BibTex Citation Data :
@article{IO4344, author = {Diyan Ayu Kinasih and Tandiyo Pradekso and Djoko Setiabudi}, title = {PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES TWITTER DUTA IM3 TERHADAP KEPUASAN PENGALAMAN ADOPSI DAN KEPUASAN PENGALAMAN ADOPSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PROGRAM IM3}, journal = {Interaksi Online}, volume = {2}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Nama : Diyan H Ayu Kinasih NIM : D2C009029 Judul : Pengaruh Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 terhadap Kepuasan Pengalaman Adopsi dan Kepuasan Pengalaman Adopsi terhadap Keputusan Penggunaan Program IM3 ABSTRAK Twitter sebagai salah satu promotion tools yang digunakan oleh PT Indosat Tbk, diharapkan dapat memperkenalkan program-program serta event yang dilakukan oleh Indosat. Melalui duta IM3 sebagai brand ambassador, Indosat mencoba meraih pasar anak muda dengan melakukan kegiatan promosi. Tipe penelitian ini adalah eksplanatory yang menjelaskan pengaruh intensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi terhadap kepuasan pengalaman adopsi, dan kepuasan pengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3. Teknik pengambilan sampling dengan proporsional random sampling. Uji pengaruh antara variabel intensitas mengakses twitter duta IM3 (X1) terhadap kepuasan pengalaman adopsi (X2) menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana sementara uji pengaruh variabel kepuasan pengalaman adopsi (X2) terhadap keputusan penggunaan program IM3 (Y) menggunakan Uji Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat intensitas mengakses twitter duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi dimana hanya 6,1% perubahan pada variabel Kepuasan Pengalaman Adopsi (X2) disebabkan oleh variabel Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 (X1) sisanya 93,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diajukan. Serta kepuasan pengalaman adopsi (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan program IM3 (Y) dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Twitter merupakan media sosial yang bersifat real time. Sifat real time ini dapat menjadi kelebihan yaitu twitter mampu memberikan informasi secara cepa, namun juga memberikan kelemahan yaitu cepat berlalunya informasi Dalam penelitian ini, twitter duta IM3 dirasa kurang memberikan pengaruh yang maksimal dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Masih rendahnya frekuensi responden terhadap jumlah tweet yang dilihat per harinya menjadi salah satu penyebabnya. Pada kepuasan pengalaman adopsi, untuk kategori persyaratan tarif sendiri masih terhitung rendah namun secara keseluruhan sudah merasa puas terhadap program-program IM3. Pada akhirnya keputusan yang diambil dalam penelitian ini adalah memutuskan untuk tetap menggunakan program IM3, yang paling mendominasi adalah besarnya keinginan untuk tetap merekomendasikan program IM3 kepada orang lain. Kata kunci: komunikasi pemasaran, intensitas mengakses twitter duta im3, keputusan menggunakan program im3. Nama : Diyan H Ayu Kinasih NIM : D2C009029 Judul : The influence of Intensity of Accessing to Twitter IM3 Ambassador against Satisfaction of The Adoption Experience and Satisfaction of The Adoption Experience against The Decision Use of IM3 Programs ABSTRACT Twitter as one of promotion tools used by PT Indosat Tbk, is expected to introduce programmes and events carried out by Indosat. Through Ambassador IM3 Indosat as brand ambassador, trying to grab the youth market by conducting promotional activities. This research type is explanatory which explains the influence of intensity of accessing twitter IM3 ambassadors against satisfaction of the adoption experience, and satisfaction of the adoption experience against decision use of IM3 program. Retrieval technique of sampling with proportional random sampling. Test of influence of variable intensity access twitter ambassadors IM3 (X 1) to the satisfaction of the adoption experience (X 2) using Simple Linear regression test while the test influences of variable satisfaction the experience of adoption (x 2) against the decision use of IM3 programs (Y) using Binary Logistic regression test. The results of this research indicate there is an intensity to access twitter ambassadors IM3 effect negatively to the satisfaction of the adoption experience where only 6.1% change in the variable Satisfaction of the adoption Experience (X 2) the variable Intensity caused by Accessing Twitter Ambassadors IM3 (X 1) rest 93,9% influenced by variables other than the model asked. As well as satisfaction of the adoption experience (X2) have a positive effect against the decision of the IM3 program (Y) with 95% confidence level. Twitter is a social media in real time. This real time can be an excess of twitter to provide information we have load, but also give a quick passage of the weakness of the information. In this study, twitter proved less IM3 Ambassadors provide maximum influence in the activity of marketing communications. Still the low frequency of respondents against the number of tweets viewed per day to be one of the cause. On the adoption experience, satisfaction for its own cost requirements category still accounts for low but overall it feels satisfied towards IM3 programs. Ultimately the decision taken in this research is decided to stay, using program im3 most dominate is the desire to remain im3 program recommends to others. Keywords: marketing communications, intensity of accessing twitter im3 ambassadors, decision of the use of im3 programs. I Latar Belakang Banyak operator seluler di Indonesia menjadikan persaingan pasar semakin ketat. Masing-masing operator meluncurkan program-program tambahan yang menawarkan berbagai macam bonus seperti bonus sms, telepon, maupun internet. Untuk memperkenalkan program-program tersebut tentu dibutuhkan bauran promosi seperti TVC, radio, flayer, billboard/baliho, poster, event, maupun sponsorship. Dari hasil survey awareness yang dilakukan kepada masyarakat Bandung terhadap salah satu program Indosat yaitu 7 Hari 7 Malam, menunjukkan hasil bahwa responden mengetahui program tersebut dengan presentase 88%. Sementara responden yang memahami informasi yang didapat sebanyak 44%. Dan responden yang menggunakan program tersebut hanya 35% saja. Kurangnya informasi dari Indosat inilah yang mengakibatkan responden tidak menggunakan program tersebut. Informasi disini berkaitan tentang cara pemakaian, berapa nominal pulsa yang harus dipakai, serta apa kelebihan dan kekurangan dari program tersebut. Masyarakat Bandung mengetahui program tersebut mayoritas dari iklan televisi dan radio dengan presentase 86%, sementara sisanya mengaku mengetahui program tersebut dari billboard/baliho, event, maupun banner(http://www.academia.edu/3519915/HASIL_SURVEY_AWARENESS_M ASYARAKAT_BANDUNG_TERHADAP_PROMO_INDOSAT_7h7m). Dengan menggunakan sosial media twitter melalui akun pribadi duta IM3 diharapkan mampu mempromosikan segala program maupun event Indosat kepada masyarakat. II Perumusan Masalah Menurut hasil survey terhadap salah satu program Indosat yaitu 7 hari 7 malam yang dilakukan di Kota Bandung, menunjukkan bahwa mayoritas responden sudah mengetahui adanya program 7 hari 7 malam, namun karena kurangnya pemahaman informasi tentang program 7 hari 7 malam seperti informasi mengenai cara pemakaian, berapa nominal pulsa yang harus digunakan, dan apa kelebihan-kekurangan dari program tersebut menjadikan masyarakat memilih untuk tidak menggunakan program 7 hari 7 malam. Ketika ditanya responden mengetahui program tersebut darimana, responden mayoritas menjawab dari iklan televisi dan radio. Kedua media iklan yang disebutkan oleh responden merupakan media iklan yang bersifat satu arah, dimana tidak terdapat umpan balik atau feedback dari pengirim pesan. Keterbatasan informasi yang disampaikan serta komunikasi yang terjalin bersifat satu arah inilah yang menjadi awal mula terjadinya masalah. Awareness masyarakat mengenai produk memang sudah baik, namun dikarenakan keterbatasan informasi yang diberikan dari Indosat menjadikan masyarakat enggan untuk mencoba menggunakan program tertentu. Melihat keterbatasan tersebut, Indosat dengan menggunakan sosial media twitter melalui para duta IM3 melakukan kegiatan promosi mengenai setiap program-program terbaru yang dikeluarkan oleh Indosat. Duta IM3 yang dipilih dari anak-anak SMA inilah akan mendapat tugas sebagai ambassador, sales endorser, public influencer, community acquisition, indosat representatif. Kecenderungan konsumsi remaja menggunakan sosial media twitter inilah yang menjadi alasan Indosat untuk menggerakkan duta IM3 melakukan promosi di sosial media khususnya twitter. Dengan demikian, apakah ada pengaruh antara intensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi dan kepuasan pengalamn adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3. III Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi. Dan pengaruh antara kepuasan pengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3. IV Hipotesis Dalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut : 1. Terdapat pengaruh positif antara intensitas mengakses twitter duta IM3 (X1) terhadap kepuasan pengalaman adopsi (X2) 2. Terdapat pengaruh positif antara kepuasan pengalaman adopsi (X2) terhadap keputusan penggunaan program IM3 (Y) V Landasan Teori Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 teori yang menjadi acuan atau dasar dalam pengerjaan penelitian ini yakni : Teori Difusi Inovasi Pada proses pengambilan keputusan inovasi, konsumen akan melalui beberapa tahap yaitu pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi (Shimp, 2003: 270). Low Involvement Hierarchy Low involvement hierarchy menyebutkan bahwa tahapan perubahan sikap untuk produk low involvement yaitu penerima setelah menerima pesan yang dikomunikasikan atau tahap kognitif, penerima akan langsung melakukan tindakan (behavior), dan baru setelah itu kemudian dipandang sebagai lewat dari ingatan untuk perilaku untuk sikap perubahan (afektif) (Belch, 2003 : 152). Teori Hierarki Belajar Teori hirarki belajar (The Learning Hierarchy Theory) (Liliweri, 1992 : 90) menerangkan bahwa setiap informasi pertama-tama akan menerpa khalayak dan akibatnya terjadi perubahan komponen kognitif dari khalayak tersebut. Perubahan itu meliputi kesadaran, perhatian, pemahaman khalayak terhadap produk yang dipersuasifkan. Dengan kata lain, khalayak pertama-tama harus memperhatikan, mengerti, dan paham tentang informasi. VI Metoda Penelitian Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel yaitu intensitas mengakses twitter duta IM3, kepuasan pengalaman adopsi, dan keputusan penggunaan program IM3. Dari total populasi 19511 follower duta IM3 Semarang, diambil sebanyak 100 responden sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Metode pengambilan sampel ini digunakan apabila populasi terdiri dari beberapa unit yang memiliki besar kecil yang berbeda. Dengan mengetahui jumlah setiap unit populasi yang ada, sampel kemudian diambil dari setiap unit secara berimbang berdasarkan besar kecilnya jumlah. Dari ukuran sampel 100, kemudian didistribusikan secara proporsional masing-masing ke dalam 10 unit duta IM3, yang disesuaikan dengan persentase jumlah total populasi yang dimiliki sampel. Kemudian tiap follower pada 10 unit duta IM3 diberi nomer terlebih dahulu, sesuai dengan jumlah anggota populasi dan dilakukan pengundian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengajukan pertanyaan secara langsung atau wawancara terhadap responden mengenai pertanyaan-pertanyaan yang tertera pada kuesioner. VII Pembahasan Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat intensitas mengakses twitter duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi dimana hanya 6,1% perubahan pada variabel Kepuasan Pengalaman Adopsi (X2) disebabkan oleh variabel Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 (X1) sisanya 93,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diajukan. Sehingga H1 ditolak. Serta kepuasan pengalaman adopsi (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan program IM3 (Y) dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Sehingga H2 diterima. Twitter merupakan media sosial yang bersifat real time. Sifat real time ini dapat menjadi kelebihan yaitu twitter mampu memberikan informasi secara cepa, namun juga memberikan kelemahan yaitu cepat berlalunya informasi Dalam penelitian ini, twitter duta IM3 dirasa kurang memberikan pengaruh yang maksimal dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Masih rendahnya frekuensi responden terhadap jumlah tweet yang dilihat per harinya menjadi salah satu penyebabnya. Pada kepuasan pengalaman adopsi, untuk kategori persyaratan tarif sendiri masih terhitung rendah namun secara keseluruhan sudah merasa puas terhadap program-program IM3. Pada akhirnya keputusan yang diambil dalam penelitian ini adalah memutuskan untuk tetap menggunakan program IM3, yang paling mendominasi adalah besarnya keinginan untuk tetap merekomendasikan program IM3 kepada orang lain. VIII Kesimpulan Berdasarkan uraian pokok bahasan penelitian sebelumnya, maka dalam bab ini berisi tentang kesimpulan atas hasil penelitian pengaruh intensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi dan kepuasan pengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3 : 1. Intensitas mengakses twitter duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi. Setiap kenaikan pada frekuensi dan durasi twitter menyebabkan penurunan pada kepuasan pengalaman adopsi. 2. Kepuasan pengalaman adopsi berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan program IM3. Tingkat kepuasan pengalaman adopsi membuat follower twitter memutuskan untuk tetap menggunakan program Indosat. IX Saran 1. Penggunaan twitter melalui akun pribadi duta IM3 dirasa masih kurang memberikan pengaruh yang maksimal dalam aktifitas komunikasi pemasaran, oleh karena itu penggunaan promotion tools lainnya perlu dipertimbangkan. 2. Perlu adanya perencanaan dalam penggunaan sosial media dalam kegiatan komunikasi pemasaran, hal ini berkaitan dengan pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas dalam twitter. Para duta IM3 sebaiknya memperhatikan waktu-waktu yang tergolong “premier” dimana pada jamjam tersebut mayoritas follower twitternya sedang mengakses twitter. 3. Indosat perlu memperhatikan kembali ketentuan tarif yang dikenakan untuk menggunakan program tertentu dengan melihat banyak responden yang merasa kurang puas dengan persyaratan tarif program. Dengan begitu diharapkan masyarakat akan tetap menggunakan program IM3 yang ditawarkan. DAFTAR PUSTAKA Belch, George and Michael A Belch. (2003). Advertising and Promotion:An Integrated Marketing Communications Perspective (6th ed.). The McGraw-Hill Companies Duden. (2003). Deutsche Grammatik. Manheim Leipzig Wein: Dudenverlag Fahmi, Abu Bakar. (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan:Meneropong Imbas Pesan Iklan Komputer. Bandung: CV Alfabeta Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran Analysis Perencanaan dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat Liliweri, Alo. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika Ruslan, Rosadi. (2006). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Shimp A, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (5th ed. Jilid 1). Jakarta: Erlangga Sugiarto, dkk. (2001). Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta Trihendradi,C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 19. Yogyakarta : Penerbit Andi Sumber Internet : Hasil Survey Top Brand Index. (2013). Dalam http://www.topbrandaward. com/top-brand-survey/survey-result/top-brand-index-2013/ Diunduh pada 10 April 2013 pukul 10.30 WIB Adhima, Faza. (2013). Hasil Survey Awareness Masyarakat Bandung Terhadap Promo Indosat 7 Hari 7 Malam. Dalam http://www.academia.edu/3519915/HASIL_SURVEY_AWARENESS_MASY ARAKAT_BANDUNG_TERHADAP_PROMO_INDOSAT_7h7m Diunduh pada 15 Mei 2013 pukul 13.00 WIB Dela Permata Jadi Duta IM3 Queen 2012. (2012). Dalam http://www.tribunnews.com/2012/06/17/della-permata-jadi-duta-im3-queen- 2012 Diunduh pada 15 Mei 2013 pukul 14.00 WIB Hariyanti, Dini. (2011). Remaja, 64 Persen Pengguna Jejaring Sosial. Dalam http://www.jurnas.com/news/34328/Remaja,_64_Persen_Pengguna_Jejaring_So sial_/2/Sosial_Budaya/Saintek Diunduh pada 16 Mei 2013 pukul 20.00 WIB https://twitter.com/search?q=%23DUTAIM3SASMG&src=hash Diunduh pada 16 Mei 2013 pukul 21.30 WIB http://www.telkomsel.com/kartuas Diunduh pada 2 Agustus 2013 pukul 19.30 WIB http://www.telkomsel.com/product/simpati/631-simPATI-Freedom.html Diunduh pada 2 Agusutus 2013 pukul 20.00 WIB http://www.telkomsel.com/promosimpati Diunduh pada 2 Agustus 2013 pukul 21.00 WIB http://www.xl.co.id/id/internet/paket/hotrod Diunduh pada 21 Agustus 2013 pukul 19.00 http://www.xl.co.id/id/prabayar Diunduh pada 21 Agustus 2013 pukul 20.00 http://www.xl.co.id/id/prabayar/perdana/xl-ku Diunduh pada 21 Agustus 2013 pukul 20.30 http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_Sekalee Diunduh pada 22 Agustus 2013 pukul 15.00 http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_SMS_SUKA_SUKA Diunduh pada 22 Agustus 2013 pukul 15.30 http://indosat.com/Personal/Personal/DOBEL_1000_BERKAH Diunduh pada 22 Agustus 2013 pukul 17.00 http://icity.indosat.com/t5/Events-Announcements/Terbaru-Dari-Indosat-Pulsa- Isi-Ulang-12000/td-p/78840 Diunduh pada 7 November 2013 pukul 19.00 http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_Play Diunduh pada 7 November 2013 pukul 19.30 http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/113510 Diunduh pada 9 April 2013 pukul 21.00 http://www.indosat.com/Public_Relations/Press_Release_Photo_Gallery/INDOS AT_GELAR_IM3_MOBILE_ACADEMY_KE6 Diunduh pada 7 November 2013 pukul 20.00 Jurnal dan Skripsi : Raditya, C. (2012). Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi ilmu komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Skripsi. UPN Veteran Yogyakarta. Kwon, Eun Sook and Yongjun Sung. (2011). Follow Me! Global Marketers Twitter Use. Journal of Interactive Advertising: 1-11 Sari, Viranti Mustika. (2012). Pengaruh Eletronic Word of Mouth (eWOM) di social media twitter terhadap minat beli konsumen: Studi pada Restoran Holycowsteak. Skripsi. Universitas Indonesia Steyer, Alexandre, Renaud Garcia Bardidia, Pascale Quester. (2010). Online Discussion Groups as Social Networks: An Empirical Investigation of Word of Mouth on The Internet. Journal of Interactive Adevertising: 1-6 }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/4344} }
