Pengelolaan Kegiatan Community Relations untuk Penguatan Brand Positioning Telkomsel di Kalangan Remaja Sekolah Menengah Atas kota Semarang

Published: 22 Dec 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Telkomsel merupakan operator selular terbesar di Indonesia, dengan
jumlah pengguna mencapai 131,5 juta pada akhir tahun 2013. Dalam
perkembangannya, industri operator selular memiliki persaingan bisnis yang
ketat. Segmen remaja merupakan market potensial yang diperebutkan oleh
berbagai operator selular. Sehingga dibutuhkan pendekatan pada remaja
melalui kegiatan community relations yang baik dan sesuai dengan remaja
agar terbentuk brand positioning perusahaan yang kuat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategis
kegiatan community relations Telkomsel untuk penguatan brand positioning
di kalangan remaja SMA. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui
wawancara mendalam (indept Interview) dengan beberapa orang atau
narasumber yang memiliki wewenang dalam melaksanakan kegiatan
community relations PT Telkomsel.
Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan strategis yang
dilakukan Telkomsel divisi Youth and Community dalam mengelola
kegiatan community relations untuk penguatan brand positioning di kalangan
remaja SMA di kota Semarang melalui tahapan analisis, penyusunan tujuan,
identifikasi dan segmentasi sasaran, perumusan pesan, strategi, taktik,
ketepatan waktu, sumberdaya, evaluasi dan review. Dengan fokus strategi
dan taktik yang digunakan adalah pendekatan event/group yang ditunjukkan
melalui berbagai macam kegiatan dan sponsorship untuk segmen remaja.
Perusahaan harus menjaga konsistensi pendekatan-pendekatan yang
dilakukan pada segmen remaja agar terbentuk brand positioning Telkomsel
yang baik dan tidak hanya bersifat sementara. Sehingga hubungan baik
antara perusahaan dan komunitas selalu terjaga.
Kata kunci : Community Relations, Perencanaan Strategis, Brand
Positioning.

Article Metrics: