Kampanye Public Relations Untuk Penguatan Positioning Batik Jayakarta Melalui Event Batik Fashion Week 2014

Kiky Rizkiana, Agus Naryoso, Lintang Ratri Ramiaji, Adi Nugroho

Abstract


Batik Jayakarta merupakan salah pilihan untuk fashion batik di kota Semarang. Batik
Jayakarta melakukan pendekatan promosi yang baik untuk masyarakat Kota Semarang.
Promosi melalui media baru telah ditekuni oleh Batik Jayakarta seperti adlips di lampu
merah, mini baliho yang bekerja sama dengan pos polisi, dan mencari endorse untuk
memasarkan produknya. Namun, pemasaran ini belum menyentuh segmentasi anak muda.
Minat anak muda untuk mengunjungi toko batik dan minat menggunakan batik masih
rendah. Maka, laporan karya bidang ini disusun untuk meningkatkan brand awareness
Batik Jayakarta dan meningkatkan minat anak muda memakai batik.
Karya bidang ini disusun dengan menggunakan pendekatan persuasive serta penerapan
teori -teori kampanye PR untuk mendukung keberhasilan tujuan komunikasinya. Melalui
penyelenggaraan serangkaian event “Batik Fashion Week 2014”. Acara ini dinilai efektif
untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap Batik Jayakarta. Roadshow
diselenggarakan di berbagai sekolah dan universitas di kota Semarang. Acara puncak
“Batik Fashion Week” diselenggarakan di kawasan Kota Lama Semarang dengan
bekerjasama dengan para desainer batik dan komunitas - komunitas yang ada di Jawa
Tengah.
Keberhasilan dalam mencapai tujuan komunikasi dapat diketahui berdasarkan riset pasca
event. Setelah event berlangsung, awareness audiens meningkat sebanyak 16% dari yang
semula 30% menjadi 46%. Sedangkan minat untuk memakai batik juga meningkat sebesar
15 % dari yang semula 20% menjadi 35%. Dengan demikian, rangkaian kampanye PR
melalui event ini efektif untuk mencapai tujuan komunikasi awal.
Karya bidang ini diharapkan dapat memberikan implikasi-implikasi dalam aspek akademis
dan praktis. Implikasi akademis karya bidang ini berupa kontribusi untuk memperkaya
pengetahuan akan penerapan strategi persuasive dan penerapan teori kampanye PR dalam
pencapaian tujuan komunikasi. Sementara itu, implikasi praktis memberikan pengetahuan
dan pengalaman untuk membuat kegiatan promosi yang efektif sesuai dengan target
audiens serta tujuan komunikasinya.
Keywords : fashion, batik, skripsi, event


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung