BibTex Citation Data :
@article{IO3263, author = {Leidena Negari and Sunarto Sunarto and Triyono Lukmantoro}, title = {DRAMATURGI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI PROFIT}, journal = {Interaksi Online}, volume = {1}, number = {4}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { DRAMATURGI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI PROFIT Abstrak Pemimpin dalam organisasi biasanya didominasi oleh kaum pria, karena konsep dan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang mengaut paham paternalistik. Seiring perkembangan zaman perempuan kini mampu menduduki jajaran top tier manajemen di sejumlah organisasi profit. Gaya komunikasi perempuan yang dianggap mampu dicintai karyawan dan lingkungan kerjanya dalam membangun sebuah hubungan menjadi sebuah nilai plus. Di dalam penelitian ini menggunakan teori dramaturgi oleh Goffman yang merupakan perluasan teori dari interaksionisme simbolik. Dramaturgi digambarkan sebagai sebuah pementasan drama yang mirip dengan pertunjukan aktor di panggung. Melalui dramaturgi ditunjukkan bahwa identitas manusia bisa saja berubah-rubah. Manusia adalah aktor yang memainkan drama di suatu panggung kehidupan. Pada saat interaksi berlangsung, maka aktor tersebut menampilkan pertunjukan dramanya di hadapan orang lain hingga membentuk impression management pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impression management dalam interaksi antara pemimpin perempuan dengan stakeholder di organisasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat komunikasi berlangsung antara pemimpin perempuan dan stakeholder, kedua belah menampilkan impression management. Pada back stage, pemimpin perempuan melakukan aktivitas lain sebelum bertemu dengan stakeholder, seperti meeting dengan team untuk keberhasilan tampil di front stage, supaya terlihat sebagai pemimpin yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik di hadapan stakeholder. Back stage pemimpin perempuan tidak diketahui oleh stakeholder. Pemimpin perempuan menampilkan impression management di hadapan stakeholder, yaitu sebagai pemimpin perempuan yang mampu menjalankan kegiatannya dengan baik, membimbing karyawan dengan telaten, mempunyai kemampuan berbicara yang luwes, dan cakap dalam membangun hubungan dengan stakeholder organisasinya. Stakeholder tidak mengetahui hal-hal apa saja yang dirasakan atau dilalui oleh pemimpin perempuan, seperti terkadang pemimpin perempuan merasa tidak siap dalam memimpin rapat, manajemen waktu yang kurang baik. Hal ini dapat merusak citranya sebagai seorang pemimpin. Oleh karena itu impression management sangat penting demi mencapai komunikasi efektif dalam komunikasi pemimpin perempuanstakeholder. Key words: Dramaturgi, Kepemimpinan, Perempuan WOMEN’S DRAMATURGICAL LEADERSHIP IN PROFIT ORGANIZATION Abstract Leadership in an Indonesian organization is usually dominated by men as paternalism runs deep in the people’s minds. Women nowadays have been able to get on top management of profit organization. Their unique communication style in building a relationship among colleagues and the entire work environment is greatly valued. This study used the dramaturgy theory by Goffman, which are extension of symbolic interactionism. Dramaturgy is described as a drama performance with actors on the stage. The theory believes that a man’s identity changes from time to time. A man is an actor performing on a stage of life. When interacting, the actor performs in front of other people, managing his impression on other people. This research aimed to understand the impression-management taking place in the interaction between women leaders with other stakeholders in the organization. The result showed that when an act of communication is taking place between a women leader and stakeholders, they are doing impression management. At back stage, a woman leader does other activities prior to meeting with stakeholders, such as meeting with the team to ensure the success of performing at front stage, so that she is seen as a leader who is able to do their job properly in front of stakeholders. A woman leader’s back stage activity is usually not known by stakeholders. Women leaders displayed impression management in the presence of stakeholders as leaders who are able to manage their work well, to lead employees, to speak their minds and to build strong relationships with stakeholders