skip to main content

Branding Komunitas Lumpia Komik Melalui Kegiatan Public Relations (Divisi Project Officer)


Citation Format:
Abstract

Pada awal tahun 2014 keadaan industri komik Indonesia mulai bangkit, hal ini
bisa dibuktikan dengan banyaknya bermunculan judul komik lokal seperti Si Juki,
Tuti and Friends, Nebi, Si Gundul, Nusantaranger dan judul komik lainnya. Hal
ini menyebabkan tumbuhnya komunitas penggemar komik lokal, salah satunya
adalah Lumpia Komik. Lumpia komik adalah sebuah komunitas pecinta komik
yang didirikan pada bulan Maret 2014 oleh beberapa pecinta komik dan komikus
yang ingin mendukung dan memajukan industri komik lokal, khususnya di kota
Semarang. Masih dininya usia dari Lumpia Komik menyebabkan kurangnya
awareness masyarakat terhadap komunitas ini apalagi ikut bergabung dalam
keanggotaan Lumpia Komik.
Tujuan dilakukannya kegiatan kampanye public relations ini adalah untuk
memperkenalkan Lumpia Komik lebih dekat dengan melalui minat atau interest
target audience terhadap bacaan komik, proses pembuatan komik yang mudah dan
pengenalan industri komik lokal Indonesia. Dalam hal ini, dengan cara mengikuti
seluruh kegiatan Lumpia Komik.
Audiens yang menjadi target primer adalah pelajar siswa dan mahasiswa
berusia 16-21 tahun yang menyukai komik dan berdomisili di Kota Semarang dan
sekitarnya, target sekunder adalah adalah siswa dan siswi SMP dan masyarakat
umum yang menyukai komik. Teori yang digunakan untuk mencapai tujuan
adalah teori persuasif, konsep brand activation dan public relations. Strategi yang
digunakan untuk mencapai tujuan adalah dengan menggunakan PR dan brand
activation.
Sebagai Project Officer, penulis bertanggung jawab dalam pembuatan
communication planning Lumpia Komik serta penyusunan program dan konsep
rangkaian acara secara keseluruhan. Taktik public relations ini menggunakan
pendekatan persuasif secara personal, menggunakan iklan berupa video,
komunikasi dua arah dengan menggunakan sosial media, program Bikin Komik
Besar, workshop Bebas Kumpul Bareng, Berbagi Komik Berarti dan lomba selfie
bareng komik mini.
Hasil kegiatan kampanye public relations ini adalah peningkatan
awareness terhadap Lumpia Komik sebanyak 12%, dari 8% menjadi 20%. Diikuti
penambahan anggota member komunitas Lumpia Komik sebanyak 21 anggota
baru.

Kata kunci : Project Officer, Kampanye Public Relations, IMC (Integrated
Marketing communication), Lumpia Komik, Komunitas,
Komik

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.