slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PERILAKU IMITASI FASHION SNSD OLEH SONE SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DIRI DAN IDENTITAS SONE (ANALISIS FENOMENOLOGI PERILAKU FANS TERHADAP ARTIS IDOLANYA) | Dewanti | Interaksi Online skip to main content

PERILAKU IMITASI FASHION SNSD OLEH SONE SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DIRI DAN IDENTITAS SONE (ANALISIS FENOMENOLOGI PERILAKU FANS TERHADAP ARTIS IDOLANYA)


Citation Format:
Abstract

Skripsi ini melaporkan hasil penelitian dari analisis fenomenologi terhadap fashion
komunitas penggemar girls band korea SNSD ,yaitu SONE di Kota Tegal. Fashion SONE
menunjukkan bahwa ada pesan yang ingin disampaikan oleh mereka. Dengan
pengamatan terhadap atribut fashion yang mereka gunakan, penelitian ini ingin
memaknai bagaimana fashion bisa dijadikan sebuah sarana untuk mempresentasikan diri
dan sebagai identitas SONE. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi
perkembangan kajian fenomenologi komunikasi dan memberikan pengetahuan bahwa
komunitas fashion SONE mempunyai sisi yang unik dan tidak selalu identik dengan
perilaku yang melanggar norma . Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang
bertujuan untuk mengungkapkan adanya hubungan antara suatu gejala dengan gejala lain
dalam masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, dan
wawancara. Analisa data dilakukan bersamaan ketika peneliti mengumpulkan data. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku imitasi yang terjadi pada kelompok SONE
terjadi dalam hal simbolik saja. Dimana mereka menggunakan pakaian yang sama
dengan apa yang kerap digunakan oleh anggota SNSD untuk menunjukan pada
masyarakat bahwa mereka merupakan bagian dari kelompok SONE. Kelompok SONE
sendiri dikenal sebagai kelompok fandom k-pop “eksklusif”di kota Tegal ,selain itu
mereka ingin membuat kesan dengan menyampaikan pesan nonverbal melalui perantara
fashion yang mereka gunakan ,bahwa dengan menggunakan SNSD style yang notabene
berbeda dari kebiasaan pakaian yang digunakan oleh kebanyakan orang di lingkungan
mereka dankerap kali dianggap “aneh” mereka justru bisa tampil lebih modis dan
akhirnya membuat orang tertarik dengan apa yang mereka gunakan.
Kata Kunci : Kpop , SNSD , SONE , Imitasi , Fenomenologi

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.