Fenomena Penggunaan Blackberry Messenger Sebagai Media Personal Branding

Imam Dwi Nugroho, Agus Naryoso, Wiwid Noor Rakhmad, M Bayu Widagdo

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sekarang ini telah memasuki babak baru yakni
dunia digital. Blackberry messenger merupakan bagian dari perkembangan teknologi saat ini
memudahkan penggunanya untuk memperluas pertemanan. Fenomena Blackberry messenger
sudah menjadi kebutuhan bagi para penggunanya untuk menjadi media komunikasi paling
efektif antar teman, keluarga, bahkan rekan bisnis. Dalam personal branding pada media
Blackberry Mesenger, pengguna harus dengan cermat mengetahui bagaimana cara
memasarkan dan membangun image diri sendiri kepada target. Maka dari itulah pokok
permasalahan bagaimana pengalaman berkomunikasi pengguna Blackberry messenger
sebagai media personal branding melalui pesan instan.
Studi ini merupakan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang
berupaya memberi penjelasan tentang pengalaman individu dalam memanfaatkan Blackberry
messenger sebagai media personal branding. Penulis teori dramaturgi karya Erving Goffman
dalam konteks Computer Mediated Communication (CMC) untuk mendeskripsikan
penggunaan Blackberry messenger sebagai media personal branding.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman penggunaan Blackberry
messenger sebagai media untuk mengelola kesan (impression management) demi membentuk
personal brand yang kuat. Struktur kognitif yang terbangun dari pemrosesan informasi kemudian
mengantar pengguna sampai pada kesadaran bahwa pembentukan personal branding yang kuat
terjadi karena strategi pembentukan yang baik dan dapat mengelola kesan. Sehingga, brand
image dapat melekat pada target.
Implikasi studi ini dalam lingkup teoritis adalah memahami pengalaman komunikasi
pengguna pesan instan Blackberry messenger dalam membentuk personal branding pada
konsep dramaturgi oleh Erving Goffman yang erat kaitannya dengan pengelolaan kesan
(impression management). Secara praktis, penelitian ini dapat memberikan penjelasan
mengenai pembentukan personal brand dalam sebuah komunikasi interpersonal. Kesan perlu
untuk dibentuk agar komunikasi interpersonal yang terjalin dapat berjalan sesuai dengan apa
yang diharapkan. Sementara, sebagai implikasi sosial hasil studi ini memberi informasi
kepada masyarakat bagaimana membentuk personal branding dalam komunikasi di media
sosial khususnya pesan instan.
Kata kunci : Media, BBM, personal branding


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung