitarnya
dengan Tayangan Gitaran Sore-Sore.
Karya Bidang ini dilakukan untuk membangun sebuah komunikasi yang
menghubungkan masyarakat Semarang dan sekitaranya dengan tayangan Gitaran
Sore-Sore. Sehingga kenaikan behavior menonton acara Gitaran Sore-Sore dapat
tercapai. Hal ini juga berpengaruh terhadap pemasukan iklan pada tayangan ini.
Pesan yang dibangun dalam kegiatan ini adalah “Jelajah Dunia Semarang Lewat
Obrolan”. Dengan memiliki pemahaman tentang kondisi psikografis dari
masyarakat dan menuangkan dalam bentuk kegiatan, kemampuaan berkoordinasi
dengan baik dengan pihak yang terkait, maupun hal lainnya yang dilaksanakan
secara tepat, Tugas yang dibebankan kepada penulis dapat dikatakan berhasil.
Berdasarkan hasil riset yang dilaksanakan setelah kegiatan berlangsung,
goals frekuensi menonton (1 kali dalam seminggu) tayangan Gitaran Sore-Sore di
jam tay ang yang baru mampu mencapai 64% dari yang semula 31%. Berarti
kenaikan yang dicapai yaitu 33%, melebihi target yang ditentukan yaitu 20%.
Dari divisi bisnis dan komunikasi target pengiklan juga dapat dicapai yaitu dilihat
dari tercukupinya biaya produksi program tayangan dan kegiatan komunikasi
yang dilakukan. Dari hal-hal tersebut maka dapat dikatakan Produksi Program
Tayangan Gitaran Sore Sore berhasil .
Kata Kunci : Gitaran Sore-Sore PROTV, Komunikasi Marketing, Program,
Marketing

Article Metrics: