skip to main content

ANALISIS FAKTOR PENDORONG KONTRIBUSI ONLINE USER DI SITUS USER GENERATED CONTENT DETIK TRAVEL


Citation Format:
Abstract

Detik Travel, sebuah portal berita online khusus informasi seputar
travelling yang mengadopsi sistem user generated content, dimana pengguna bisa
menjadi lebih dari sekedar pembaca, tapi juga ikut menyumbangkan konten
berupa tulisan maupun foto mereka. Dengan keleluasaan tersebut, Detik Travel
tidak hanya menarik perhatian banyak online user, tetapi juga berhasil menjadi
portal berita dengan jumlah interaksi dan kontribusi online tertinggi dibanding
situs travelling lain di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa sajakah yang
menjadi pendorong tingginya kontribusi online oleh pengguna di si situs Detik
Travel. Dengan pendekatan exploratif, penelitian ini berusaha melihat 13 variabel
dengan total 30 indikatornya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah
analisis faktor dengan teknik non-probability sampling dengan jumlah populasi
sampling sebanyak 52 sample. Teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan tiga prosedur yaitu uji Bartlett test of sphericity serta pengukuran
MSA (Measure of Sampling Adequacy) dan Pengelompokan faktor menggunakan
pengukuran PCA (Principal Component Analysis) sehingga ditemukan faktor
utama dari keseluruhan variabel pendorong kontribusi online di Detik Travel.
Hasil penelitian menemukan bahwa ada 7 faktor utama pendorong
kontribusi online di situs User Generated Content Detik Travel, yaitu : (1)
Actualization, (2) Compensation, (3) Information exchange, (4) Accuracy, (5)
Belonging, (6) Acknowledgement, dan (7) Advanced information.
Kata kunci : User Generated Content, Kontribusi Online, Analisa Faktor

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.