Hubungan Terpaan Iklan Berniaga.com di Media Massa dan Intensitas Komunikasi Word Of Mouth dengan Minat Bertransaksi

Indah Puspawardhani, Sri Widowati Herieningsih, Tandiyo Pradekso, Nurrist Surayya Ulfa

Abstract


Maraknya kasus penipuan yang terjadi dalam transaksi jual beli online menjadi latar
belakang penelitian ini. Berniaga.com sebagai salah satu situs jual beli online
melakukan strategi komunikasi untuk meningkatkan minat khalayak bertransaksi
dengan banyak beriklan di media massa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
Apakah ada hubungan terpaan iklan Berniaga.com di media massa dan intensitas
komunikasi word of mouth dengan minat bertransaksi?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan iklan Berniaga.com di
media massa dan intensitas komunikasi word of mouth dengan minat khalayak untuk
bertransaksi di forum jual beli online Berniaga.com. Dimana sebagai variabel
independen yaitu terpaan iklan Berniaga.com di media massa dan intensitas komunikasi
word of mouth berhubungan dengan minat bertransaksi sebagai variabel dependennya.
Populasi dalam penelitian ini adalah khalayak yang pernah melihat iklan Berniaga.com
di media massa. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan
menggunakan teknik non-random accidental sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan metode melalui kuesioner yang diisi sendiri oleh responden. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara
terpaan iklan Berniaga.com di media massa dengan minat bertransaksi dimana diperoleh
korelasi pearson sebesar 0,854 yang berarti semakin tinggi terpaan iklan maka semakin
tinggi minat bertransaksi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas
komunikasi word of mouth dengan minat bertransaksi dimana diperoleh korelasi pearson
sebesar 0,902 yang berarti bahwa semakin tinggi intensitas komunikasi word of mouth maka
semakin tinggi minat bertransaksi.
Kata kunci : Terpaan iklan, word of mouth, minat bertransaksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung