Branding Komunitas Lumpia Komik Melalui Kegiatan Public Relations ( Media Managers )

Aldila Leksana Wati, Tandiyo Pradekso, Djoko Setyabudi, M Bayu Widagdo, Agus Naryoso

Abstract


Pada awal tahun 2014 keadaan industri komik Indonesia mulai bangkit, hal ini bisa
dibuktikan dengan banyaknya bermunculan judul komik lokal seperti Si Juki, Tuti and
Friends, Nebi, Si Gundul, Nusantaranger dan judul komik lainnya. Hal ini menyebabkan
tumbuhnya komunitas penggemar komik lokal, salah satunya adalah Lumpia Komik. Lumpia
komik adalah sebuah komunitas pecinta komik yang didirikan pada bulan Maret 2014 oleh
beberapa pecinta komik dan komikus yang ingin mendukung dan memajukan industri komik
lokal, khususnya di kota Semarang. Masih dininya usia dari Lumpia Komik menyebabkan
kurangnya awareness masyarakat terhadap komunitas ini.
Tujuan dilakukannya kegiatan marketing communication ini adalah untuk
menumbuhkan minat atau interest terhadap bacaan komik dan industri komik lokal Indonesia,
dalam hal ini dengan cara ikut serentak menyerukan dukungan lewat Lumpia Komik.
Audiens yang menjadi target primer adalah pelajar SMA dan Mahasiswa berusia 16-
21 tahun yang menyukai komik dan berdomisili di Kota Semarang dan sekitarnya, target
sekunder adalah adalah siswa dan siswi SMP dan masyarakat umum yang menyukai komik.
Teori yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah teori persuasif, konsep brand activation
dan IMC (Integrated Marketing Communication). Strategi yang digunakan untuk mencapai
tujuan adalah dengan menggunakan IMC dan tools yang digunakan adalah dengan PR dan
brand activation.
Taktik kegiatan marketing communication ini menggunakan strategi IMC yaitu
pendekatan persuasif secara personal, menggunakan iklan berupa video, komunikasi dua arah
dengan menggunakan sosial media, program Bikin Komik Besar, workshop Bebas Kumpul
Bareng, Berbagi Komik Berarti dan lomba selfie bareng komik mini.
Hasil kegiatan marketing communication ini adalah peningkatan awareness terhadap
lumpia komik, 20 orang bergabung dalam komunitas Lumpia Komik dan menyusun konsep
communication planning Lumpia Komik.
Kata kunci : Public Relations, IMC (Integrated Marketing communication), Lumpia
Komik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung