PENGARUH USIA, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN JENIS KELAMIN TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MEDIA

Aulia Nur, Tandiyo Pradekso, Djoko Setyabudi, Sri Widowati Herieningsih, Nurist Surrayya

Abstract


Pada umumnya, pengguna media tersegmentasi berdasarkan usia, tingkat
pendidikan, dan jenis kelamin. Generasi tua dan laki laki pada umumnya lebih
mengandalkan keberadaan surat kabar. Perempuan remaja dan paruh baya biasa
membaca majalah ataupun tabloid dan menonton televisi. Sedangkan kaum muda
biasanya lebih sering menjadi pendengar setia radio. Revolusi teknologi di bidang
informasi dan komunikasi yang cenderung cepat, memberi peluang bagi media
baru. Perkembangan tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya kemudahan
akses internet. Internet telah menjadi kebutuhan bagi manusia zaman digital. Jika
dahulu kita dibiasakan menonton tv atau membaca koran untuk memperoleh
informasi, sekarang gaya hidup semacam itu mulai mengalami perubahan.
Kondisi ini memunculkan perubahan pada pemahaman mengenai segmentasi
dalam menggunakan media, sehingga dirasa perlu untuk melihat kembali
pengaruh usia, tingkat pendidikan, dan jenis kelamin terhadap perilaku konsumsi
media. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh usia, tingkat pendidikan,
dan jenis kelamin terhadap perilaku konsumsi media.
Tipe dalam penelitian ini adalah eksplanatori. Kerangka teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Social Category Theoryoleh De Fleur dan
Ball Rokeach. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linear berganda. Jumlah sampel sebanyak 98 responden dengan teknik
pengambilan sampel probability samplingdi kelurahan Karangtempel Semarang.
Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner.
Secara keseluruhan penelitian ini berhasil menjelaskan tujuan penelitian
yaitu mengkaji pengaruh usia, tingkat pendidikan, dan jenis kelamin terhadap
perilaku konsumsi media. Terdapat hubungan yang positif antara usia, tingkat
pendidikan, dan jenis kelamin terhadap perilaku konsumsi media cetak, media
eektronik, dan media baru internet. Teori yang digunakan dalam peneitian ini
yaitu Social Category Theorydapat dibuktikan, yaitu usia, tingkat pendidikan, dan
jenis kelamin mempengaruhi kesamaan perilaku konsumsi media. Namun usia
dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku
konsumsi media cetak, tingkat pendidikan dan jenis kelamin tidak berpengaruh
secara parsial terhadap perilaku konsumsi media elektronik, serta tingkat
pendidikan dan jenis kelamin tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku
konsumsi media baru internet.
Kata kunci : Usia, Pendidikan, Jenis Kelamin, Perilaku Konsumsi Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung