PROSES PENENTUAN PESAN DAN STRATEGI KREATIF IKLAN DENGAN ENDORSER BERJILBAB PADA PENGIKLAN DAN PERUSAHAAN IKLAN

Arlita Dwi Utami, Djoko Setyabudi, Hedi Pudjo Santosa, Nuriyatul Lailiyah

Abstract


Dahulu menampilkan endorser berjilbab dalam iklan hanya ada saat-saat
khusus seperti ramadhan atau Idul Fitri saja. Tetapi sejak sekitar tahun 2012 mulai
muncul iklan-iklan yang menggunakan endorser berjilbab untuk produk-produk
general dan ditayangkan diluar waktu-waktu khusus tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, yang
bertujuan untuk mengetahui latarbelakang pengiklan dan perusahaan iklan
menggunakan bintang iklan berjilbab dalam iklannya dan mengetahui proses
penentuan pesan dan strategi kreatif sebuah iklan yang menggunakan bintang
iklan berjilbab. Teori yang digunakan adalah teori Strategi Kreatif dari Sandra E
Moriarty. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Data primer dianalisis
menggunakan penjodohan pola. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penyusunan pesan meliputi karakter produk, kondisi pemasaran, iklan-iklan
sebelumnya, tujuan beriklan, tujuan komunikasi, key issue, kompetitor, insight,
dan positioning. Dalam mengeksekusi ide kreatifnya perlu mempertimbangkan
apa yang menjadi penugasan, yang keluar dari brainstorming, serta bentuk iklan.
pemilihan endorser Penentuan endorser berjilbab dilihat dari dua hal yaitu
keterwakilan konsumen dan kesesuaian dengan produk. Tidak ada keharusan
menggunakan endorser dari selebritis. Semua disesuaikan dengan apa yang ingin
dikomunikasikan dan dengan karakter produk itu sendiri.
Brand lain dapat membuat iklan dengan endorser berjilbab dengan
menyampaikan pesan yang lain yaitu dengan tidak mengkomunikasikan tentang
halal dan menunjukkan bahwa produk tersebut digunakan oleh banyak kalangan.
Masih banyak yang dapat dikembangkan dari penggunaan endorser berjilbab
dalam iklan.
Kata kunci : Proses Penentuan Pesan Iklan, Strategi Kreatif Iklan, Endorser
Berjilbab. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung