Impression Management pada Akun Twitter @sudjiwotedjo

Wahyu Irara, Muhammad Bayu Widagdo, Hedi Pudjo Santosa, Triyono Lukmantoro

Abstract


Sejak kemunculannya pada Maret 2006, popularitas Twitter mananjak tajam.
Fungsinya pun sudah mengalami perkembangan dari micro blogging menjadi media yang
digunakan untuk citizen journalism, online marketing, pencitraan, dan lain sebagainya.
Twitter juga menjadi wadah pengelolaan kesan para penggunanya, seperti halnya yang
dilakukan oleh Sujiwo Tejo melalui akun Twitternya @sudjiwotedjo.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat impression management pada akun
@sudjiwotedjo. Analisis yang dilakukan adalah analisis isi teks yang terkandung dalam
tweet yang diunggah dengan tema seksual dengan menggunakan analisis linguistik.
Penulis meneliti tweet yang diunggah oleh @sudjiwotedjo selama dua bulan, yaitu pada
bulan Desember 2013 sampai Pebruari 2014. Penelitian ini merupakan kualitatif yang
menggunakan perspektif impression management dari Erving Goffman.
Dari penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa Sujiwo Tejo
adalah idividu yang nyeleneh, slengekan, sarkasme, witty, dan cabul. Sujiwo Tejo
memilih untuk melawan pakem dan norma sosial yang sudah ada, dengan mengunggah
tweet yang banyak mengandung kata-kata vulgar, kasar, dan berasosi dengan makna
negatif tetapi dikemas dengan gaya humoris. Sujiwo Tejo mengaburkan batasan yang
didefinisikan oleh Erving Goffman antara front stage dan backstage.
Key Words : Twitter, impression management, linguistik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung