BibTex Citation Data :
@article{IO48876, author = {Hogiliano Hogiliano and Agus Naryoso}, title = {KAMPANYE BRANDING PENINGKATAN MINAT BELI PADA MEREK FINIS DI INDONESIA, MALAYSIA, DAN SINGAPURA}, journal = {Interaksi Online}, volume = {13}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {Efek Display, FINIS, Minat Beli, Social Media Marketing, Olahraga renang}, abstract = {FINIS adalah perusahaan terkemuka di bidang produksi peralatan pelatihan teknis untuk olahraga renang, yang didirikan pada tahun 1993 oleh John Mix dan Pablo Morales. Berfokus pada inovasi untuk meningkatkan teknik dan kecepatan berenang, FINIS telah menghasilkan berbagai perangkat yang menjadi standar dalam komunitas renang global. Untuk memperluas kehadirannya di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, dilakukan kampanye branding digital melalui tagar #TeamFINIS dan #FINISFamily. Kampanye ini bertujuan untuk menginspirasi, mendukung, dan membangun rasa kebersamaan di kalangan komunitas renang, baik di tingkat rekreasional maupun profesional, mengingat olahraga renang yang semakin populer di kawasan tersebut. Berdasarkan data ASEAN 2022, renang tercatat sebagai salah satu dari 10 cabang olahraga paling populer dengan 12% partisipasi populasi. Objektif dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat pembelian produk FINIS di Indonesia, Singapura, dan Malaysia melalui pendekatan Social Media Activation, Meta Advertisement, dan KOL Collaboration. Kampanye ini dilakukan selama bulan November hingga Desember 2024, memanfaatkan platform Instagram dan Facebook (Meta) untuk mencapai audiens target yang relevan, serta mengkomunikasikan nilai merek dengan cara yang menarik dan efektif. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan efek display dari Ibnu Hamad, yang menjelaskan pengaruh tampilan media terhadap perilaku audiens. Untuk implementasi teknis kampanye ini, diterapkan Tuten & Solomon Framework mengenai Social Media Marketing, yang menekankan pentingnya strategi konten dan interaksi dengan audiens di platform media sosial. Seluruh tahapan kampanye, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, berjalan dengan baik dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan. Keberhasilan kampanye ini tidak lepas dari kolaborasi tim yang solid, perencanaan yang matang, serta penggunaan strategi pemasaran digital yang tepat untuk menyesuaikan dengan karakteristik pasar di masing-masing negara. Dampak positif terhadap persepsi merek FINIS menunjukkan bahwa kampanye ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan minat beli produk di pasar Asia Tenggara.}, pages = {828--837} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/48876} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Interaksi Online, is published by Undergraduate Program of Communication Science, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024) 7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.