TERPAAN PEMBERITAAN MEDIA MASSA DAN TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA KOMPETENSI JOKOWI SEBAGAI PEMIMPIN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMILIH JOKOWI SEBAGAI CAPRES

Titan Armaya, Sri Widowati Herieningsih, Tandiyo Pradekso, Much. Yulianto

Abstract


Pemberitaan mengenai Joko Widodo seringkali menjadi headline pada media
massa nasional, baik media cetak, online dan televisi. Pemberitaan menjadi semakin
bervariatif ketika secara resmi Joko Widodo dicalonkan sebagai capres pada pemilu
2014 yang diusung oleh partai PDI-P. Tidak hanya sejumlah keberhasilan yang
dicapai selama menjadi pemimpin, namun sejumlah isu seperti konsistensi, korupsi
hingga SARA terkait Jokowi mulai diangkat dan dikritisi oleh banyak pihak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori, yang
bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan pemberitaan media massa dan tingkat
kepercayaan masyarakat pada kompetensi Jokowi sebagai pemimpin terhadap minat
masyarakat memilih Jokowi sebagai capres. Teori yang digunakan adalah teori
Dependensi Efek Komunikasi Massa. Jumlah populasi sebanyak 36.711 penduduk
yang berada di kelurahan Sendangmulyo, Semarang. Penelitian ini menggunakan
teknik multistage random sampling diambil sampel sebanyak 100 orang. Data primer
dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi
linier sederhana dengan bantuan program SPPS.
Perhitungan statistik menunjukkan bahwa signifikansi level terpaan
pemberitaan media massa terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada kompetensi
Jokowi sebagai pemimpin melebihi batas toleransi yaitu 0,075. Sementara, persamaan
regresi linier sederhana antara tingkat kepercayaan masyarakat pada kompetensi
Jokowi sebagai pemimpin terhadap minat masyarakat memilih Jokowi sebagai capres
adalah Y = -0,501+0,021Z dengan nilai signifikansi 0.000. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut menunjukan bahwa terpaan pemberitaan media massa tidak
berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada kompetensi Jokowi
sebagai pemimpin, namun tingkat kepercayaan masyarakat pada kompetensi Jokowi
berpengaruh positif terhadap minat masyarakat memilih Jokowi sebagai capres.
Media massa hendaknya melakukan tugas sesuai dengan fungsinya yaitu
fungsi sebagai media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial dan melaksanakan
praktik jurnalisme yang bertanggung jawab. Hal ini bertujuan untuk membangun
masyarakat yang kritis dalam memperoleh dan mengolah informasi bagi
keberlangsungan sistem demokrasi yang lebih baik.
Kata kunci : Terpaan Pemberitaan, Tingkat Kepercayaan, Minat Memilih,
Kompetensi Jokowi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung