skip to main content

Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pendengar Radio TRAX FM Semarang


Citation Format:
Abstract

Dewasa ini pertumbuhan industri media massa semakin menunjukkan
kompetensinya yang ketat. Terlebih lagi dengan kehadiran media online atau
internet di Indonesia, hal in menjadikan media massa cetak dan elektronik
berusaha menyajikan terobosan yang terbaik. Salah satunya adalah media massa
eletronik berupa radio siaran yang makin berkembang menjadi sebuah radio
jaringan. TRAX FM Semarang sebagai sebuah radio jaringan TRAX harus bisa
mengikuti perkembangan jaman dengan memberikan pelayanan yang berkualitas
di dalam sebuah program. Karena pelayanan yang berkualitas akan menimbulkan
satu kepuasan dalam diri konsumen dalam hal ini pendengar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor kualitas pelayanan radio siaran
dengan kepuasan pendengar radio TRAX FM Semarang. Teori yang digunakan
adalah SERVQUAL (service quality) yaitu reliabilitas, responsiveness, assurance,
empathy dan tangible dari Parasuraman (dalam Tjiptono dan Chandra, 2005 :
145), konsep kepuasan menurut Kotler (1997 : 36) dan Stauss dan Neuhaus
(dalam Sumarwan (2011 : 146) dan teori diskonfirmasi menurut Sumarwan (2011
: 143). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory
(penjeasan). Sedangkan teknik pengambilan samplenya adalah judgemental
sampling (pengambilan contoh penilaian) salah satu bentuk dari convenience
sampling (Sumarwan, 2011 : 94) dengan total sampel sebanyak 100 responden.
Alat yang digunakan untuk analisi data adalah uji statistic Kendall’s tau_b.
Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat
hubungan yang signifikan antara reliabilitas dalam pelayanan dengan kepuasan
pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,521. Hipotesis kedua
menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara responsiveness dalam
pelayanan dengan kepuasan pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi
0,510. Hipotesis ketiga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara
assurance dalam pelayanan dengan kepuasan pendengar ditunjukkan dengan
koefisien korelasi 0,613. Hipotesis keempat menunjukkan terdapat hubungan yang
signifikan antara empathy dalam pelayanan dengan kepuasan pendengar
ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,613. Hipotesis kelima menunjukkan
terdapat hubungan yang signifikan antara tangible dalam pelayanan dengan
kepuasan pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,620.
Kata Kunci : Radio, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pendengar

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.