skip to main content

Aktivitas Promosi dalam Launching Produk Layanan Wisata Baru Buana Muda Pesona Tour Semarang Bidang Pekerjaan Program Manager


Citation Format:
Abstract

Backpacking merupakan salah pilihan dalam melakukan kegiatan wisata. Prinsip
utama backpacking adalah kemandirian sehingga tidak bepergian bersama kelompok
tur yang ditawarkan oleh agen perjalanan. Backpacker menekankan melakukan
kegiatan wisata dengan cara dan biaya yang murah. Setiap pilihan tentu saja memiliki
konsekuensi. Kegiatan wisata dengan menjadi seorang backpacker juga punya
kekurangan. Karena liburan dilakukan secara mandiri maka resiko menjadi korban
kejahatan, tersesat at au pun menjadi sasaran penipuan di tempat baru yang dikunjungi
pun semakin besar. Jika terjadi permasalahan dalam perjalanan maka backpacker
harus menyelesaikan masalah secara mandiri. Selain itu, backpacker juga harus
mempersiapkan dana cadangan kalau sewaktu-waktu muncul biaya yang diluar
prediksi karena kondisi di lapangan seringkali berbeda dari infor masi yang didapatkan
sebelumnya sehingga murah belum tentu menyenangkan.
Pada bulan Januari 2014, Pesona Tour ingin melakukan pengembangan usaha.
Mereka akan meluncurkan layanan wisata baru bernama Buana Muda. Buana Muda
mengangkat konsep wisata yaitu Destination Management Company dan budget
travelling sehingga anak muda tetap dapat merasakan perjalanan wisata murah sesuai
dengan daya beli yang mereka miliki tanpa harus repot mempersiapkan segala
kebutuhan wisata dan tidak perlu merasa khawatir dengan munculnya biaya tambahan
karena semua biaya telah dihitung di awal.
Aktivitas promosi yang dilakukan menggunakan event marketing sebagai fondasi
utama dan didukung oleh alat promosi lain seperti periklanan, marketing public
relation,publisitas, point of purchase material, E communication dan relationship
marketing. Event Marketing berbentuk kontes fotografi yang berjudul Buana Muda
“Feel The New Experience” bertujuan untuk memperkenalkan dan menarik minat
khalayak sasaran di semarang mengenai layanan wisata baru Buana Muda. Setelah
aktivitas promosi dilakukan selama satu bulan terjadi kenaikan awaraness sebesar
39% dan minat sebesar 32%. Selain itu berhasil dibentuk komunitas buana muda guna
menjaga keberlangsungan pesan komunikasi pemasaran.
Keywords : Aktivitas, Promosi, Event, Tour

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.