skip to main content

HUBUNGAN MENGAKSES MEDIA MASSA DENGAN ADOPSI OLAHRAGA FLAG FOOTBALL


Citation Format:
Abstract

Berdasarkan pada teori Powerfull Effect, penelitian ini berasumsi bahwa
terdapat hubungan antara media massa dengan adopsi olahraga. Peneliti bertujuan
untuk menentukan hubungan intensitas membaca komik Eyeshield 21, intensitas
menonton film Hollywood yang memuat olahraga American Football, dan
intensitas memainkan video game Madden NFL dengan adopsi olahraga Flag
Football. Target penelitian adalah 83 orang anggota komunitas Indonesian Flag
Football Association di Semarang. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif
dan menggunakan uji normalitas dengan uji Kendall’s Tau-b untuk memeriksa
hubungan diantara variabel.
Hasil data menunjukkan bahwa intensitas membaca komik Eyeshield 21
tergolong tinggi. Intensitas menonton film bertemakan American Football tidak
terlalu tinggi. Sedangkan Intensitas memainkan video game Madden NFL
terbilang rendah. Meskipun begitu, intensitas mengadopsi olahraga Flag Football
tergolong tinggi. Mayoritas responden memainkan olahraga Flag Fooball.
Uji normalitas menunjukkan bahwa data pada penelitian ini tidak
berdistribusi normal, sehingga peneliti menggunakan analisis non parametrik. Uji
korelasi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara komik Eyeshield 21 dan
adopsi olahraga Flag Football. Sebaliknya, film bertemakan olaharaga American
Football dan video game Madden NFL memiliki hubungan dengan adopsi
2
olahraga Flag Football, meskipun hubungannya lemah. Hasil ini mengungkapkan
bahwa media tidak memiliki efek powerfull di setiap kondisi. Pada beberapa
kasus, media hanya memberi implikasi kecil kepada khalayak. Orang juga lebih
mempercayai kerabat dekat dibandingkan media. Peneliti menggunakan teori
minimalis efek dan teori kontrol sosial untuk menjelaskan temuan penelitian.
Keyword : intensitas, media, komik, film, video game, hubungan, adopsi, olahraga

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.