skip to main content

Kampanye Literasi Media “Cerdas Memilah dan Memilih Tayangan Televisi” Abstraksi


Citation Format:
Abstract

Semakin banyak bermunculan stasiun penyiaran televisi yang dapat diakses
dengan mudah menimbulkan keprihatinan atas muatan isi siaran televisi khususnya bagi
anak. Diketahui bahwa tidak semua sajian isi siaran tayangan televisi berkualitas,
terdapat tayangan yang cenderung membodohi bahkan masuknya materi orang dewasa
pada program anak dan penggunaan pemeran anak dalam tayangan. Hal tersebut tidak
sesuai dengan kebutuhan perkembangan khususnya pada anak karena belum memiliki
filter secara utuh pada pengalaman mengkonsumsi isi siaran televisi. Melalui kampanye
literasi media dengan tema “Cerdas Memilah dan Memilih Tayangan Televisi” digunakan
sebagai alat komunikasi pemasaran yang memiliki tujuan agar anak memiliki
keterampilan dalam memilah dan memilih tayangan televisi sesuai dengan usia. Hal ini
sebagai salah satu upaya mengurangi pengaruh negatif isi siaran televisi yang cenderung
kurang ramah bagi anak. Sedangkan strategi yang digunakan pada kampanye literasi
media ini menggunakan pendekatan komunikasi persuasif.
Kata Kunci : Kampanye, Literasi Media, Komunikasi Persuasif

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.