skip to main content

Pengaruh Terpaan Peringatan Pesan pada Iklan Rokok terhadap Sikap untuk Berhenti Merokok pada Remaja


Citation Format:
Abstract

Peringatan kesehatan berbentuk gambar dan tulisan terbukti memiliki pengaruh yang
positif dalam menurunkan angka prevalensi merokok. Peringatan kesehatan
berbentuk gambar ternyata diperhatikan daripada peringatan kesehatan yang hanya
berbentuk tulisan atau teks saja. Studi di berbagai negara membuktikan bahwa
peringatan kesehatan berbentuk gambar adalah efektif untuk meningkatkan kesadaran
perokok dan bukan perokok akan bahaya merokok bagi kesehatan. Hal tersebut
sekaligus memberikan pendidikan yang efektif mengenai dampak buruk yang
diakibatkan karena merokok, serta meningkatkan niat untuk berhenti merokok.
Berdasarkan PP No 28 tahun 2013, mulai awal Januari 2014 peraturan
mengenai peringatan kesehatan berbentuk gambar dan tulisan telah diberlakukan
pada media iklan, dan mulai tanggal 24 Juni 2014 peringatan berbentuk gambar
tersebut mulai diberlakukan pada seluruh bungkus rokok. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan peringatan pesan kesehatan yang
tercantum pada iklan rokok terhadap sikap untuk berhenti merokok pada kalangan
remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Protection Motivation
Theory (PMT) dari Rogers dan Cognitive Response dari Greenwald. Tipe penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain static group
comparison. Sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah non random sampling
dengan total sampel 65 responden yang terdiri dari 30 responden sebagai kelompok
treatment dan 35 responden sebagai kelompok kontrol. Alat yang digunakan untuk
analisis data adalah uji statistik Mann Whitney U Test.
Hasil penelitian pada pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh
antara terpaan peringatan pesan pada iklan rokok terhadap sikap untuk berhenti
merokok pada remaja. Hal ini ditunjukkan pada angka signifikansi hasil pengujian
hipotesis sebesar 0,000. Selanjutnya hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan
adanya perbedaan sikap berhenti merokok pada kelompok treatment dan kelompok
kontrol. Nilai rata-rata (mean) sikap berhenti merokok pada kelompok treatment lebih
tinggi dibandingkan nilai rata-rata (mean) pada kelompok kontrol. Hal tersebut
menunjukkan bahwa terpaan peringatan pesan kesehatan berbentuk gambar dan
tulisan yang ada pada iklan rokok berpengaruh terhadap sikap untuk berhenti
merokok pada remaja. Oleh karena itu pemerintah, produsen rokok, dan masyarakat
hendaknya ikut berperan aktif mensosialisasikan peringatan pesan berbentuk gambar
dan tulisan agar seluruh masyarakat mengetahui informasi bahaya merokok, sehingga
dapat memberikan pengetahuan yang pada akhirnya mendorong masyarakat untuk
berpikir dan termotivasi untuk berhenti merokok.
Kata Kunci: Terpaan Peringatan Pesan pada Iklan Rokok, Peringatan Kesehatan
Berbentuk Gambar dan Tulisan, Sikap untuk Berhenti Merokok pada Remaja.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.