PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES TWITTER DUTA IM3 TERHADAP KEPUASAN PENGALAMAN ADOPSI DAN KEPUASAN PENGALAMAN ADOPSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PROGRAM IM3

Received: 24 Dec 2013; Published: 31 Jan 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 58 54
Abstract

Nama : Diyan H Ayu Kinasih
NIM : D2C009029
Judul : Pengaruh Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 terhadap
Kepuasan Pengalaman Adopsi dan Kepuasan Pengalaman
Adopsi terhadap Keputusan Penggunaan Program IM3
ABSTRAK
Twitter sebagai salah satu promotion tools yang digunakan oleh PT
Indosat Tbk, diharapkan dapat memperkenalkan program-program serta event
yang dilakukan oleh Indosat. Melalui duta IM3 sebagai brand ambassador, Indosat
mencoba meraih pasar anak muda dengan melakukan kegiatan promosi.
Tipe penelitian ini adalah eksplanatory yang menjelaskan pengaruh
intensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi
terhadap kepuasan pengalaman adopsi, dan kepuasan pengalaman adopsi terhadap
keputusan penggunaan program IM3. Teknik pengambilan sampling dengan
proporsional random sampling. Uji pengaruh antara variabel intensitas
mengakses twitter duta IM3 (X1) terhadap kepuasan pengalaman adopsi (X2)
menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana sementara uji pengaruh variabel
kepuasan pengalaman adopsi (X2) terhadap keputusan penggunaan program IM3
(Y) menggunakan Uji Regresi Logistik Biner.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat intensitas mengakses twitter
duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi dimana
hanya 6,1% perubahan pada variabel Kepuasan Pengalaman Adopsi (X2)
disebabkan oleh variabel Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 (X1) sisanya
93,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diajukan. Serta kepuasan
pengalaman adopsi (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan
program IM3 (Y) dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Twitter merupakan
media sosial yang bersifat real time. Sifat real time ini dapat menjadi kelebihan
yaitu twitter mampu memberikan informasi secara cepa, namun juga memberikan
kelemahan yaitu cepat berlalunya informasi Dalam penelitian ini, twitter duta IM3
dirasa kurang memberikan pengaruh yang maksimal dalam kegiatan komunikasi
pemasaran. Masih rendahnya frekuensi responden terhadap jumlah tweet yang
dilihat per harinya menjadi salah satu penyebabnya. Pada kepuasan pengalaman
adopsi, untuk kategori persyaratan tarif sendiri masih terhitung rendah namun
secara keseluruhan sudah merasa puas terhadap program-program IM3. Pada
akhirnya keputusan yang diambil dalam penelitian ini adalah memutuskan untuk
tetap menggunakan program IM3, yang paling mendominasi adalah besarnya
keinginan untuk tetap merekomendasikan program IM3 kepada orang lain.
Kata kunci: komunikasi pemasaran, intensitas mengakses twitter duta im3,
keputusan menggunakan program im3.
Nama : Diyan H Ayu Kinasih
NIM : D2C009029
Judul : The influence of Intensity of Accessing to Twitter IM3
Ambassador against Satisfaction of The Adoption Experience
and Satisfaction of The Adoption Experience against The
Decision Use of IM3 Programs
ABSTRACT
Twitter as one of promotion tools used by PT Indosat Tbk, is expected to
introduce programmes and events carried out by Indosat. Through Ambassador
IM3 Indosat as brand ambassador, trying to grab the youth market by conducting
promotional activities.
This research type is explanatory which explains the influence of
intensity of accessing twitter IM3 ambassadors against satisfaction of the adoption
experience, and satisfaction of the adoption experience against decision use of
IM3 program. Retrieval technique of sampling with proportional random
sampling. Test of influence of variable intensity access twitter ambassadors IM3
(X 1) to the satisfaction of the adoption experience (X 2) using Simple Linear
regression test while the test influences of variable satisfaction the experience of
adoption (x 2) against the decision use of IM3 programs (Y) using Binary
Logistic regression test.
The results of this research indicate there is an intensity to access twitter
ambassadors IM3 effect negatively to the satisfaction of the adoption experience
where only 6.1% change in the variable Satisfaction of the adoption Experience
(X 2) the variable Intensity caused by Accessing Twitter Ambassadors IM3 (X 1)
rest 93,9% influenced by variables other than the model asked. As well as
satisfaction of the adoption experience (X2) have a positive effect against the
decision of the IM3 program (Y) with 95% confidence level. Twitter is a social
media in real time. This real time can be an excess of twitter to provide
information we have load, but also give a quick passage of the weakness of the
information. In this study, twitter proved less IM3 Ambassadors provide
maximum influence in the activity of marketing communications. Still the low
frequency of respondents against the number of tweets viewed per day to be one
of the cause. On the adoption experience, satisfaction for its own cost
requirements category still accounts for low but overall it feels satisfied towards
IM3 programs. Ultimately the decision taken in this research is decided to stay,
using program im3 most dominate is the desire to remain im3 program
recommends to others.
Keywords: marketing communications, intensity of accessing twitter im3
ambassadors, decision of the use of im3 programs.
I Latar Belakang
Banyak operator seluler di Indonesia menjadikan persaingan pasar
semakin ketat. Masing-masing operator meluncurkan program-program tambahan
yang menawarkan berbagai macam bonus seperti bonus sms, telepon, maupun
internet. Untuk memperkenalkan program-program tersebut tentu dibutuhkan
bauran promosi seperti TVC, radio, flayer, billboard/baliho, poster, event, maupun
sponsorship.
Dari hasil survey awareness yang dilakukan kepada masyarakat Bandung
terhadap salah satu program Indosat yaitu 7 Hari 7 Malam, menunjukkan hasil
bahwa responden mengetahui program tersebut dengan presentase 88%.
Sementara responden yang memahami informasi yang didapat sebanyak 44%.
Dan responden yang menggunakan program tersebut hanya 35% saja. Kurangnya
informasi dari Indosat inilah yang mengakibatkan responden tidak menggunakan
program tersebut. Informasi disini berkaitan tentang cara pemakaian, berapa
nominal pulsa yang harus dipakai, serta apa kelebihan dan kekurangan dari
program tersebut. Masyarakat Bandung mengetahui program tersebut mayoritas
dari iklan televisi dan radio dengan presentase 86%, sementara sisanya mengaku
mengetahui program tersebut dari billboard/baliho, event, maupun
banner(http://www.academia.edu/3519915/HASIL_SURVEY_AWARENESS_M
ASYARAKAT_BANDUNG_TERHADAP_PROMO_INDOSAT_7h7m).
Dengan menggunakan sosial media twitter melalui akun pribadi duta IM3
diharapkan mampu mempromosikan segala program maupun event Indosat
kepada masyarakat.
II Perumusan Masalah
Menurut hasil survey terhadap salah satu program Indosat yaitu 7 hari 7
malam yang dilakukan di Kota Bandung, menunjukkan bahwa mayoritas
responden sudah mengetahui adanya program 7 hari 7 malam, namun karena
kurangnya pemahaman informasi tentang program 7 hari 7 malam seperti
informasi mengenai cara pemakaian, berapa nominal pulsa yang harus digunakan,
dan apa kelebihan-kekurangan dari program tersebut menjadikan masyarakat
memilih untuk tidak menggunakan program 7 hari 7 malam. Ketika ditanya
responden mengetahui program tersebut darimana, responden mayoritas
menjawab dari iklan televisi dan radio. Kedua media iklan yang disebutkan oleh
responden merupakan media iklan yang bersifat satu arah, dimana tidak terdapat
umpan balik atau feedback dari pengirim pesan.
Keterbatasan informasi yang disampaikan serta komunikasi yang terjalin
bersifat satu arah inilah yang menjadi awal mula terjadinya masalah. Awareness
masyarakat mengenai produk memang sudah baik, namun dikarenakan
keterbatasan informasi yang diberikan dari Indosat menjadikan masyarakat
enggan untuk mencoba menggunakan program tertentu.
Melihat keterbatasan tersebut, Indosat dengan menggunakan sosial media
twitter melalui para duta IM3 melakukan kegiatan promosi mengenai setiap
program-program terbaru yang dikeluarkan oleh Indosat. Duta IM3 yang dipilih
dari anak-anak SMA inilah akan mendapat tugas sebagai ambassador, sales
endorser, public influencer, community acquisition, indosat representatif.
Kecenderungan konsumsi remaja menggunakan sosial media twitter inilah yang
menjadi alasan Indosat untuk menggerakkan duta IM3 melakukan promosi di
sosial media khususnya twitter. Dengan demikian, apakah ada pengaruh antara
intensitas mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi dan
kepuasan pengalamn adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3.
III Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas
mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi. Dan pengaruh
antara kepuasan pengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan program
IM3.
IV Hipotesis
Dalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut :
1. Terdapat pengaruh positif antara intensitas mengakses twitter duta IM3
(X1) terhadap kepuasan pengalaman adopsi (X2)
2. Terdapat pengaruh positif antara kepuasan pengalaman adopsi (X2)
terhadap keputusan penggunaan program IM3 (Y)
V Landasan Teori
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 teori yang menjadi acuan
atau dasar dalam pengerjaan penelitian ini yakni :
Teori Difusi Inovasi
Pada proses pengambilan keputusan inovasi, konsumen akan melalui
beberapa tahap yaitu pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan
konfirmasi (Shimp, 2003: 270).
Low Involvement Hierarchy
Low involvement hierarchy menyebutkan bahwa tahapan perubahan
sikap untuk produk low involvement yaitu penerima setelah menerima pesan yang
dikomunikasikan atau tahap kognitif, penerima akan langsung melakukan
tindakan (behavior), dan baru setelah itu kemudian dipandang sebagai lewat dari
ingatan untuk perilaku untuk sikap perubahan (afektif) (Belch, 2003 : 152).
Teori Hierarki Belajar
Teori hirarki belajar (The Learning Hierarchy Theory) (Liliweri, 1992 :
90) menerangkan bahwa setiap informasi pertama-tama akan menerpa khalayak
dan akibatnya terjadi perubahan komponen kognitif dari khalayak tersebut.
Perubahan itu meliputi kesadaran, perhatian, pemahaman khalayak terhadap
produk yang dipersuasifkan. Dengan kata lain, khalayak pertama-tama harus
memperhatikan, mengerti, dan paham tentang informasi.
VI Metoda Penelitian
Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, yaitu penelitian yang
menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel yaitu intensitas mengakses
twitter duta IM3, kepuasan pengalaman adopsi, dan keputusan penggunaan
program IM3.
Dari total populasi 19511 follower duta IM3 Semarang, diambil
sebanyak 100 responden sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel
proporsional random sampling. Metode pengambilan sampel ini digunakan
apabila populasi terdiri dari beberapa unit yang memiliki besar kecil yang
berbeda. Dengan mengetahui jumlah setiap unit populasi yang ada, sampel
kemudian diambil dari setiap unit secara berimbang berdasarkan besar kecilnya
jumlah. Dari ukuran sampel 100, kemudian didistribusikan secara proporsional
masing-masing ke dalam 10 unit duta IM3, yang disesuaikan dengan persentase
jumlah total populasi yang dimiliki sampel. Kemudian tiap follower pada 10 unit
duta IM3 diberi nomer terlebih dahulu, sesuai dengan jumlah anggota populasi
dan dilakukan pengundian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengajukan
pertanyaan secara langsung atau wawancara terhadap responden mengenai
pertanyaan-pertanyaan yang tertera pada kuesioner.
VII Pembahasan
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat intensitas mengakses twitter
duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengalaman adopsi dimana
hanya 6,1% perubahan pada variabel Kepuasan Pengalaman Adopsi (X2)
disebabkan oleh variabel Intensitas Mengakses Twitter Duta IM3 (X1) sisanya
93,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diajukan. Sehingga H1
ditolak.
Serta kepuasan pengalaman adopsi (X2) berpengaruh positif terhadap
keputusan penggunaan program IM3 (Y) dengan taraf kepercayaan sebesar 95%.
Sehingga H2 diterima.
Twitter merupakan media sosial yang bersifat real time. Sifat real time
ini dapat menjadi kelebihan yaitu twitter mampu memberikan informasi secara
cepa, namun juga memberikan kelemahan yaitu cepat berlalunya informasi Dalam
penelitian ini, twitter duta IM3 dirasa kurang memberikan pengaruh yang
maksimal dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Masih rendahnya frekuensi
responden terhadap jumlah tweet yang dilihat per harinya menjadi salah satu
penyebabnya. Pada kepuasan pengalaman adopsi, untuk kategori persyaratan tarif
sendiri masih terhitung rendah namun secara keseluruhan sudah merasa puas
terhadap program-program IM3. Pada akhirnya keputusan yang diambil dalam
penelitian ini adalah memutuskan untuk tetap menggunakan program IM3, yang
paling mendominasi adalah besarnya keinginan untuk tetap merekomendasikan
program IM3 kepada orang lain.
VIII Kesimpulan
Berdasarkan uraian pokok bahasan penelitian sebelumnya, maka dalam
bab ini berisi tentang kesimpulan atas hasil penelitian pengaruh intensitas
mengakses twitter duta IM3 terhadap kepuasan pengalaman adopsi dan kepuasan
pengalaman adopsi terhadap keputusan penggunaan program IM3 :
1. Intensitas mengakses twitter duta IM3 berpengaruh negatif terhadap kepuasan
pengalaman adopsi. Setiap kenaikan pada frekuensi dan durasi twitter
menyebabkan penurunan pada kepuasan pengalaman adopsi.
2. Kepuasan pengalaman adopsi berpengaruh positif terhadap keputusan
penggunaan program IM3. Tingkat kepuasan pengalaman adopsi membuat
follower twitter memutuskan untuk tetap menggunakan program Indosat.
IX Saran
1. Penggunaan twitter melalui akun pribadi duta IM3 dirasa masih kurang
memberikan pengaruh yang maksimal dalam aktifitas komunikasi
pemasaran, oleh karena itu penggunaan promotion tools lainnya perlu
dipertimbangkan.
2. Perlu adanya perencanaan dalam penggunaan sosial media dalam kegiatan
komunikasi pemasaran, hal ini berkaitan dengan pemilihan waktu yang
tepat untuk melakukan aktifitas dalam twitter. Para duta IM3 sebaiknya
memperhatikan waktu-waktu yang tergolong “premier” dimana pada jamjam
tersebut mayoritas follower twitternya sedang mengakses twitter.
3. Indosat perlu memperhatikan kembali ketentuan tarif yang dikenakan
untuk menggunakan program tertentu dengan melihat banyak responden
yang merasa kurang puas dengan persyaratan tarif program. Dengan
begitu diharapkan masyarakat akan tetap menggunakan program IM3
yang ditawarkan.
DAFTAR PUSTAKA
Belch, George and Michael A Belch. (2003). Advertising and Promotion:An
Integrated Marketing Communications Perspective (6th ed.). The McGraw-Hill
Companies
Duden. (2003). Deutsche Grammatik. Manheim Leipzig Wein: Dudenverlag
Fahmi, Abu Bakar. (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo
Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan:Meneropong Imbas Pesan Iklan
Komputer. Bandung: CV Alfabeta
Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran Analysis Perencanaan dan
Implementasi. Jakarta: Salemba Empat
Liliweri, Alo. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT Citra
Aditya Bakti
Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu
Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Ruslan, Rosadi. (2006). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shimp A, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi
Pemasaran Terpadu (5th ed. Jilid 1). Jakarta: Erlangga
Sugiarto, dkk. (2001). Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Trihendradi,C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan
SPSS 19. Yogyakarta : Penerbit Andi
Sumber Internet :
Hasil Survey Top Brand Index. (2013). Dalam http://www.topbrandaward.
com/top-brand-survey/survey-result/top-brand-index-2013/ Diunduh pada
10 April 2013 pukul 10.30 WIB
Adhima, Faza. (2013). Hasil Survey Awareness Masyarakat Bandung Terhadap
Promo Indosat 7 Hari 7 Malam. Dalam
http://www.academia.edu/3519915/HASIL_SURVEY_AWARENESS_MASY
ARAKAT_BANDUNG_TERHADAP_PROMO_INDOSAT_7h7m Diunduh
pada 15 Mei 2013 pukul 13.00 WIB
Dela Permata Jadi Duta IM3 Queen 2012. (2012). Dalam
http://www.tribunnews.com/2012/06/17/della-permata-jadi-duta-im3-queen-
2012 Diunduh pada 15 Mei 2013 pukul 14.00 WIB
Hariyanti, Dini. (2011). Remaja, 64 Persen Pengguna Jejaring Sosial. Dalam
http://www.jurnas.com/news/34328/Remaja,_64_Persen_Pengguna_Jejaring_So
sial_/2/Sosial_Budaya/Saintek Diunduh pada 16 Mei 2013 pukul 20.00 WIB
https://twitter.com/search?q=%23DUTAIM3SASMG&src=hash Diunduh pada
16 Mei 2013 pukul 21.30 WIB
http://www.telkomsel.com/kartuas Diunduh pada 2 Agustus 2013 pukul 19.30
WIB
http://www.telkomsel.com/product/simpati/631-simPATI-Freedom.html
Diunduh pada 2 Agusutus 2013 pukul 20.00 WIB
http://www.telkomsel.com/promosimpati Diunduh pada 2 Agustus 2013 pukul
21.00 WIB
http://www.xl.co.id/id/internet/paket/hotrod Diunduh pada 21 Agustus 2013
pukul 19.00
http://www.xl.co.id/id/prabayar Diunduh pada 21 Agustus 2013 pukul 20.00
http://www.xl.co.id/id/prabayar/perdana/xl-ku Diunduh pada 21 Agustus 2013
pukul 20.30
http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_Sekalee Diunduh pada 22
Agustus 2013 pukul 15.00
http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_SMS_SUKA_SUKA
Diunduh pada 22 Agustus 2013 pukul 15.30
http://indosat.com/Personal/Personal/DOBEL_1000_BERKAH Diunduh pada
22 Agustus 2013 pukul 17.00
http://icity.indosat.com/t5/Events-Announcements/Terbaru-Dari-Indosat-Pulsa-
Isi-Ulang-12000/td-p/78840 Diunduh pada 7 November 2013 pukul 19.00
http://www.indosat.com/Personal/IM3_Update/IM3_Play Diunduh pada 7
November 2013 pukul 19.30
http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/113510 Diunduh pada 9 April
2013 pukul 21.00
http://www.indosat.com/Public_Relations/Press_Release_Photo_Gallery/INDOS
AT_GELAR_IM3_MOBILE_ACADEMY_KE6 Diunduh pada 7 November 2013
pukul 20.00
Jurnal dan Skripsi :
Raditya, C. (2012). Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter
dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi ilmu
komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Skripsi. UPN Veteran
Yogyakarta.
Kwon, Eun Sook and Yongjun Sung. (2011). Follow Me! Global Marketers
Twitter Use. Journal of Interactive Advertising: 1-11
Sari, Viranti Mustika. (2012). Pengaruh Eletronic Word of Mouth (eWOM) di
social media twitter terhadap minat beli konsumen: Studi pada Restoran
Holycowsteak. Skripsi. Universitas Indonesia
Steyer, Alexandre, Renaud Garcia Bardidia, Pascale Quester. (2010). Online
Discussion Groups as Social Networks: An Empirical Investigation of Word of
Mouth on The Internet. Journal of Interactive Adevertising: 1-6

Article Metrics: