skip to main content

PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN TERPAAN ONLINE CUSTOMER REVIEW PADA SELURUH MEDIA SOSIAL AKTIF POS AJA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN POS AJA

*Ade Yayang Saputra  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Indonesia
Muhammad Bayu Widagdo  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pos Aja masih kurang diminati dibandingkan dengan para pesaingnya. Dengan penyesuaian harga, jangkauan layanan yang luas, branding baru dan digitalisasi yang dilakukan belum mampu mendongkrak performa Pos Aja. Untuk itu, Pos Aja melakukan promosi penjualan yang disebarkan melalui akun Instagram, Facebook, X dan TikTok mereka. Selain itu, media sosial Pos Aja juga mendapat online customer review. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan promosi penjualan (X1) dan terpaan online customer review (X2) terhadap minat menggunakan jasa pengiriman Pos Aja (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori, dengan sampel 100 responden yang diambil dengan teknik non-probability sampling, dianalisis dengan regresi linear sederhana. Teori untuk memandang pengaruh X1 terhadap Y adalah Teori Advertising Exposure, didukung Tecnology Acceptance Model. Sedangkan untuk memandang X2 terhadap Y menggunakan Teori Respon Kognitif, didukung Theory of Planned Behaviour. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif antara X1 terhadap Y sebesar 23,1% dan X2 Terhadap Y sebesar 30,7%. Terpaan online customer review memberikan pengaruh lebih besar dari pada terpaan promosi penjualan. Maka teori yang digunakan dapat diterima walaupun tidak terlalu relevan karena persentasenya dibawah 50%.
Fulltext View|Download
Keywords: promosi penjualan, online customer review, media sosial Pos Aja, minat menggunakan , jasa kurir

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.