skip to main content

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP BRAND SWITCHING MEREK FASHION H&M KE FASHION ERIGO PADA GENERASI Z

*Muhammad Abey Dwi Satrio Devito  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Indonesia
Yanuar Luqman  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Industri fashion di Indonesia kini semakin meningkat dengan banyaknya persaingan pasar pada industri fashion pakaian. Begitupun dengan adanya penurunan nilai merek pada merek H&M sehingga masyarakat Indonesia terutama Generasi Z melakukan brand switching ke merek fashion Erigo yang saat ini menjadi merek favorit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana analisis pengaruh dari kepercayaan merek dan citra merek terhadap terjadinya brand switching merek fashion H&M ke fashion Erigo. Adapun teori yang digunakan adalah teori reasoned action dan teori cognitive learning. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability dan purposive sampling dengan jumlah 100 responden dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian hasil data yang telah diuji menggunakan teknik uji regresi linear sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepercayaan dapat menjelaskan sebesar 27,2% dengan besaran pengaruh sebesar 0.505 dan citra merek dapat menjelaskan sebesar 45,3% dengan besaran pengaruh sebesar 0.716 terhadap brand switching. Hal tersebut dapat disimpulkan semakin tinggi kepercayaan merek pada individu maka semakin tinggi pula untuk melakukan brand switching, begitupun semakin tinggi persepsi citra merek maka semakin tinggi pula untuk melakukan brand switching pada merek yang telah dipilihnya pada Generasi Z.
Fulltext View|Download
Keywords: Kepercayaan Merek, Citra Merek, Brand Switching, Generasi Z

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.