skip to main content

Divisi Brand Communication Manager dalam Kampanye PR Undip Environmentally Friendly Campus "Grenade (Green Action To Avoid Earth Destruction)"


Citation Format:
Abstract

 

Peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi yang disebabkan oleh global warming yang terjadi belakangan ini, menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat dunia. Universitas sebagai salah satu bagian dari penting dari masyarakat memiliki andil yang sangat besar dalam usaha pelestarian lingkungan sebagai usaha melindungi dan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi di lingkungannya. Undip, sebagai salah satu bagian dari kota Semarang, juga memiliki komitmen untuk mereduksi pemanasan yang terjadi di bumi, terutama di kota Semarang dan sekitarnya. Undip memiliki komitmen yang kuat untuk melestarikan lingkungan melalui tagline Environmentally Friendly Campus.

              Berdasarkan analisis situasi, khalayak dan mempertimbangkan indikator universitas ramah lingkungan perlu dilakukan sebuah event yang dapat memberikan mereka pengetahuan yang menyenangkan mengenai Undip Environmentally Friendly Campus dan kegiatan apa saja didalamnya yang pernah dilakukan Undip agar Undip lebih tertanam dalam benak mereka tidak hanya sebagai universitas yang bergengsi dalam hal akademik tapi juga dalam komitmennya dalam menjaga lingkungan. Adapun khalayak target yang dipilih adalah berasal dari kalangan siswa SMA/SMK di sekitar wilayah Undip Tembalang. Event diberi nama "Grenade (Green Action To Avoid Earth Destruction)" dengan format sepeda santai, Photography Challange, Journalist Writing Contest, serta Talkshow mengenai Undip Envinronmentally Friendly Campus.

Kegiatan promosi ini merupakan usaha untuk memberikan pengetahuan mengenai Universitas yang ramah lingkungan kepada target audience dan membutuhkan publikasi yang meluas. Karenanya, posisi brand communication manager merupakan salah satu komponen penting dalam panitia pengelola kegiatan ini. Posisi ini berguna untuk mengelola usaha publikasi, merancang sekaligus mewujudkan identitas Universitas untuk keperluan event. Dengan memiliki pemahaman tentang segmen khalayak yang dituju, kemampuan berkoordinasi, kemampuan membangun relasi serta kemampuan mengambil keputusan dengan cepat, tugas yang dibebankan kepada posisi ini dapat diselesaikan dengan baik.

 

Kata kunci : Brand Communication Manager, Undip Environmentally Friendly Campus, Grenade

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.