BibTex Citation Data :
@article{IO5169, author = {Alif Ibrahim and Tandiyo Pradekso and Djoko Setyabudi and Nurrist Ulfa}, title = {ANALISIS FAKTOR PENDORONG KONTRIBUSI ONLINE USER DI SITUS USER GENERATED CONTENT DETIK TRAVEL}, journal = {Interaksi Online}, volume = {2}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Detik Travel, sebuah portal berita online khusus informasi seputar travelling yang mengadopsi sistem user generated content, dimana pengguna bisa menjadi lebih dari sekedar pembaca, tapi juga ikut menyumbangkan konten berupa tulisan maupun foto mereka. Dengan keleluasaan tersebut, Detik Travel tidak hanya menarik perhatian banyak online user, tetapi juga berhasil menjadi portal berita dengan jumlah interaksi dan kontribusi online tertinggi dibanding situs travelling lain di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa sajakah yang menjadi pendorong tingginya kontribusi online oleh pengguna di si situs Detik Travel. Dengan pendekatan exploratif, penelitian ini berusaha melihat 13 variabel dengan total 30 indikatornya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis faktor dengan teknik non-probability sampling dengan jumlah populasi sampling sebanyak 52 sample. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga prosedur yaitu uji Bartlett test of sphericity serta pengukuran MSA (Measure of Sampling Adequacy) dan Pengelompokan faktor menggunakan pengukuran PCA (Principal Component Analysis) sehingga ditemukan faktor utama dari keseluruhan variabel pendorong kontribusi online di Detik Travel. Hasil penelitian menemukan bahwa ada 7 faktor utama pendorong kontribusi online di situs User Generated Content Detik Travel, yaitu : (1) Actualization, (2) Compensation, (3) Information exchange, (4) Accuracy, (5) Belonging, (6) Acknowledgement, dan (7) Advanced information. Kata kunci : User Generated Content, Kontribusi Online, Analisa Faktor }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/5169} }
Refworks Citation Data :
Detik Travel, sebuah portal berita online khusus informasi seputar travelling yang mengadopsi sistem user generated content, dimana pengguna bisa menjadi lebih dari sekedar pembaca, tapi juga ikut menyumbangkan konten berupa tulisan maupun foto mereka. Dengan keleluasaan tersebut, Detik Travel tidak hanya menarik perhatian banyak online user, tetapi juga berhasil menjadi portal berita dengan jumlah interaksi dan kontribusi online tertinggi dibanding situs travelling lain di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa sajakah yang menjadi pendorong tingginya kontribusi online oleh pengguna di si situs Detik Travel. Dengan pendekatan exploratif, penelitian ini berusaha melihat 13 variabel dengan total 30 indikatornya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis faktor dengan teknik non-probability sampling dengan jumlah populasi sampling sebanyak 52 sample. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga prosedur yaitu uji Bartlett test of sphericity serta pengukuran MSA (Measure of Sampling Adequacy) dan Pengelompokan faktor menggunakan pengukuran PCA (Principal Component Analysis) sehingga ditemukan faktor utama dari keseluruhan variabel pendorong kontribusi online di Detik Travel.Hasil penelitian menemukan bahwa ada 7 faktor utama pendorong kontribusi online di situs User Generated Content Detik Travel, yaitu : (1) Actualization, (2) Compensation, (3) Information exchange, (4) Accuracy, (5) Belonging, (6) Acknowledgement, dan (7) Advanced information.Kata kunci : User Generated Content, Kontribusi Online, Analisa Faktor
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.