slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGARUH PEER PRESSURE, KELUARGA YANG MEROKOK, SIKAP PADA PERILAKU MEROKOK, DAN TERPAAN IKLAN ROKOK TERHADAP KEINGINAN MEROKOK PADA REMAJA | Pratama | Interaksi Online skip to main content

PENGARUH PEER PRESSURE, KELUARGA YANG MEROKOK, SIKAP PADA PERILAKU MEROKOK, DAN TERPAAN IKLAN ROKOK TERHADAP KEINGINAN MEROKOK PADA REMAJA

*Naafisa Maulida Pratama  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
Tandiyo Pradekso  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi
S. Rouli Manalu  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Rokok merupakan benda populer untuk dikonsumsi masyarakat, terutama remaja yang mana jumlahnya kian meningkat hingga mencapai 19,4 persen. Di sisi lain, rokok bagi remaja memiliki dampak yang mematikan jika dibandingkan dampak perokok usia dewasa, yakni diantaranya seperti kerusakan jaringan otak, penggumpalan darah, penurunan daya tangkap, kesecamasan berlebih hingga depresi. Guna mendapatkan penyelesaian atas permasalahan tersebut, maka perlu untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab remaja merokok. Terdapat beberapa asumsi faktor yang menjadi penyebab remaja merokok, yakni diantaranya seperti peer pressure, keluarga yang merokok, sikap pada perilaku merokok, dan terpaan iklan rokok sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer pressure, keluarga yang merokok, sikap pada perilaku merokok, dan terpaan iklan rokok terhadap keinginan merokok pada remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah planned behavior theory dengan asumsi bahwa seseorang akan memiliki keinginan untuk berperilaku sesuai dengan informasi yang diambil seseorang mengenai perilaku tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian adapun teori yang digunakan lainnya, yakni embodied motivated cognitive theory, yang mana menjelaskan bahwa ketika seseorang terpapar oleh iklan, seseorang akan mencoba memahami dan menanggapi pesan yang ditampilkan di dalam iklan sehingga seseorang kemudian memiliki keinginan untuk melakukan hal serupa yang ditunjukan di dalam iklan. Dalam menentukan sampel, penelitian ini nmenggunakan teknik non-probability sampling. Jumlah sampe yang diteliti sebanyak 100 orang dengan karakteristik pelajar SMA Negeri 1 Ungaran, baik laki-laki maupun perempuan, dan berdomisili di Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh peer pressure, keluarga yang merokok, dan sikap pada perilaku merokok memiliki nilai signifikansi sebesar 0,023 yang berarti bahwa variabel peer pressure, keluarga yang merokok, dan sikap pada perilaku merokok memiliki berpengaruh terhadap keinginan merokok pada remaja. Selanjutnya pada variabel terpaan iklan rokok nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,108 yang berarti tidak didapati pengaruh variabel terpaan iklan rokok terhadap keinginan merokok pada remaja.
Fulltext View|Download
Keywords: Peer Pressure, Keluarga yang Merokok, Sikap pada Perilaku Merokok, Terpaan Iklan rokok, Keinginan Merokok

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.