skip to main content

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BELAJAR KELOMPOK TUTOR SEBAYA DI MASA PANDEMI TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI

*Felda Aurellia Anandani  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Yanuar Luqman  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Djoko Setyabudi  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pandemi Covid-19 yang membuat sebagian besar masyarakat mengalami kerugian, salah satunya pada bidang pendidikan yang mana peserta didik dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Sehingga hal ini dapat berdampak pada tingkat motivasi belajar peserta didik menjadi menurun. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode belajar kelompok tutor sebaya terhadap tingkat motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Belajar Humanistik. Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Jumlah sampel yang diteliti berjumlah 30 orang dengan membagi dua kelompok responden, yang mana tiap kelompok terdiri 15 orang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental karena ingin melihat perbedaan antara kelompok yang menggunakan metode tutor sebaya dengan kelompok yang tidak menggunakan metode tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar kelompok tutor sebaya terhadap tingkat motivasi belajar memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau signifikansi sebesar 0,135 yang artinya tidak signifikan. Sehingga tidak terdapat perbedaan rata-rata tingkat motivasi belajar antara kelompok yang menggunakan metode tutor sebaya dengan kelompok yang tidak menggunakan metode tutor sebaya.
Fulltext View|Download
Keywords: metode tutor sebaya, motivasi belajar, Covid-19, quasi experimental

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.