slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Representasi Objektifikasi Seksualitas Wanita Pada Iklan Kondom Sutra Versi “Mantap – Mantap Makin Mesra” Di Antv Pada Pukul 02.00 WIB Malam | Siswanti | Interaksi Online skip to main content

Representasi Objektifikasi Seksualitas Wanita Pada Iklan Kondom Sutra Versi “Mantap – Mantap Makin Mesra” Di Antv Pada Pukul 02.00 WIB Malam

*Ratih Siswanti  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Sunarto Sunarto  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Amida Yusriana  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Selama ini banyak media yang mengeksploitasi perempuan sebagai objek seks yang pada akhirnya melahirkan masyarakat yang syarat dengan kekerasan terhadap perempuan. Sosok perempuan pada media dijadikan sebagai daya tarik, dan menggambarkan bahwa perempuan sebagai simbol seks, termasuk dalam Iklan. Objektifikasi gender, terutama objektifikasi perempuan adalah aspek paling suram dari iklan media massa. Perempuan yang di objektifikasi secara seksual untuk tujuan komersial salah satunya terlihat pada iklan Kondom Sutra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ideologi gender dominan, representasi objektifikasi seksualitas, dan mengetahui bentuk – bentuk objektifikasi seksualitas wanita pada iklan Kondom Sutra tersebut. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis dilakukan dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes 5 kode pembacaan. Representasi tersebut dilihat dari berbagai leksia yang muncul dalam iklan dan memasukan kedalam setiap kategori 5 kode pembacaan yaitu Kode Hermeneutika, Kode Proaretik, Kode Simbolik, Kode Kultural, dan Kode Semik. Iklan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah iklan Kondom Sutra versi “Mantap Mantap Makin Mesra” di ANTV pada pukul 02.00 WIB malam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggambaran komedi seksual di setiap adegan, dari setiap adegan menggambarkan adanya objektifikasi dan ideologi dominan. Ideologi dominan yang melandasi adalah ideologi patriarki dimana laki – laki lebih dominan dibanding perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah muted group theory. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi objektifikasi seksualitas wanita pada iklan yang ditayangan di televisi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa di dalam iklan Kondom sutra versi “Mantap – Mantap Makin Mesra” bagaimana media merepresentasikan wanita sebagai objek seksualitas dan menggambarkan bagaimana laki – laki menjadi pihak yang mendominasi.
Fulltext View|Download
Keywords: Kondom Sutra, Objektifikasi, Perempuan, Representasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.