Kampanye Public Relations Untuk Penguatan Positioning Batik Jayakarta Melalui Event Batik Fashion Week 2014

Mellisa Indah Purnamasari, Agus Naryoso, Lintang Ratri Rahmiaji, Adi Nugroho

Abstract


Batik Jayakarta merupakan salah pilihan untuk fashion batik di kota Semarang. Batik Jayakarta
melakukan pendekatan promosi yang baik untuk masyarakat Kota Semarang. Promosi melalui
media baru telah ditekuni oleh Batik Jayakarta seperti adlips di lampu merah, mini baliho yang
bekerja sama dengan pos polisi, dan mencari endorse untuk memasarkan produknya. Namun,
pemasaran ini belum menyentuh segmentasi anak muda. Minat anak muda untuk mengunjungi
toko batik dan minat menggunakan batik masih rendah. Maka, laporan karya bidang ini disusun
untuk meningkatkan brand awareness Batik Jayakarta dan meningkatkan minat anak muda
memakai batik.
Karya bidang ini disusun dengan menggunakan pendekatan persuasive serta penerapan teori-teori kampanye PR untuk mendukung keberhasilan tujuan komunikasinya. Melalui
penyelenggaraan serangkaian event “Batik Fashion Week 2014”. Acara ini dinilai efektif untuk
meningkatkan awareness masyarakat terhadap Batik Jayakarta. Roadshow diselenggarakan di
berbagai sekolah dan universitas di kota Semarang. Acara puncak “Batik Fashion Week”
diselenggarakan di kawasan Kota Lama Semarang dengan bekerjasama dengan para desainer
batik dan komunitas - komunitas yang ada di Jawa Tengah.
Keberhasilan dalam mencapai tujuan komunikasi dapat diketahui berdasarkan riset pasca event.
Setelah event berlangsung, awareness audiens meningkat sebanyak 16% dari yang semula 30%
menjadi 46%. Sedangkan minat untuk memakai batik juga meningkat sebesar 15 % dari yang
semula 20% menjadi 35%. Dengan demikian, rangkaian kampanye PR melalui event ini efektif
untuk mencapai tujuan komunikasi awal.
Karya bidang ini diharapkan dapat memberikan implikasi-implikasi dalam aspek akademis dan
praktis. Implikasi akademis karya bidang ini berupa kontribusi untuk memperkaya pengetahuan
akan penerapan strategi persuasive dan penerapan teori kampanye PR dalam pencapaian tujuan
komunikasi. Sementara itu, implikasi praktis memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk
membuat kegiatan promosi yang efektif sesuai dengan target audiens serta tujuan
komunikasinya.
Keywords : fashion, batik, skripsi, event


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung