LAPORAN EVENT MARCOMM TOURING MERDEKA YZF R-25 (JABATAN PROJECT OFFICER)

Published: 19 Dec 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang merupakan
perusahaan otomotif asal Jepang meluncurkan produk terbaru yaitu YZFR-25.
Sebagai salah satu wujud apresiasi YIMM terhadap konsumennya, YIMM
membuat rangkaian event berupa touring dan launching yang bernama Touring
Merdeka YZF R-25. Event ini melibatkan 20 konsumen indent online terpilih
untuk touring dari Bali ke Solo dengan YZF R-25 secara gratis. Tujuan
diselenggarakan rangkaian event tersebut adalah untuk menjaga konsistensi
komunikasi dengan para konsumen dan memberi pengalaman langsung kepada
masyarakat terhadap YZF R-25.
Tujuan dari event ini tercapai karena rangkaian acara “Touring Merdeka
YZF R-25” merupakan alat marketing yang efektif karena fokus pada pengalaman
konsumen (experimental) dan mendorong terjadinya proses konsumsi secara
emosional dan rasional.
Di dalam rangkaian acara “Touring Merdeka YZF R-25” keterlibatan
konsumen indent online yang merupakan ridersselama touring sangat
berpengaruh, karena kesan dan penilaian mereka terhadap acara dan YZF R-25
dapat mempengaruhi pandangan dari calon konsumen mengenai YZF R-25.
Selain itu, adanya test ride di area launching YZF R-25 juga sangat efektif untuk
mendorong calon konsumen untuk memutuskan pembelian. Tak sekedar
mendapatkan pengetahuan produk darisales promotion, tetapi melalui test ride
calon konsumen juga dapat merasakan langsung performa dari YZF R-25
sehingga dapat meyakinkan calon konsumen untuk memutuskan pembelian.
Kata kunci : Event, Marketing , Promotion

Article Metrics: