Hubungan Terpaan Iklan Televisi Kosmetik Wardah dan Citra Merek dengan Minat Membeli

Published: 3 Apr 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Iklan televisi masih digemari oleh para produsen untuk mempromosikan dan
mengkomunikasikan produknya ke khalayak. Salah satunya yaitu Kosmetik Wardah. Wardah
menampilkan berbagai informasi ke dalam iklan televisinya. Dengan iklan televisinya tersebut,
Wardah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang nantinya akan merangsang minat
untuk membeli prduk kosmetik Wardah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hubungan terpaan
iklan televisi kosmetik Wardah dan citra merek dengan minat membeli produk kosmetik
Wardah. Teori yang digunakan adalah Teori Respon Kognitif (Cognitive Response Approach)
dan Teori Pemrosesan-Informasi (Information Processing Theory)dari McGuire. Tipe penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian explanatory(penjelasan). Sedangkan
Teknik pengambilan sampelnya adalah Randomdengan total sampel sebanyak 85 responden.
Alat yang digunakan untuk analisis data adalah uji statistik Kendall’s tau_b.
Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat hubungan yang
signifikan antara terpaan iklan televisi kosmetik Wardah dengan minat membeli produk
kosmetik Wardah. Ditunjukkan pada angka signifikan sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi
0.333. Hasil pengujian hipotesis kedua yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan
antara citra merek dengan minat membeli produk kosmetik Wardah. Hipotesis kedua ini
ditunjukkan dengan hasil signifikan yaitu sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi 0,670.
Kata Kunci : Iklan Televisi Kosmetik Wardah, Citra Merek, dan Minat Membeli

Article Metrics: