Kampanye Public Relations Untuk Penguatan Positioning Batik Jayakarta Melalui Event Batik Fashion Week 2014

Published: 30 Sep 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Batik Jayakarta merupakan salah pilihan untuk fashion batik di kota Semarang. Batik
Jayakarta melakukan pendekatan promosi yang baik untuk masyarakat Kota Semarang.
Promosi melalui media baru telah ditekuni oleh Batik Jayakarta seperti adlips di lampu
merah, mini baliho yang bekerja sama dengan pos polisi, dan mencari endorse untuk
memasarkan produknya. Namun, pemasaran ini belum menyentuh segmentasi anak
muda. Minat anak muda untuk mengunjungi toko batik dan minat menggunakan batik
masih rendah. Maka, laporan karya bidang ini disusun untuk meningkatkan brand
awareness Batik Jayakarta dan meningkatkan minat anak muda memakai batik.
Karya bidang ini disusun dengan menggunakan pendekatan persuasive serta penerapan
teori -teori kampanye PR untuk mendukung keberhasilan tujuan komunikasinya. Melalui
penyelenggaraan serangkaian event “Batik Fashion Week 2014”. Acara ini dinilai efektif
untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap Batik Jayakarta. Roadsho w
diselenggarakan di berbagai sekolah dan universitas di kota Semarang. Acara puncak
“Batik Fashion Week” diselenggarakan di kawasan Kota Lama Semarang dengan
bekerjasama dengan para desainer batik dan komunitas - komunitas yang ada di Jawa
Tengah.
Keberhasilan dalam mencapai tujuan komunikasi dapat diketahui berdasarkan riset pasca
event. Setelah event berlangsung, awareness audiens meningkat sebanyak 16% dari yang
semula 30% menjadi 46%. Sedangkan minat untuk memakai batik juga meningkat
sebesar 15 % dari yang semula 20% menjadi 35%. Dengan demikian, rangkaian
kampanye PR melalui event ini efektif untuk mencapai tujuan komunikasi awal.
Karya bidang ini diharapkan dapat memberikan implikasi-implikasi dalam aspek
akademis dan praktis. Implikasi akademis karya bidang ini berupa kontribusi untuk
memperkaya pengetahuan akan penerapan strategi persuasive dan penerapan teori
kampanye PR dalam pencapaian tujuan komunikasi. Sementara itu, implikasi praktis
memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk membuat kegiatan promosi yang efektif
sesuai dengan target audiens serta tujuan komunikasinya.
Keywords : fashion, batik, skripsi, event

Article Metrics: