slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS STRATEGIS PUBLIC RELATIONS ZENIUS DALAM UPAYA MEMBANGUN BRANDING SEBAGAI PLATFORM MITRA BELAJAR DARING | Faadilah | Interaksi Online skip to main content

ANALISIS STRATEGIS PUBLIC RELATIONS ZENIUS DALAM UPAYA MEMBANGUN BRANDING SEBAGAI PLATFORM MITRA BELAJAR DARING

*Khansa Faadilah  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Agus Naryoso  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Joyo Nur Suyanto Gono  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Zenius merupakan salah satu platform edukasi berbasis teknologi (edtech) pionir di Indonesia. Akan tetapi, Zenius masih kalah dengan start up edtech lainnya yaitu Ruangguru dalam hal pendanaan, jumlah pengguna, dan jumlah unduhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Public Relations Zenius dalam upaya membangun branding sebagai platform mitra belajar daring dengan menggunakan empat langkah Public Relations menurut Cutlip, Center, dan Broom. Hal tersebut meliputi aktivitas riset, perencanaan program, implementasi komunikasi, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga teori yang digunakan yaitu Teori Integrasi Informasi, Excellence Theory of Public Relations, dan Teori Manajemen Impresi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan wawancara dengan dua informan yang merupakan Public Relations Zenius. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu Public Relations Zenius melakukan tahap riset yang tergolong dalam secondary research secara terbatas, yakni dengan metode desktop research untuk membuat PR plan. Tahap perencanaan program yang mencakup penentuan peran Public Relations dalam membangun dan menjaga reputasi Zenius, penetapan goals yaitu menjadi top of mind dalam sektor edtech dan beberapa objective yang disesuaikan dengan business unit, stakeholders, dan target audiensnya, serta penyusunan strategi dengan menempatkan diri sebagai jurnalis, guna mendapat publisitas optimal. Tahap implementasi komunikasi dilakukan dengan menetapkan taktik sesuai strategi yang berfokus pada media, yaitu pengelolaan hubungan dengan media dan taktik-taktik yang dilakukan di media (news media) sehingga memiliki karakteristik yang paling sesuai dengan Public Information Model yang berfokus pada penyebaran informasi untuk meningkatkan awareness. Pada tahap evaluasi, Public Relations Zenius telah melakukan level preparation evaluation, implementation evaluation namun belum melakukan level ketiga yaitu impact evaluation.
Fulltext View|Download
Keywords: Public Relations, Strategi, Branding

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.