Refworks Citation Data :
Nama : Diyan H Ayu KinasihNIM : D2C009029Judul : Pengaruh Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 terhadapKepuasan Pengalaman Adopsi dan Kepuasan PengalamanAdopsi terhadap Keputusan Penggunaan Program IM3ABSTRAKTwitter sebagai salah satu promotion tools yang digunakan oleh PTIndosat Tbk, diharapkan dapat memperkenalkan program-program serta eventyang dilakukan oleh Indosat. Melalui duta IM3 sebagai brand ambassador, Indosatmencoba meraih pasar anak muda dengan melakukan kegiatan promosi.Tipe penelitian ini adalah eksplanatory yang menjelaskan pengaruhintensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsiterhadap kepuasan pengalaman adopsi, dan kepuasan pengalaman adopsi terhadapkeputusan penggunaan program IM3. Teknik pengambilan sampling denganproporsional random sampling. Uji pengaruh antara variabel intensitasmengakses twitter duta IM3 (X1) terhadap kepuasan pengalaman adopsi (X2)menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana sementara uji pengaruh variabelkepuasan pengalaman adopsi (X2) terhadap keputusan penggunaan program IM3(Y) menggunakan Uji Regresi Logistik Biner.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat intensitas mengakses twitterduta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi dimanahanya 6,1% perubahan pada variabel Kepuasan Pengalaman Adopsi (X2)disebabkan oleh variabel Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 (X1) sisanya93,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diajukan. Serta kepuasanpengalaman adopsi (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaanprogram IM3 (Y) dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Twitter merupakanmedia sosial yang bersifat real time. Sifat real time ini dapat menjadi kelebihanyaitu twitter mampu memberikan informasi secara cepa, namun juga memberikankelemahan yaitu cepat berlalunya informasi Dalam penelitian ini, twitter duta IM3dirasa kurang memberikan pengaruh yang maksimal dalam kegiatan komunikasipemasaran. Masih rendahnya frekuensi responden terhadap jumlah tweet yangdilihat per harinya menjadi salah satu penyebabnya. Pada kepuasan pengalamanadopsi, untuk kategori persyaratan tarif sendiri masih terhitung rendah namunsecara keseluruhan sudah merasa puas terhadap program-program IM3. Padaakhirnya keputusan yang diambil dalam penelitian ini adalah memutuskan untuktetap menggunakan program IM3, yang paling mendominasi adalah besarnyakeinginan untuk tetap merekomendasikan program IM3 kepada orang lain.Kata kunci: komunikasi pemasaran, intensitas mengakses twitter duta im3,keputusan menggunakan program im3.Nama : Diyan H Ayu KinasihNIM : D2C009029Judul : The influence of Intensity of Accessing to Twitter IM3Ambassador against Satisfaction of The Adoption Experienceand Satisfaction of The Adoption Experience against TheDecision Use of IM3 ProgramsABSTRACTTwitter as one of promotion tools used by PT Indosat Tbk, is expected tointroduce programmes and events carried out by Indosat. Through AmbassadorIM3 Indosat as brand ambassador, trying to grab the youth market by conductingpromotional activities.This research type is explanatory which explains the influence ofintensity of accessing twitter IM3 ambassadors against satisfaction of the adoptionexperience, and satisfaction of the adoption experience against decision use ofIM3 program. Retrieval technique of sampling with proportional randomsampling. Test of influence of variable intensity access twitter ambassadors IM3(X 1) to the satisfaction of the adoption experience (X 2) using Simple Linearregression test while the test influences of variable satisfaction the experience ofadoption (x 2) against the decision use of IM3 programs (Y) using BinaryLogistic regression test.The results of this research indicate there is an intensity to access twitterambassadors IM3 effect negatively to the satisfaction of the adoption experiencewhere only 6.1% change in the variable Satisfaction of the adoption Experience(X 2) the variable Intensity caused by Accessing Twitter Ambassadors IM3 (X 1)rest 93,9% influenced by variables other than the model asked. As well assatisfaction of the adoption experience (X2) have a positive effect against thedecision of the IM3 program (Y) with 95% confidence level. Twitter is a socialmedia in real time. This real time can be an excess of twitter to provideinformation we have load, but also give a quick passage of the weakness of theinformation. In this study, twitter proved less IM3 Ambassadors providemaximum influence in the activity of marketing communications. Still the lowfrequency of respondents against the number of tweets viewed per day to be oneof the cause. On the adoption experience, satisfaction for its own costrequirements category still accounts for low but overall it feels satisfied towardsIM3 programs. Ultimately the decision taken in this research is decided to stay,using program im3 most dominate is the desire to remain im3 programrecommends to others.Keywords: marketing communications, intensity of accessing twitter im3ambassadors, decision of the use of im3 programs.I Latar BelakangBanyak operator seluler di Indonesia menjadikan persaingan pasarsemakin ketat. Masing-masing operator meluncurkan program-program tambahanyang menawarkan berbagai macam bonus seperti bonus sms, telepon, maupuninternet. Untuk memperkenalkan program-program tersebut tentu dibutuhkanbauran promosi seperti TVC, radio, flayer, billboard/baliho, poster, event, maupunsponsorship.Dari hasil survey awareness yang dilakukan kepada masyarakat Bandungterhadap salah satu program Indosat yaitu 7 Hari 7 Malam, menunjukkan hasilbahwa responden mengetahui program tersebut dengan presentase 88%.Sementara responden yang memahami informasi yang didapat sebanyak 44%.Dan responden yang menggunakan program tersebut hanya 35% saja. Kurangnyainformasi dari Indosat inilah yang mengakibatkan responden tidak menggunakanprogram tersebut. Informasi disini berkaitan tentang cara pemakaian, berapanominal pulsa yang harus dipakai, serta apa kelebihan dan kekurangan dariprogram tersebut. Masyarakat Bandung mengetahui program tersebut mayoritasdari iklan televisi dan radio dengan presentase 86%, sementara sisanya mengakumengetahui program tersebut dari billboard/baliho, event, maupunbanner(http://www.academia.edu/3519915/HASIL_SURVEY_AWARENESS_MASYARAKAT_BANDUNG_TERHADAP_PROMO_INDOSAT_7h7m).Dengan menggunakan sosial media twitter melalui akun pribadi duta IM3diharapkan mampu mempromosikan segala program maupun event Indosatkepada masyarakat.II Perumusan MasalahMenurut hasil survey terhadap salah satu program Indosat yaitu 7 hari 7malam yang dilakukan di Kota Bandung, menunjukkan bahwa mayoritasresponden sudah mengetahui adanya program 7 hari 7 malam, namun karenakurangnya pemahaman informasi tentang program 7 hari 7 malam sepertiinformasi mengenai cara pemakaian, berapa nominal pulsa yang harus digunakan,dan apa kelebihan-kekurangan dari program tersebut menjadikan masyarakatmemilih untuk tidak menggunakan program 7 hari 7 malam. Ketika ditanyaresponden mengetahui program tersebut darimana, responden mayoritasmenjawab dari iklan televisi dan radio. Kedua media iklan yang disebutkan olehresponden merupakan media iklan yang bersifat satu arah, dimana tidak terdapatumpan balik atau feedback dari pengirim pesan.Keterbatasan informasi yang disampaikan serta komunikasi yang terjalinbersifat satu arah inilah yang menjadi awal mula terjadinya masalah. Awarenessmasyarakat mengenai produk memang sudah baik, namun dikarenakanketerbatasan informasi yang diberikan dari Indosat menjadikan masyarakatenggan untuk mencoba menggunakan program tertentu.Melihat keterbatasan tersebut, Indosat dengan menggunakan sosial mediatwitter melalui para duta IM3 melakukan kegiatan promosi mengenai setiapprogram-program terbaru yang dikeluarkan oleh Indosat. Duta IM3 yang dipilihdari anak-anak SMA inilah akan mendapat tugas sebagai ambassador, salesendorser, public influencer, community acquisition, indosat representatif.Kecenderungan konsumsi remaja menggunakan sosial media twitter inilah yangmenjadi alasan Indosat untuk menggerakkan duta IM3 melakukan promosi disosial media khususnya twitter. Dengan demikian, apakah ada pengaruh antaraintensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi dankepuasan pengalamn adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3.III Tujuan PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitasmengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi. Dan pengaruhantara kepuasan pengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan programIM3.IV HipotesisDalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut :1. Terdapat pengaruh positif antara intensitas mengakses twitter duta IM3(X1) terhadap kepuasan pengalaman adopsi (X2)2. Terdapat pengaruh positif antara kepuasan pengalaman adopsi (X2)terhadap keputusan penggunaan program IM3 (Y)V Landasan TeoriDalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 teori yang menjadi acuanatau dasar dalam pengerjaan penelitian ini yakni :Teori Difusi InovasiPada proses pengambilan keputusan inovasi, konsumen akan melaluibeberapa tahap yaitu pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dankonfirmasi (Shimp, 2003: 270).Low Involvement HierarchyLow involvement hierarchy menyebutkan bahwa tahapan perubahansikap untuk produk low involvement yaitu penerima setelah menerima pesan yangdikomunikasikan atau tahap kognitif, penerima akan langsung melakukantindakan (behavior), dan baru setelah itu kemudian dipandang sebagai lewat dariingatan untuk perilaku untuk sikap perubahan (afektif) (Belch, 2003 : 152).Teori Hierarki BelajarTeori hirarki belajar (The Learning Hierarchy Theory) (Liliweri, 1992 :90) menerangkan bahwa setiap informasi pertama-tama akan menerpa khalayakdan akibatnya terjadi perubahan komponen kognitif dari khalayak tersebut.Perubahan itu meliputi kesadaran, perhatian, pemahaman khalayak terhadapproduk yang dipersuasifkan. Dengan kata lain, khalayak pertama-tama harusmemperhatikan, mengerti, dan paham tentang informasi.VI Metoda PenelitianTipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, yaitu penelitian yangmenjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel yaitu intensitas mengaksestwitter duta IM3, kepuasan pengalaman adopsi, dan keputusan penggunaanprogram IM3.Dari total populasi 19511 follower duta IM3 Semarang, diambilsebanyak 100 responden sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampelproporsional random sampling. Metode pengambilan sampel ini digunakanapabila populasi terdiri dari beberapa unit yang memiliki besar kecil yangberbeda. Dengan mengetahui jumlah setiap unit populasi yang ada, sampelkemudian diambil dari setiap unit secara berimbang berdasarkan besar kecilnyajumlah. Dari ukuran sampel 100, kemudian didistribusikan secara proporsionalmasing-masing ke dalam 10 unit duta IM3, yang disesuaikan dengan persentasejumlah total populasi yang dimiliki sampel. Kemudian tiap follower pada 10 unitduta IM3 diberi nomer terlebih dahulu, sesuai dengan jumlah anggota populasidan dilakukan pengundian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengajukanpertanyaan secara langsung atau wawancara terhadap responden mengenaipertanyaan-pertanyaan yang tertera pada kuesioner.VII PembahasanHasil penelitian ini menunjukkan terdapat intensitas mengakses twitterduta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi dimanahanya 6,1% perubahan pada variabel Kepuasan Pengalaman Adopsi (X2)disebabkan oleh variabel Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 (X1) sisanya93,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diajukan. Sehingga H1ditolak.Serta kepuasan pengalaman adopsi (X2) berpengaruh positif terhadapkeputusan penggunaan program IM3 (Y) dengan taraf kepercayaan sebesar 95%.Sehingga H2 diterima.Twitter merupakan media sosial yang bersifat real time. Sifat real timeini dapat menjadi kelebihan yaitu twitter mampu memberikan informasi secaracepa, namun juga memberikan kelemahan yaitu cepat berlalunya informasi Dalampenelitian ini, twitter duta IM3 dirasa kurang memberikan pengaruh yangmaksimal dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Masih rendahnya frekuensiresponden terhadap jumlah tweet yang dilihat per harinya menjadi salah satupenyebabnya. Pada kepuasan pengalaman adopsi, untuk kategori persyaratan tarifsendiri masih terhitung rendah namun secara keseluruhan sudah merasa puasterhadap program-program IM3. Pada akhirnya keputusan yang diambil dalampenelitian ini adalah memutuskan untuk tetap menggunakan program IM3, yangpaling mendominasi adalah besarnya keinginan untuk tetap merekomendasikanprogram IM3 kepada orang lain.VIII KesimpulanBerdasarkan uraian pokok bahasan penelitian sebelumnya, maka dalambab ini berisi tentang kesimpulan atas hasil penelitian pengaruh intensitasmengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi dan kepuasanpengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3 :1. Intensitas mengakses twitter duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasanpengalaman adopsi. Setiap kenaikan pada frekuensi dan durasi twittermenyebabkan penurunan pada kepuasan pengalaman adopsi.2. Kepuasan pengalaman adopsi berpengaruh positif terhadap keputusanpenggunaan program IM3. Tingkat kepuasan pengalaman adopsi membuatfollower twitter memutuskan untuk tetap menggunakan program Indosat.IX Saran1. Penggunaan twitter melalui akun pribadi duta IM3 dirasa masih kurangmemberikan pengaruh yang maksimal dalam aktifitas komunikasipemasaran, oleh karena itu penggunaan promotion tools lainnya perludipertimbangkan.2. Perlu adanya perencanaan dalam penggunaan sosial media dalam kegiatankomunikasi pemasaran, hal ini berkaitan dengan pemilihan waktu yangtepat untuk melakukan aktifitas dalam twitter. Para duta IM3 sebaiknyamemperhatikan waktu-waktu yang tergolong “premier” dimana pada jamjamtersebut mayoritas follower twitternya