Public Relations Branding CB31 Artspace : “Moro Seneng” Divisi Project Officer, Divisi Communication Director, dan Divisi Bussines Director

Stephany Alamanda, Nuriyatul Lailiyah, Agus Naryoso, M Bayu Widagdo

Abstract


Iklim seni di Kota Semarang berkembang cukup pesat. Muncul banyak komunitas -komunitas yang bergerak di bidang seni rupa. Namun hal ini tidak ditunjang dengan
keberadaan ruang pamer yang jumlahnya sangat minim di Kota Semarang.
CB31Artspace sebagai ruang seni alternatif yang memberikan wadah untuk pameran dan
berdiskusi berupaya untuk memberikan ruang berkarya dan mengembangkan kemampuan
para seniman muda di Kota Semarang. Akan tetapi keberadaan CB31Artspace belum
diketahui secara baik oleh masyarakat khususnya para anak muda yang memiliki
ketertarikan di bidang seni. Berdasarkan teori, persuasi diperlukan untuk meyakinkan
khalayak yang menjadi sasaran untuk mengadopsi sikap, opini atau perilaku tertentu
Karya bidang ini dibuat dengan tujuan untuk mengkomunikasikan CB31Artspace
sebagai media pamer karya bagi seniman lokal Semarang kepada masyarakat luas,
khususnya mahasiswa di Kota Semarang yang tertarik dengan seni rupa sehingga mereka
dapat mengembangkan diri dalam bidang seni rupa. Untuk mencapai tujuan tersebut, di
buat kegiatan kampanye “Moro Seneng” yang terdiri dari kegiatan pre-event yang
mengajak mahasiswa untuk datang ke CB31artspace untuk diskusi dan brainstorming
serta event pameran Moro Seneng untuk memberikan wadah pamer bagi para peserta.
Pemilihan kegiatan ini di dasari atas pesan utama “Serunya berkarya dan pamer karya
bersama”. Oleh karena itu, berbagai program yang dilakukan diarahkan agar mahasiswa
dapat mengembangkan kemampuan mereka di bidang seni secara seru dan
menyenangkan. Pesan ini di terapkan ke seluruh elemen program dan juga konsep
produksi.
Sebagai Project Officer, Communication Director, Bussnines Director, penulis
bertanggung jawab pada kinerja tim, publisitas, promosi dan keuangan. Hasilnya,
kegiatan Moro Seneng ini dapat berjalan dengan lancar, baik secara kinerja tim, maupun
keuangan, disamping itu, berkat acara Moro Seneng, CB31 Artspace dapat dipahami oleh
masyarakat sebagai ruang pamer karya bagi seniman lokal Semarang. Untuk kedepan,
CB31Artspace perlu untuk membuat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan
engagement dengan target audiens, dan hal ini bisa dilakukan dengan pelaksanaan agenda
secara kontinyu kegiatan Moro Seneng.
Kata kunci : Seni, Pameran, Branding.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung