skip to main content

Pengaruh Terpaan Hoaks Vaksin Covid-19 Dan E - Word Of Mouth Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19

*Syafiq Muhammad Qualitoaji  -  Program Study S1 Ilmu Komunikasi
Joyo Nur Suryanto Gono  -  Program Study S1 Ilmu Komunikasi
Nurul Hasfi  -  Program Study S1 Ilmu Komunikasi

Citation Format:
Abstract
Pemerintah Indonesia mendatangankan berbagai macam merk vaksin covid-19 pada awal 2021 untuk meredam penyebaran covid-19 di masyarakat. Perbincangan mengenai keefektivitasan vaksin hingga kegunannya pun banyak terjadi di media sosial dan tak hanya perbincangan di media sosial yang terjadi atau disebut sebagai e-wom, tersebar juga berbagai macam hoaks yang membahas tentang vaksin covid-19 ini. Sehingga masyarakat dalam hal ini masyarakat Jawa Barat karena penlitian ini dilakukan di Jawa Barat mengalami bias informasi mengenai vaksin covid-19 yang mana menurut data sebanyak 81% masyarakat Indonesia masih bersinggungan dengan hoaks tentang vaksin. Hal ini berdampak pada persepsi beberapa masyatakat bahwa vaksin adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh antara Terpaan Hoaks Vaksin Covid- 19 dan E- Word Of Mouth tentang Vaksin Covid-19 terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori ketergantungan media (Media Dependency Theory) dan Elaboration Likelihood Theory dengan teknik pengambilan sampel non-probabilty sampling. Sampel berjumlah 61 orang dengan karakteristik laki - laki dan perempuan, berdomisili di Jawa Barat, pernah mendapaat terpaan hoaks vaksin covid-19 di media sosial dan pernah membicarakan (e-wom) tentang vaksin covid-19 menggunakan media sosial. Pengujian pada penelitian ini menggunakan uji regresi ordinal, hasil penelitian menunjukkan pengaruh antara terpaan hoaks vaksin covid-19 dengan persepsi masyarakat terhadap vaksin nilai signifikansi sebesar 0,689 yang artinya tidak signifikan namun ada kemungkinan terpengaruh jika responden menerima hoaks sebesar 0,96 kali lebih sering dibandingkan saat ini.. Selanjutnya pengaruh antara e-word of mouth terhadap persepsi masyakarat nilai signifikansinya 0.000 yang dapat diartikan signifikan.
Fulltext View|Download
Keywords: Terpaan Hoaks, E- Word Of Mouth, Persepsi Masyarakat, Vaksin Covid-19

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.