skip to main content

Hubungan Terpaan Promosi Penjualan pada Instagram @Workfoodhappy dan Terpaan Online Customer Review Pada Google Review dengan Keputusan Pembelian di Work Food Happy Café

*Rafif Ghaffar Radana  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Hedi Pudjo Santosa  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Djoko Setyabudi  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Berkembangnya bisnis kafe di Semarang, membuat kafe-kafe di Semarang berlomba untuk meningkatkan daya jualnya. Work Food Happy Café adalah salah satu Café di Semarang yang baru lahir pada 25 Agustus 2020. Untuk menarik konsumen, WFH Café menggunakan promosi penjualan melalui Instagramnya. Selain itu WFH Café menggunakan Google Review untuk wadah para konsumen yang sudah pernah datang untuk mengulas WFH Café. Dalam perjalanannya, WFH Café setiap bulan mengeluarkan promosi penjualan untuk merangsang konsumen agar datang. Begitu juga dengan ulasan yang cukup baik di Google Review. Kedua hal tersebut digunakan untuk meningkatkan konsumen agar datang dan melakukan pembelian di WFH Café serta tercapainya target penjualan yang sudah ditentukan. Tetapi, setelah upaya yang dilakukan oleh WFH Café, penjualan WFH Café terlihat fluktuatif dan di beberapa bulan tidak mencapai target yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan terpaan promosi penjualan yang dilakukan oleh Work Food Happy melalui Instagram dan terpaan Online Customer Review pada Google Review secara simultan dengan keputusan pembelian di WFH Café. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pria atau wanita dengan usia 21 – 55 tahun yang pernah terkena terpaan promosi penjualan pada akun instagram @workfoodhappy dan pernah membaca Online Customer Review mengenai Work Food Happy café pada Google Review. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample non-probabililty melalui purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model. Hasil Uji Hipotesis menggunakan korelasi ganda melalui aplikasi SPSS menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif antara terpaan promosi penjualan pada instagram @workfoodhappy dan terpaan Online Customer Review pada google review dengan keputusan pembelian, dikarenakan nilai signifikansinya sebesar 0,038 serta mendapatkan koefisien korelasi sebesar 0,243 yang berarti memiliki keeratan yang lemah.
Fulltext View|Download
Keywords: Terpaan Promosi Penjualan, Terpaan Online Customer Review, dan Keputusan Pembelian

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.