Public Relations Branding Komunitas Lopen Semarang ‘Semarang Historie’ Divisi Program Directordan Divisi Production Director

Jaza Akmala Ramada, Agus Naryoso, Nuriyatul Lailiyah, M Bayu Widagdo, Djoko Setyabudi

Abstract


Masyarakat saat ini banyak yang telah melupakan sejarah, karena dianggap
sebagai sesuatu yang membosankan. Padahal sejarah merupakan pengungkap
identitas suatu bangsa, kota, dan daerah tertentu. Lopen Semarang sebagai
komunitas pecinta sejarah di kota Semarang berupaya untuk mengajak masyarakat
mencintai sejarah dengan melakukan penelusuran dan aksi pelestarian sejarah.
Akan tetapi komunitas Lopen Semarang kurang begitu dikenal di publik, sehingga
kesulitan dalam upaya mengajak masyarakat tersebut. Berdasarkan teori, persuasi
diperlukan untuk meyakinkan khalayak yang menjadi sasaran untuk mengadopsi
sikap, opini atau perilaku tertentu.
Wujud dari karya bidang ini adalah sebuah rangkaian acara kampanye event
‘Semarang Historie’ yang terdiri dari acara Roadshow, Press Conference,
Histography, Journalist Writing & Photo Contest, Semarang Heritage Race,dan
Awarding Night. Pemilihan kegiatan ini didasari atas message “Menjelajahi masa
lampau dengan hal-hal kekinian”. Oleh karena itu program-program ini sangat
berkaitan dengan gaya hidup dan interestanak muda masa sekarang. Pesan ini
diterapkan ke seluruh elemen program, konsep desain, dan produksi.
Sebagai Program Directordan Production Director, penulis bertanggung
jawab pada penyusunan program dan pembuatan konsep produksi secara
keseluruhan. Hasilnya, kampanye eventSemarang Historie ini efektif untuk
mengedukasi peserta mengenalkan cara yang mudah dan fundalam melakukan
aksi pelestarian sejarah kota Semarang. Selain itu, publisitas yang didapatkan
selama pelaksanaan acara Semarang Historie terbukti mampu membuat komunitas
Lopen Semarang menjadi lebih dikenal di publik dan juga mendapatkan tambahan
beberapa anggota. Untuk kedepan, Lopen Semarang perlu untuk membuat
kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan engagement dengan target audiens,
dan hal ini bisa dilakukan dengan pelaksanaan agenda secara kontinyu beberapa
acara Semarang Historie.
Kata kunci : Sejarah, Branding, Komunitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung