Public Relations Branding Komunitas Lopen Semarang ‘Semarang Historie’ Divisi Project Officer”

Budi Adityo, Agus Naryoso, M Bayu Widagdo, Nuriyatul Lailiyah, Djoko Setyabudi

Abstract


Persuasi adalah kunci untuk meyakinkan khalayak yang menjadi sasaran
untuk mengadopsi sikap, opini atau perilaku tertentu untuk meningkatkan jumlah
anggota, jumlah pelanggan, atau meningkatkan citra. Aristoteles mengemukakan
tiga aspek dasar persuasi, yaitu ethos (source credibility), logos (logical appeals),
dan pathos (emotional appeals). Ethos memfokuskan pada kredibilitas sumber
dalam penyampaian sebuah pesan. Kredibilitas sumber secara langsung
berpengaruh pada daya tarik. Lopen sendiri adalah sebuah komunitas yang
memiliki kredibilitas dalam bidang sejarah yang sebenarnya mampu untuk
mempersuasi masyarakat namun belum memiliki wadah untuk menyalurkannya.
Tujuan dari Karya bidang ini adalah untuk menarik minat target audience
untuk bergabung dengan Lopen supaya tujuan Lopen untuk dapat melestarikan
bangunan sejarah yang ada di Semarang dapat tercapai. Namun stereotype bahwa
melestarikan bangunan bersejarah itu harus dengan datang ke lokasi dan
membersihkannya ataupun mengecat ataupun merenovasinya ini adalah tidak
benar ada cara lain yang sebenarnya mudah untuk melestarikan bangunan maupun
warisan sejarah tersebut, maka dari itu event ini dibuat membranding bahwa
stereotype ini salah lalu mengubah stereotype itu dan Dimana dalam event ini
Lopen akan mempersuasi para target audience dengan memanfaatkan kredibelitas
nya dalam bidang sejarah secara langsung sehingga target audience percaya dan
mau untuk bergabung dengan Lopen.
Hasil dari Karya Bidang ini adalah masyarakat menjadi mengetahui se
kredibel apa Lopen Semarang dalam bidang sejarah, sehingga masyarakat mau
bergabung dengan Lopen dan masyarakat menjadi memiliki rasa ingin
melestarikan bangunan bersejarah setelah mengetahui bahwa melestarikan
bangunan sejarah tidak harus dengan cara yang sulit tapi hanya dengan
mendokumentasikan nya baik dalam tulisan foto maupun semudah mengetahui
ceritanya dan dapat menceritakan nya kembali maka bangunan itu akan tetap
lestari
Kata kunci : Pelestarian, Branding, komunitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung