skip to main content

PENGARUH TERPAAN INFORMASI AKUN INSTAGRAM @suara_tanpa_rokok DAN INTENSITAS KOMUNIKASI PEER GROUP BERHENTI MEROKOK ELEKTRIK DENGAN MINAT BERHENTI MEROKOK ELEKTRIK

*Danar Wahyu Kuncoro Aji  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Nurist Surayya Ulfa  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Tandiyo Pradekso  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Indonesia menempati posisi pertama sebagai pengguna rokok elektrik dimana 25% penduduk Indonesia menggunakan rokok elektrik. Survey Global Adult Tobacco Survey (GATS) pada tahun 2021 menunjukan bahwa jumlah pengguna rokok eletrik di Indonesia pada tahun 2011 sebanyak 480 ribu pengguna meningkat menjadi 6,6 juta pengguna pada tahun 2021. Minat masyarakat untuk berhenti merokok pada tahun 2021 hanya sebesar 63,4%. Kampanye @suara_tanpa_rokok merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan minat masyarakat untuk berhenti merokok elektrik. Adanya komunikasi peer group berhenti merokok elektrik diharapkan mampu mendorong minat masyarakat untuk berhenti merokok elektrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan informasi akun Instagram @suara_tanpa_rokok terhadap minat berhenti merokok elektrik dan mengetahui bagaimana pengaruh intensitas komunikasi peer group berhenti merokok elektrik terhadap minat berhenti merokok elektrik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 100 responden dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terpaan akun Instagram @suara_tanpa_rokok terhadap minat berhenti merokok elektrik memiliki signifikansi 0,142 > 0,05 yang artinya tidak ada pengaruh terpaan akun Instagram @suara_tanpa_rokok terhadap minat berhenti merokok elektrik. Sedangkan intensitas komunikasi peer group berhenti merokok elektrik memiliki terhadap minat berhenti merokok elektrik memiliki nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan nilai koefesien determinasi 0,120. Artinya, terdapat pengaruh intensitas komunikasi peer group berhenti merokok elektrik dengan minat berhenti merokok elektrik ke arah positif namun lemah dimana besar pengaruh intensitas komunikasi peer group berhenti merokok elektrik terhadap minat berhenti merokok elektrik adalah sebesar 12%.
Fulltext View|Download
Keywords: terpaan informasi, minat berhenti merokok elektrik, intensitas komunikasi peer group

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.