Branding Komunitas Lumpia Komik Melalui Kegiatan Public Relations (Divisi General Affairs)

Published: 29 Sep 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Sepanjang tahun 2013, keadaan industri komik Indonesia mulai bangkit,
hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya bermunculan judul komik lokal seperti
Si Juki, Tuti and Friends, Nebi, Si Gundul, Nusantaranger dan judul komik
lainnya. Hal ini menyebabkan bermunculan komunitas penggemar komik baru,
salah satunya adalah Lumpia Komik. Lumpia Komik adalah sebuah komunitas
pecinta komik yang didirikan pada bulan Maret 2014 oleh beberapa pecinta komik
dan komikus yang ingin mendukung dan memajukan industri komik lokal,
khususnya di Jawa Tengah. Masih dininya usia dari Lumpia Komik menyebabkan
kurangnya awareness masyarakat terhadap komunitas ini.
Kegiatan public relations ini memiliki tujuan untuk meningkatkan
awareness dan menumbuhkan minat atau interest untuk bergabung dengan
komunitas Lumpia Komik. Audiens yang menjadi target primer adalah pelajar dan
mahasiswa berusia 14-21 tahun yang menyukai komik dan berdomisili di Kota
Semarang dan sekitarnya, target sekunder adalah masyarakat umum yang
menyukai komik. Karya bidang ini menggunakan pendekatan persuasif serta
menggunakan konsep brand activation dan IMC (Integrated Marketing
Communication) untuk mencapai tujuan. Strategi yang digunakan untuk mencapai
tujuan adalah dengan menggunakan IMC dan tools yang digunakan adalah dengan
PR dan brand activation.
General affairs bertugas untuk mempersiapkan segala kebutuhan properti
untuk menunjang program acara, melakukan kegiatan sponsorship, melakukan
kegiatan periklanan, mengelola akun media sosial dan pembuatan video teaser.
Hasil kegiatan marketing communication ini adalah peningkatan awareness
terhadap lumpia komik dari 8% menjadi 20% dan 21 orang bergabung dalam
komunitas Lumpia Komik.
Kata kunci : General Affairs, Public Relations, Lumpia Komik

Article Metrics: