BibTex Citation Data :
@article{IO5766, author = {Reza Pratama and Dr Sunarto and Adi Nugroho and Tandiyo Pradekso}, title = {“Pembingkaian Metrotvnews.com dan Sindonews.com Mengenai Mundurnya Hary Tanoesoedibjo Dari Partai Nasional Demokrat”}, journal = {Interaksi Online}, volume = {2}, number = {3}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Media Online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita kepada khalayak, salah satunya adalah aktualitas berita yang jauh melampaui kecepatan media konvensional seperti surat kabar. Pemberitaan media online dipengaruhi oleh ideologi dan ekonomi politik media yang terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh media. Hal tersebut tidak lain juga disebabkan oleh faktor kepemilikan media itu sendiri. Terkadang isi berita menjadi timpang dan jauh dari netralitas yang seharusnya menjadi dasar sebuah media menyampaikan sebuah berita. Bahkan dewasa ini acap kali media seperti di setir kepentingan pemiliknya untuk kepentingan politik dan pencitraan pemilik media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sampai sejauh mana pengaruh ideologi dan politik ekonomi di media terhadap upaya mendekati objektivitas dan posisi netral sebuah pemberitaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif. Analisa framing dilakukan dengan model analisis Pan dan Kosicki. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa framing yang dilakukan sindonews.com terhadap berita mundurnya Hary Tanoesoedibjo dari Partai Nasional Demokrat sangat berpihak pada kepentingan pemilik media. Sementara framing yang dilakukan oleh metrotvnews.com masih menunjukan usaha media untuk melakukan pendekatan pada objektivitas pemberitaan. Kata kunci: Framing, media online, ideologi media, ekonomi politik media. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/5766} }
Refworks Citation Data :
Media Online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan beritakepada khalayak, salah satunya adalah aktualitas berita yang jauh melampauikecepatan media konvensional seperti surat kabar. Pemberitaan media onlinedipengaruhi oleh ideologi dan ekonomi politik media yang terlihat dari framingberita yang dilakukan oleh media. Hal tersebut tidak lain juga disebabkan olehfaktor kepemilikan media itu sendiri. Terkadang isi berita menjadi timpang danjauh dari netralitas yang seharusnya menjadi dasar sebuah media menyampaikansebuah berita. Bahkan dewasa ini acap kali media seperti di setir kepentinganpemiliknya untuk kepentingan politik dan pencitraan pemilik media tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sampai sejauh manapengaruh ideologi dan politik ekonomi di media terhadap upaya mendekatiobjektivitas dan posisi netral sebuah pemberitaan. Penelitian ini menggunakanparadigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif. Analisa framingdilakukan dengan model analisis Pan dan Kosicki. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa framing yang dilakukan sindonews.com terhadap beritamundurnya Hary Tanoesoedibjo dari Partai Nasional Demokrat sangat berpihakpada kepentingan pemilik media. Sementara framing yang dilakukan olehmetrotvnews.com masih menunjukan usaha media untuk melakukan pendekatanpada objektivitas pemberitaan.Kata kunci: Framing, media online, ideologi media, ekonomi politik media.
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
situs togel