skip to main content

PENGARUH TERPAAN CELEBRITY ENDORSER DAN TERPAAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SARIAYU

*Alya Farras Azzahra  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Djoko Setyabudi  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Lintang Ratri Rahmiaji  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Banyaknya brand yang menggunakan TikTok sebagai media promosi untuk menaikkan penjualannya tidak sejalan dengan brand Sariayu, hal tersebut terlihat pada laporan tahunan Sariayu yang mengalami penurunan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Terpaan Celebrity Endorser dan Terpaan Electronic Word of Mouth (E-WOM) dalam Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli Produk Sariayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan teori respon kognitif dan teori traditional word of mouth. Penelitian mengambil subjek berusia 15 sampai >40 tahun, laki-laki dan perempuan, pengguna aplikasi TikTok dan pernah melihat iklan Sariayu di TikTok dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh, dengan kata lain semakin tinggi terpaan celebrity endorser yang diterima maka semakin tinggi pula minat beli responden dan menunjukkan bahwa penggunaan celebrity endorser efektif dan sejalan dengan teori respon kognitif. Selanjutnya, hipotesis kedua terdapat pengaruh, dengan kata lain semakin tinggi terpaan electronic word of mouth yang diterima maka semakin tinggi pula minat beli responden dan menunjukkan bahwa adanya E-WOM efektif dan sejalan dengan teori traditional word of mouth. Saran peneliti selanjutnya menggunakan populasi yang berbeda dan platform sosial media yang berbeda agar penelitian lebih berkembang.
Fulltext View|Download
Keywords: Celebrity Endroser, Electronic Word of Mouth, Minat Beli, TikTok, Sariayu

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.