sedang mengakses twitter.3. Indosat perlu memperhatikan kembali ketentuan tarif yang dikenakanuntuk menggunakan program tertentu dengan melihat banyak respondenyang merasa kurang puas dengan persyaratan tarif program. Denganbegitu diharapkan masyarakat akan tetap menggunakan program IM3yang ditawarkan.DAFTAR PUSTAKABelch, George and Michael A Belch. (2003). Advertising and Promotion:AnIntegrated Marketing Communications Perspective (6th ed.). The McGraw-HillCompaniesDuden. (2003). Deutsche Grammatik. Manheim Leipzig Wein: DudenverlagFahmi, Abu Bakar. (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta: PT ElexMedia KomputindoKasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama GrafitiSumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan:Meneropong Imbas Pesan IklanKomputer. Bandung: CV AlfabetaKotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran Analysis Perencanaan danImplementasi. Jakarta: Salemba EmpatLiliweri, Alo. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT CitraAditya BaktiNisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistika Modern untuk IlmuSosial. Jakarta: Salemba HumanikaRuslan, Rosadi. (2006). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo PersadaShimp A, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan KomunikasiPemasaran Terpadu (5th ed. Jilid 1). Jakarta: ErlanggaSugiarto, dkk. (2001). Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka UtamaSugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV AlfabetaTrihendradi,C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik MenggunakanSPSS 19. Yogyakarta : Penerbit AndiSumber Internet :Hasil Survey Top Brand Index. (2013). Dalam http://www.topbrandaward.com/top-brand-survey/survey-result/top-brand-index-2013/ Diunduh pada10 April 2013 pukul 10.30 WIBAdhima, Faza. (2013). Hasil Survey Awareness Masyarakat Bandung TerhadapPromo Indosat 7 Hari 7 Malam. Dalamhttp://www.academia.edu/3519915/HASIL_SURVEY_AWARENESS_MASYARAKAT_BANDUNG_TERHADAP_PROMO_INDOSAT_7h7m Diunduhpada 15 Mei 2013 pukul 13.00 WIBDela Permata Jadi Duta IM3 Queen 2012. (2012). Dalamhttp://www.tribunnews.com/2012/06/17/della-permata-jadi-duta-im3-queen-2012 Diunduh pada 15 Mei 2013 pukul 14.00 WIBHariyanti, Dini. (2011). Remaja, 64 Persen Pengguna Jejaring Sosial. Dalamhttp://www.jurnas.com/news/34328/Remaja,_64_Persen_Pengguna_Jejaring_Sosial_/2/Sosial_Budaya/Saintek Diunduh pada 16 Mei 2013 pukul 20.00 WIBhttps://twitter.com/search?q=%23DUTAIM3SASMG&src=hash Diunduh pada16 Mei 2013 pukul 21.30 WIBhttp://www.telkomsel.com/kartuas Diunduh pada 2 Agustus 2013 pukul 19.30WIBhttp://www.telkomsel.com/product/simpati/631-simPATI-Freedom.htmlDiunduh pada 2 Agusutus 2013 pukul 20.00 WIBhttp://www.telkomsel.com/promosimpati Diunduh pada 2 Agustus 2013 pukul21.00 WIBhttp://www.xl.co.id/id/internet/paket/hotrod Diunduh pada 21 Agustus 2013pukul 19.00http://www.xl.co.id/id/prabayar Diunduh pada 21 Agustus 2013 pukul 20.00http://www.xl.co.id/id/prabayar/perdana/xl-ku Diunduh pada 21 Agustus 2013pukul 20.30http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_Sekalee Diunduh pada 22Agustus 2013 pukul 15.00http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_SMS_SUKA_SUKADiunduh pada 22 Agustus 2013 pukul 15.30http://indosat.com/Personal/Personal/DOBEL_1000_BERKAH Diunduh pada22 Agustus 2013 pukul 17.00http://icity.indosat.com/t5/Events-Announcements/Terbaru-Dari-Indosat-Pulsa-Isi-Ulang-12000/td-p/78840 Diunduh pada 7 November 2013 pukul 19.00http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_Play Diunduh pada 7November 2013 pukul 19.30http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/113510 Diunduh pada 9 April2013 pukul 21.00http://www.indosat.com/Public_Relations/Press_Release_Photo_Gallery/INDOSAT_GELAR_IM3_MOBILE_ACADEMY_KE6 Diunduh pada 7 November 2013pukul 20.00Jurnal dan Skripsi :Raditya, C. (2012). Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitterdengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi ilmukomunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Skripsi. UPN VeteranYogyakarta.Kwon, Eun Sook and Yongjun Sung. (2011). Follow Me! Global MarketersTwitter Use. Journal of Interactive Advertising: 1-11Sari, Viranti Mustika. (2012). Pengaruh Eletronic Word of Mouth (eWOM) disocial media twitter terhadap minat beli konsumen: Studi pada RestoranHolycowsteak. Skripsi. Universitas IndonesiaSteyer, Alexandre, Renaud Garcia Bardidia, Pascale Quester. (2010). OnlineDiscussion Groups as Social Networks: An Empirical Investigation of Word ofMouth on The Internet. Journal of Interactive Adevertising: 1-6
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.