skip to main content

PENGARUH TERPAAN BERITA DISTRIBUSI UANG SAKU DAN CITRA MAGANG BERSERTIFIKAT KAMPUS MERDEKA TERHADAP MINAT PARTISIPASI MAHASISWA DI LUAR PULAU JAWA

*Audrey Filia Rheinaya  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Lintang Ratri Rahmiadji  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Yanuar Luqman  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Media sosial dan portal berita di internet memiliki peran yang sangat signifikan sebagai acuan khalayak untuk menentukan minat terhadap suatu produk. Begitu pula dengan citra merek sebagai salah satu aspek pertimbangan yang mempengaruhi minat khalayak terhadap produk yang digagas oleh suatu lembaga. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti mencoba membuktikan teori Efek Media dalam fenomena terpaan media pada distribusi gaji dan brand image Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, sebuah program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terhadap minat untuk berpartisipasi. pada siswa di luar Pulau Jawa. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 mahasiswa yang teridentifikasi aktif kuliah di perguruan tinggi di luar Jawa, pernah membaca berita terkait pembagian gaji Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, dan sedang atau akan mengikuti mata kuliah magang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan memperoleh data melalui kuesioner online. Setelah dilakukan penelitian terhadap 100 mahasiswa yang tersebar di Bali, Palembang, Makassar, Medan, Lombok, Samarinda, dan Pekanbaru, diperoleh hasil bahwa terpaan media mengenai pembagian gaji Magang Bersertifikat Kampus Merdeka berpengaruh negatif sangat signifikan terhadap minat partisipasi mahasiswa. berkuliah di perguruan tinggi di luar Pulau Jawa, sedangkan citra program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan pengaruh positif yang sangat signifikan.
Fulltext View|Download
Keywords: Terpaan Media, Citra Merek, Minat Partisipasi, Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, Kemendikbud

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.