skip to main content

PENGARUH DAYA TARIK DAN KUALITAS INFORMASI BERBASIS NARASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN MENTAL

*Vina Aulia Maharani  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Yanuar Luqman  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Djoko Setyabudi  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah minimnya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan mental yang mana berdasarkan riset dari Universitas Gajah Mada pada Oktober 2022 menyatakan bahwa hanya 4,3% penduduk Indonesia yang menyadari tentang gangguan mental, sedangkan sisanya tidak mengetahui sama sekali. Hal tersebut tidak sejalan dengan tujuan salah satu Channel Youtube “Menjadi Manusia” yang mana ingin menyebarkan informasi tentang arti penting kesehatan mental. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh daya tarik dan kualitas informasi berbasis narasi pada konten Channel Youtube “Menjadi Manusia” pada segmen “Saat Pertama Kali Pergi ke Psikolog” terhadap tingkat pengetahuan kesehatan mental. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori dan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan secara khusus menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan karakteristik laki-laki atau perempuan, Usia 16-24 tahun, pengguna aktif sosial media terutama Youtube, serta pernah menonton konten Youtube “Menjadi Manusia” segmen “Cerita Mereka Episode : Saat Pertama Kali ke Psikolog” setidaknya sekali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik informasi secara parsial berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan. Sedangkan kualitas informasi berbasis narasi tidak berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan. Sementara itu, daya tarik dan kualitas informasi berbasis narasi secara simultan berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan yang mana sejalan dengan teori dependensi mengenai efek komunikasi massa. Dengan demikian, untuk meningkatkan daya tarik informasi perlu mengembangkan ide baru dalam menyampaikan informasi melalui konten. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggaet narasumber ahli untuk meyakinkan audiens tentang topik yang dibahas, serta dengan melalui mini web series untuk lebih menarik perhatian audiens tentang informasi yang disampaikan kepada target audiens.
Fulltext View|Download
Keywords: daya tarik informasi, kualitas informasi berbasis narasi, Youtube “Menjadi Manusia”

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.