of the organization. Stakeholders may not know what a woman leader feels, such as feeling very unprepared to lead a meeting, having bad time management. This can ruin her image as a leader. Therefore, impression management is very important for achieving effective communication in the women leaders – stakeholder’s communication. Key words: Dramaturgy, Leadership, Woman BAB I 1.1. LATAR BELAKANG Bukan sebuah hal yang tabu, jika pada saat ini sudah banyak perempuan menduduki jajaran manajerial dalam organisasinya. Gaya komunikasi perempuan dianggap mampu dicintai karyawan dalam lingkungan kerjanya. Dengan gaya komunikasi yang bertutur kata lembut, gesture, dan kasih sayang dalam membangun hubungan yang dimiliki menjadi sebuah nilai plus. Gaya komunikasi pemimpin perempuan, seolah menjadikan itu sebuah alasan organisasi berganti strategi komunikasinya. Dengan demikian, dipandang perlu adanya penelitian yang dapat melihat bagaimana cara komunikasi perempuan dalam berinteraksi dengan stakeholder pada organisasinya. 1.2. PERUMUSAN MASALAH Seiring perkembangan zaman perempuan kini sudah melebarkan sayapnya yang tadinya hanya dianggap mempunyai tugas untuk melakukan segala kegiatan pekerjaan rumah, seperti mengurus anak dan suami, memasak, dan kegiatan lain yang dilakukan untuk kepentingan keluarga selain mencari nafkah. Dalam situasi seperti ini dapat dipahami mengapa kerja perempuan sering sekali tidak tampak (invisible) karena dalam masyarakat kita (walaupun tidak semua masyarakat) keterlibatan perempuan sering kali berada dalam pekerjaan yang tidak membawa upah atau tidak dilakukan di luar rumah (walaupun mendatangkan penghasilan) Dalam era seperti saat ini justru amat mudah melihat perempuan menduduki jajaran top tier manajemen. Wanita karier sudah bertebaran di manamana, bahkan menduduki posisi di organisasi yang dianggap tabu, seperti tambang, pemerintahan, dan perminyakan. Perempuan masuk dalam dunia bisnis saat ini sudah dianggap wajar, bahkan 70% laki-laki sudah bisa mengakui dan merasa nyaman jika perempuan bekerja di luar rumah (SWA, 2010). Gaya komunikasi pemimpin perempuan, seolah menjadikan itu sebuah alasan para organisasi berganti strategi untuk menjadikan karyawan dalam organisasinya menjadi berubah haluan. Dengan demikian, dipandang perlu adanya penelitian yang dapat melihat bagaimana cara komunikasi perempuan dalam berinteraksi dengan stakeholder pada organisasinya. Bagaimana impresion management dalam interaksi antara pemimpin perempuan dengan stakeholder di organisasinya? BAB II 2.1. KERANGKA TEORI 2.1.1. Interaksionisme Simbolik Teori interaksionisme simbolis dikonstruksikan atas sejumlah ide-ide dasar. Ide dasar ini mengacu pada masalah-masalah kelompok manusia atau masyarakat, interaksi sosial, obyek, manusia sebagai pelaku, tindakan manusia dan interkoneksi dari saluran-saluran tindakan. Symbolic interactionism, a movement within sociology, focuses on the ways in which people from meaning and structure in society through conversation. Menurut teoritisi simbolik, kehidupan sosial pada dasarnya adalah “interaksi manusia dengan menggunkaan simbol-simbol.” Mereka tertarik pada cara manusia menggunakan simbol-simbol yang mempresentasikan apa yang mereka maksudkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya, dan juga pengaruh yang ditimbulkan penafsiran atas simbol-simbol ini terhadap perilaku pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi sosial. George Herbert Mead mempunyai tiga konsep utama dalam teori Interaksionisme simbolik yaitu, masyarakat (society), diri sendiri (self), dan pikiran (mind) . Kategori-kategori ini merupakan aspek-aspek yang berbeda dari proses umum yang sama yang disebut tindak sosial, yang merupakan sebuah kesatuan tingkah laku yang tidak dapat dianalisis ke dalam bagian-bagian tertentu. 2.1.1. Konsep Dramaturgi Fokus pendekatan dramaturgis adalah bukan apa yang orang lakukan, bukan apa yang ingin mereka lakukan, atau mengapa mereka melakukan, melainkan bagaimana mereka melakukannya . Goffman mengasumsikan bahwa ketika orangorang berinteraksi, mereka ingin menyajikan suatu gambaran diri yang akan diterima orang lain. Ia menyebut upaya itu sebagai “pengelolaan pesan” (impression management), yaitu teknik-teknik yang digunakan aktor untuk memupuk kesan-kesan tertentu dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu (Ritzer, 1996:215). Menurut Goffman kehidupan sosial itu dapat dibagi menjadi “wilayah depan” (front region) dan “wilayah belakang” (back region). Wilayah depan merujuk kepada peristiwa sosial yang menunjukkan bahwa individu bergaya atau menampilkan peran formalnya. Mereka sedang memainkan perannya di atas panggung sandiwara di hadapan khalayak penonton. Sebaliknya wilayah belakang merujuk kepada tempat dan peristiwa yang memungkinkannya mempersiapkan perannya di wilayah depan. Wilayah depan ibarat panggung sandiwara bagian depan (front stage) yang ditonton khalayak penonton, sedang wilayah belakang ibarat panggung sandiwara bagian belakang (back stage) atau kamar rias tempat pemain sandiwara bersantai, mempersiapkan diri, atau berlatih untuk memainkan perannya di panggung depan. Goffman membagi panggung depan ini menjadi dua bagian: front pribadi (personal front) dan setting. Front pribadi terdiri dari alat-alat yang dianggap khalayak sebagai perlengkapan yang dibawa aktor ke dalam setting. Pemimpin perempuan menggunakan setelan pakaian formal serta notebook atau ipad di genggamannya. Personal front mencakup bahasa verbal dan bahasa tubuh sang aktor. Sebagai seorang pemimpin, perempuan dapat menggunakan kalimat dengan pilihan kata yang sopan, halus, penggunaan istilah-istilan asing dalam melakukan presentasi, memperhatikan intonasi, postur tubuh, dan ekspresi wajah. pakaian yang digunakan, penampakan usia dan sebagainya. Hingga derajat tertentu semua aspek itu dapat dikendalikan actor. Sementara itu, setting merupakan situasi fisik yang harus ada ketika aktor melakukan pertunjukan. Dimana seorang pemimpin memerlukan ruang kerja yang nyaman dan bersih untuk melakukan tugasnya.. Goffman mengakui bahwa panggung depan mengandung anasir struktural dalam arti bahwa panggung depan cenderung terlembagakan alias mewakili kepentingan kelompok atau organisasi. Sering ketika aktor melaksanakan perannya, peran tersebut telah ditetapkan lembaga tempat dia bernaung. Meskipun berbau struktural, daya tarik pendekatan Goffman terletak pada interaksi. Ia berpendapat bahwa umumnya orang-orang berusaha menyajikan diri mereka yang diidealisasikan dalam pertunjukan mereka di pangung depan, mereka merasa bahwa mereka harus menyembunyikan hal-hal tertentu dalam pertunjukannya. Wilayah ini memperlihatkan sikap superior sang pemimpin perempuan yang tergambar oleh karyawannya. Berbeda dengan panggung belakang (back stage), disini memungkinkan seorang pemimpin perempuan menggunakan kata-kata kasar ketika berkomentar, marah, mengumpat, bertindak agresif, memperolok, atau melakukan kegiatan yang tak pantas dilakukan ketika berhadapan dengan karyawannya. Adanya belakang panggung dimaksudkan untuk melindungi rahasia pertunjukan sang pemimpin perempuan, stakeholder tidak diizinkan masuk ke wilayah ini. Pertunjukan yang dilakukan akan sulit apabila stakeholder masuk ke dalam panggung 2.2. Tipe Penelitian Secara operasional tujuan penelitri menggunakan tipe penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam – dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Dalam penelitian ini lebih menekankan pada persoalan kedalaman. Periset merupakan bagian integral dari data artinya peneliti ikut menentukan jenis data yang diinginkan dan peneliti harus terjun langsung di lapangan). Analisis deskriptif kualitatif menurut Robert K.Yin (Yin, 2011: 177) 1. Compiling Mengkompilasi dan menyortir catatan lapangan dan pengumpulan data lainnya dan memisahkan data dari sumber arsip. Setelah itu peneliti meletakan pada folder data yang dibuat. Jadi pada fase pertama, menempatkan data ke dalam beberapa urutan, yang selanjutya disebut database. 2. Disassembling Pada tahap kedua mengkompille data hingga urutan terkecil, lalu memberikan label atau kode pada bagian-bagian data penelitian.dengan menggunakan tema substantif untuk mengatur 3. Reassembling Penyusunan ulang pada tahap ketiga dapat difasilitasi dengan grafik atau dengan mengaturnya dalam bentuk tabulasi data. 4. Interpreting Peneliti membuat sebuah narasi dari hasil penelitian. Lalu memasukan interpertasi peneliti pada hasil penelitian 5. Concluding Pada fase ini terdapat keseluruhan gambran dari hasil penelitian anda. Dan pada kesimpulan terkait pada interpertasi pada fase keempat dan semua tahapan penelitian lainnya. 2.2.1. Jenis Data 1. Data Primer Yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini antara lain: (1) hasil observasi partisipan terhadap perilaku, sikap, simbol pemimpin perempuan dan stakeholdernya. (2) hasil wawancara dengan subjek penelitian yang dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) antar peneliti dengan pemimpin perempuan, dan peneliti dengan stakeholdernya. 2. Data Sekunder Yaitu data yang diperoleh selain data primer antara lain: (1) data audio (rekaman suara), (2) data yang berkaitan dengan penelitian seperti internet, atau referensi lainnya yang mendukung. 2.2.2. Teknik Pengumpulan Data 1. Wawancara mendalam (indepth interview) Wawancara mendalam merupakan suatu cara pengumpulan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan agar mendapat data lengkap dan mendalam. Wawancara ini dilakukan dengan frekuensi tinggi (berulang – ulang) secara intensif. Dalam wawancara ini informan bebas memberikan jawaban karena periset memiliki tugas agar informan bersedia meemberikan jawaban yang lengkap, mendalam dan bila perlu. 2. Observasi Observasi difokuskan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan fenomena riset. Fenomena ini mencakup interaksi (perilaku) dan percakapan yang terjadi diantara subjek yang diteliti sehingga keunggulan metode ini adalah data yang dikumpulkan dalam dua bentuk : interaksi dan percakapan. Artinya selain perilaku non verbal juga mencakup perilaku verbal dari orang – orang yang diamati. 3. Collecting Collecting mengacu pada kompilasi atau mengmpulkan benda (dokumen, artefak, dan catatan arsip) yang berhubungan dengan topik penelitian. Sebagian besar kegiatan collecting ini ketika sedang berada di lapangan, namun peneliti juga dapat mengumpulkan dari beberapa sumber, seperti buku-buku, internet. Ini dapat mempermudah peneliti dalam proses penelitian. BAB III 3.1. KESIMPULAN Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impression management dalam interaksi antara pemimpin perempuan dan stakeholder. Impression management sangat penting pada saat interaksi antara pemimpin perempuan dan stakeholder berlangsung. Impression management dapat diperoleh oleh peneliti melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam. Karena pemimpin perempuan berperan seperti aktor yang melakukan pertunjukan drama di organisasi. Hal ini sesuai dengan teori dramaturgi oleh Goffman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin perempuan melakukan impression management di hadapan stakeholder. Pemimpin perempuan melakukan berbagai aktivitas selain bertemu dengan stakeholder. Seperti: arisan, berjulan sepatu, tas dan perlengkapan perempuan lainnya, dan menjadi pengurus organisasi ekstra dari perusahaannya mempunyai bisnis makanan. Selain itu pemimpin perempuan terkadang menyembunyikan masalah perusahaan atau pribadinya. Di depan stakeholder pemimpin perempuan harus terlihat baik dan tidak punya masalah. Oleh karena itu karena impression management penting, maka melalui impression management, pemimpin perempuan menunjukan pada stakeholder bahwa dia adalah pemimpin perempuan yang terampil dan ahli dalam pekerjaannya. Pemimpin perempuan selalu terlihat bersemangat dan ceria ketika menghadapi stakeholder karena dengan begitu memberikan pandangan bahwa pemimpin senang ketika bertemu dengan stakeholder. Padahal pada backstage pemimpin perempuan, stakeholder tidak mengetahui komentar apa yang diberikan pada stakeholder atau persiapan penting yang dilakukan oleh stakeholder perempuan. DAFTAR PUSTAKA Buku: Arivia, Gadis. ( 2006). Feminisme Sebuah Kata Hati. Jakarta : Kompas Barletta, Martha. (2004). Marketing to women (Mendongkrak laba dari konsumen paling kaya dalam segmen pasar terbesar). Jakarta: PPM Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi ( Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat ). Jakarta : Kencana. Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media Group. Cornelissen, Joep. (2009). Corporate Communication, A guide to theory and practice. New Delhi: Sage Publication Denzim, Norman K dan Yvonna S.Lincoln.(1994). Handbook of Qualitative Research. California : Sage Publications Dow, Bonnie J dan Wood, Julia. The Sage Handbook of Gender and Communication. USA: Sage Publications Gamble, Teri and Gamble, Michael.(2006). Communication Work. MC Graw-hill humanities Griffin, Em. (2004). A First Look at Communication Theory. New York: McGraw-Hill. Kelley, Martha J.M., Lt Col, U.S, (1997). Gender Differences and leadership study. Alabama: Maxwell Airforce Base Kriyantono, Rahmat.(2006). Tekhnik Praktik Riset Komunikasi. Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana. Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikas,. Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjajaran, (2008). Littlejohn, Stephen W. (1996). Theories of Human Communication.California: Belmont, Woodsworth. Littlejohn, Stephen W Littlejohn dan Karen A Foss .( 2009). Teori Komunikasi, Theories of Human Communication, Edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika Madison, D.Soyini. (2005).Critical Ethnography : Method, Ethics, and Performance. California : Sage Publications. Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Muhammad, Arni, (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara Mulyana, Deddy. (2003). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya Neuman,W.Lawrence. (1997). Social Research Methods. Qualitative and Quantitave Approach, Third Edition. Boston : Allyn & Bacon A Viacom Company Nuraini (2010). Perilaku Legislator Perempuan dalam Memperjuangkan Kepentingan Perempuan. Skripsi. Unversitas Diponegoro Pace, Wayne R dam Faules, Don F. (2006). Komunikasi Organisasi, strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Prayitno, Ujianto Singgih, (1996). Wanita dalam pembangunan (Studi terhadap peraturan perundang-undangan RI terhadap konvensi PBB tentang penghapusan diskrimnasi terhadap wanita). Jakarta: CV.Erasari Rahardjo, Turnomo. (2006). Menghargai Perbedaan Kultural : Mindfulness Dalam Komunikasi Antaretnis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Ritzer, George. (1996). Modern Sociological Theory. New York: The Mc Graw Hill Santoso, Anang, (2004), Bahasa Peremouan. Jakarta: Bumi Aksara Saptari, Ratna dan Holzner, Brigitte, (1997). Perempuan kerja dan perubahan sosial (sebuah pengantar studi perempuan). Jakarta: Pustaka Utama Grafity Sunarto. (2009). Televisi, Kekerasan dan Perempuan. Jakarta:Kompas Tong, Rosemarie. (2006). Feminist Though. Bandung: Jalasutera Yin, Robert K. (2011). Qualitative Research from start to finish. London: The Guilford Press Internet Pearson, J. Michael dan Furumo, Kimberly. (2007). Gender-Based Communication Styles, Trust, and Satisfaction in Virtual Teams dalam http://jiito.org/articles/JIITOv2p047-060Furumo35.pdf di unduh pada tanggal 6 Maret 2011 pukul 20.00 WIB Snellen, Deborah. (2006). Gender Communication.Colorado dalam http://www.cacubo.org/proDevOpp/Gender%20Communication.pdf diunduh pada tanggal 7 Maret 2011 pukul 08.00 WIB Verghese, Tom. (2008). Women Leading Across Borders dalam http://www.culturalsynergies.com/resources/Women_Leading_Across_Bo rders.pdf diunduh pada tanggal 6 Maret 2011 pukul 20.30 WIB Majalah Rahayu, Eva Martha (2010, April). Panggil Mereka Women on Top, SWA Sembada: 28 Rahayu, Eva Martha (2012, April). Karena Wanita Punya Talenta , SWA Sembada: 29 }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/3263} }
Refworks Citation Data :
DRAMATURGI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAMORGANISASI PROFITAbstrakPemimpin dalam organisasi biasanya didominasi oleh kaum pria, karena konsepdan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang mengaut pahampaternalistik. Seiring perkembangan zaman perempuan kini mampu mendudukijajaran top tier manajemen di sejumlah organisasi profit. Gaya komunikasiperempuan yang dianggap mampu dicintai karyawan dan lingkungan kerjanyadalam membangun sebuah hubungan menjadi sebuah nilai plus.Di dalam penelitian ini menggunakan teori dramaturgi oleh Goffman yangmerupakan perluasan teori dari interaksionisme simbolik. Dramaturgidigambarkan sebagai sebuah pementasan drama yang mirip dengan pertunjukanaktor di panggung. Melalui dramaturgi ditunjukkan bahwa identitas manusia bisasaja berubah-rubah. Manusia adalah aktor yang memainkan drama di suatupanggung kehidupan. Pada saat interaksi berlangsung, maka aktor tersebutmenampilkan pertunjukan dramanya di hadapan orang lain hingga membentukimpression management pada dirinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impression management dalaminteraksi antara pemimpin perempuan dengan stakeholder di organisasinya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat komunikasi berlangsungantara pemimpin perempuan dan stakeholder, kedua belah menampilkanimpression management. Pada back stage, pemimpin perempuan melakukanaktivitas lain sebelum bertemu dengan stakeholder, seperti meeting dengan teamuntuk keberhasilan tampil di front stage, supaya terlihat sebagai pemimpin yangmampu melaksanakan tugasnya dengan baik di hadapan stakeholder. Back stagepemimpin perempuan tidak diketahui oleh stakeholder.Pemimpin perempuan menampilkan impression management di hadapanstakeholder, yaitu sebagai pemimpin perempuan yang mampu menjalankankegiatannya dengan baik, membimbing karyawan dengan telaten, mempunyaikemampuan berbicara yang luwes, dan cakap dalam membangun hubungandengan stakeholder organisasinya. Stakeholder tidak mengetahui hal-hal apa sajayang dirasakan atau dilalui oleh pemimpin perempuan, seperti terkadangpemimpin perempuan merasa tidak siap dalam memimpin rapat, manajemenwaktu yang kurang baik. Hal ini dapat merusak citranya sebagai seorangpemimpin. Oleh karena itu impression management sangat penting demimencapai komunikasi efektif dalam komunikasi pemimpin perempuanstakeholder.Key words: Dramaturgi, Kepemimpinan, PerempuanWOMEN’S DRAMATURGICAL LEADERSHIP IN PROFITORGANIZATIONAbstractLeadership in an Indonesian organization is usually dominated by men aspaternalism runs deep in the people’s minds. Women nowadays have been able toget on top management of profit organization. Their unique communication stylein building a relationship among colleagues and the entire work environment isgreatly valued.This study used the dramaturgy theory by Goffman, which are extensionof symbolic interactionism. Dramaturgy is described as a drama performance withactors on the stage. The theory believes that a man’s identity changes from time totime. A man is an actor performing on a stage of life. When interacting, the actorperforms in front of other people, managing his impression on other people.This research aimed to understand the impression-management takingplace in the interaction between women leaders with other stakeholders in theorganization.The result showed that when an act of communication is taking placebetween a women leader and stakeholders, they are doing impressionmanagement. At back stage, a woman leader does other activities prior to meetingwith stakeholders, such as meeting with the team to ensure the success ofperforming at front stage, so that she is seen as a leader who is able to do their jobproperly in front of stakeholders. A woman leader’s back stage activity is usuallynot known by stakeholders.Women leaders displayed impression management in the presence ofstakeholders as leaders who are able to manage their work well, to leademployees, to speak their minds and to build strong relationships withstakeholders of the organization. Stakeholders may not know what a womanleader feels, such as feeling very unprepared to lead a meeting, having bad timemanagement. This can ruin her image as a leader. Therefore, impressionmanagement is very important for achieving effective communication in thewomen leaders – stakeholder’s communication.Key words: Dramaturgy, Leadership, WomanBAB I1.1. LATAR BELAKANGBukan sebuah hal yang tabu, jika pada saat ini sudah banyak perempuanmenduduki jajaran manajerial dalam organisasinya. Gaya komunikasi perempuandianggap mampu dicintai karyawan dalam lingkungan kerjanya. Dengan gayakomunikasi yang bertutur kata lembut, gesture, dan kasih sayang dalammembangun hubungan yang dimiliki menjadi sebuah nilai plus.Gaya komunikasi pemimpin perempuan, seolah menjadikan itu sebuahalasan organisasi berganti strategi komunikasinya. Dengan demikian, dipandangperlu adanya penelitian yang dapat melihat bagaimana cara komunikasiperempuan dalam berinteraksi dengan stakeholder pada organisasinya.1.2. PERUMUSAN MASALAHSeiring perkembangan zaman perempuan kini sudah melebarkan sayapnya yangtadinya hanya dianggap mempunyai tugas untuk melakukan segala kegiatanpekerjaan rumah, seperti mengurus anak dan suami, memasak, dan kegiatan lainyang dilakukan untuk kepentingan keluarga selain mencari nafkah. Dalam situasiseperti ini dapat dipahami mengapa kerja perempuan sering sekali tidak tampak(invisible) karena dalam masyarakat kita (walaupun tidak semua masyarakat)keterlibatan perempuan sering kali berada dalam pekerjaan yang tidak membawaupah atau tidak dilakukan di luar rumah (walaupun mendatangkan penghasilan)Dalam era seperti saat ini justru amat mudah melihat perempuanmenduduki jajaran top tier manajemen. Wanita karier sudah bertebaran di manamana,bahkan menduduki posisi di organisasi yang dianggap tabu, sepertitambang, pemerintahan, dan perminyakan. Perempuan masuk dalam dunia bisnissaat ini sudah dianggap wajar, bahkan 70% laki-laki sudah bisa mengakui danmerasa nyaman jika perempuan bekerja di luar rumah (SWA, 2010).Gaya komunikasi pemimpin perempuan, seolah menjadikan itu sebuahalasan para organisasi berganti strategi untuk menjadikan karyawan dalamorganisasinya menjadi berubah haluan. Dengan demikian, dipandang perlu adanyapenelitian yang dapat melihat bagaimana cara komunikasi perempuan dalamberinteraksi dengan stakeholder pada organisasinya. Bagaimana impresionmanagement dalam interaksi antara pemimpin perempuan dengan stakeholder diorganisasinya?BAB II2.1. KERANGKA TEORI2.1.1. Interaksionisme SimbolikTeori interaksionisme simbolis dikonstruksikan atas sejumlah ide-ide dasar.Ide dasar ini mengacu pada masalah-masalah kelompok manusia atau masyarakat,interaksi sosial, obyek, manusia sebagai pelaku, tindakan manusia daninterkoneksi dari saluran-saluran tindakan.Symbolic interactionism, a movement within sociology, focuses on the waysin which people from meaning and structure in society through conversation.Menurut teoritisi simbolik, kehidupan sosial pada dasarnya adalah “interaksimanusia dengan menggunkaan simbol-simbol.” Mereka tertarik pada caramanusia menggunakan simbol-simbol yang mempresentasikan apa yang merekamaksudkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya, dan juga pengaruh yangditimbulkan penafsiran atas simbol-simbol ini terhadap perilaku pihak-pihak yangterlibat dalam interaksi sosial.George Herbert Mead mempunyai tiga konsep utama dalam teoriInteraksionisme simbolik yaitu, masyarakat (society), diri sendiri (self), danpikiran (mind) . Kategori-kategori ini merupakan aspek-aspek yang berbeda dariproses umum yang sama yang disebut tindak sosial, yang merupakan sebuahkesatuan tingkah laku yang tidak dapat dianalisis ke dalam bagian-bagian tertentu.2.1.1. Konsep DramaturgiFokus pendekatan dramaturgis adalah bukan apa yang orang lakukan, bukan apayang ingin mereka lakukan, atau mengapa mereka melakukan, melainkanbagaimana mereka melakukannya . Goffman mengasumsikan bahwa ketika orangorangberinteraksi, mereka ingin menyajikan suatu gambaran diri yang akanditerima orang lain. Ia menyebut upaya itu sebagai “pengelolaan pesan”(impression management), yaitu teknik-teknik yang digunakan aktor untukmemupuk kesan-kesan tertentu dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuantertentu (Ritzer, 1996:215).Menurut Goffman kehidupan sosial itu dapat dibagi menjadi “wilayahdepan” (front region) dan “wilayah belakang” (back region). Wilayah depanmerujuk kepada peristiwa sosial yang menunjukkan bahwa individu bergaya ataumenampilkan peran formalnya. Mereka sedang memainkan perannya di ataspanggung sandiwara di hadapan khalayak penonton. Sebaliknya wilayah belakangmerujuk kepada tempat dan peristiwa yang memungkinkannya mempersiapkanperannya di wilayah depan. Wilayah depan ibarat panggung sandiwara bagiandepan (front stage) yang ditonton khalayak penonton, sedang wilayah belakangibarat panggung sandiwara bagian belakang (back stage) atau kamar rias tempatpemain sandiwara bersantai, mempersiapkan diri, atau berlatih untuk memainkanperannya di panggung depan.Goffman membagi panggung depan ini menjadi dua bagian: front pribadi(personal front) dan setting. Front pribadi terdiri dari alat-alat yang dianggapkhalayak sebagai perlengkapan yang dibawa aktor ke dalam setting. Pemimpinperempuan menggunakan setelan pakaian formal serta notebook atau ipad digenggamannya. Personal front mencakup bahasa verbal dan bahasa tubuh sangaktor. Sebagai seorang pemimpin, perempuan dapat menggunakan kalimat denganpilihan kata yang sopan, halus, penggunaan istilah-istilan asing dalam melakukanpresentasi, memperhatikan intonasi, postur tubuh, dan ekspresi wajah. pakaianyang digunakan, penampakan usia dan sebagainya. Hingga derajat tertentu semuaaspek itu dapat dikendalikan actor.Sementara itu, setting merupakan situasi fisik yang harus ada ketika aktormelakukan pertunjukan. Dimana seorang pemimpin memerlukan ruang kerja yangnyaman dan bersih untuk melakukan tugasnya..Goffman mengakui bahwa panggung depan mengandung anasir strukturaldalam arti bahwa panggung depan cenderung terlembagakan alias mewakilikepentingan kelompok atau organisasi. Sering ketika aktor melaksanakanperannya, peran tersebut telah ditetapkan lembaga tempat dia bernaung. Meskipunberbau struktural, daya tarik pendekatan Goffman terletak pada interaksi. Iaberpendapat bahwa umumnya orang-orang berusaha menyajikan diri mereka yangdiidealisasikan dalam pertunjukan mereka di pangung depan, mereka merasabahwa mereka harus menyembunyikan hal-hal tertentu dalam pertunjukannya.Wilayah ini memperlihatkan sikap superior sang pemimpin perempuan yangtergambar oleh karyawannya.Berbeda dengan panggung belakang (back stage), disini memungkinkanseorang pemimpin perempuan menggunakan kata-kata kasar ketika berkomentar,marah, mengumpat, bertindak agresif, memperolok, atau melakukan kegiatanyang tak pantas dilakukan ketika berhadapan dengan karyawannya. Adanyabelakang panggung dimaksudkan untuk melindungi rahasia pertunjukan sangpemimpin perempuan, stakeholder tidak diizinkan masuk ke wilayah ini.Pertunjukan yang dilakukan akan sulit apabila stakeholder masuk ke dalampanggung2.2. Tipe PenelitianSecara operasional tujuan penelitri menggunakan tipe penelitian kualitatifadalah untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam – dalamnya melaluipengumpulan data sedalam-dalamnya. Dalam penelitian ini lebih menekankanpada persoalan kedalaman. Periset merupakan bagian integral dari data artinyapeneliti ikut menentukan jenis data yang diinginkan dan peneliti harus terjunlangsung di lapangan).Analisis deskriptif kualitatif menurut Robert K.Yin (Yin, 2011: 177)1. CompilingMengkompilasi dan menyortir catatan lapangan dan pengumpulan data lainnyadan memisahkan data dari sumber arsip. Setelah itu peneliti meletakan pada folderdata yang dibuat. Jadi pada fase pertama, menempatkan data ke dalam beberapaurutan, yang selanjutya disebut database.2. DisassemblingPada tahap kedua mengkompille data hingga urutan terkecil, lalu memberikanlabel atau kode pada bagian-bagian data penelitian.dengan menggunakan temasubstantif untuk mengatur3. ReassemblingPenyusunan ulang pada tahap ketiga dapat difasilitasi dengan grafik atau denganmengaturnya dalam bentuk tabulasi data.4. InterpretingPeneliti membuat sebuah narasi dari hasil penelitian. Lalu memasukan interpertasipeneliti pada hasil penelitian5. ConcludingPada fase ini terdapat keseluruhan gambran dari hasil penelitian anda. Dan padakesimpulan terkait pada interpertasi pada fase keempat dan semua tahapanpenelitian lainnya.2.2.1. Jenis Data1. Data PrimerYaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan. Sumber data primer dalampenelitian ini antara lain: (1) hasil observasi partisipan terhadap perilaku, sikap,simbol pemimpin perempuan dan stakeholdernya. (2) hasil wawancara dengansubjek penelitian yang dilakukan dengan wawancara mendalam (indepthinterview) antar peneliti dengan pemimpin perempuan, dan peneliti denganstakeholdernya.2. Data SekunderYaitu data yang diperoleh selain data primer antara lain: (1) data audio (rekamansuara), (2) data yang berkaitan dengan penelitian seperti internet, atau referensilainnya yang mendukung.2.2.2. Teknik Pengumpulan Data1. Wawancara mendalam (indepth interview)Wawancara mendalam merupakan suatu cara pengumpulan data atau informasidengan cara langsung bertatap muka dengan informan agar mendapat datalengkap dan mendalam. Wawancara ini dilakukan dengan frekuensi tinggi(berulang – ulang) secara intensif. Dalam wawancara ini informan bebasmemberikan jawaban karena periset memiliki tugas agar informan bersediameemberikan jawaban yang lengkap, mendalam dan bila perlu.2. ObservasiObservasi difokuskan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan fenomenariset. Fenomena ini mencakup interaksi (perilaku) dan percakapan yang terjadidiantara subjek yang diteliti sehingga keunggulan metode ini adalah data yangdikumpulkan dalam dua bentuk : interaksi dan percakapan. Artinya selain perilakunon verbal juga mencakup perilaku verbal dari orang – orang yang diamati.3. CollectingCollecting mengacu pada kompilasi atau mengmpulkan benda (dokumen,artefak, dan catatan arsip) yang berhubungan dengan topik penelitian. Sebagianbesar kegiatan collecting ini ketika sedang berada di lapangan, namun penelitijuga dapat mengumpulkan dari beberapa sumber, seperti buku-buku, internet. Inidapat mempermudah peneliti dalam proses penelitian.BAB III3.1. KESIMPULANTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impression managementdalam interaksi antara pemimpin perempuan dan stakeholder. Impressionmanagement sangat penting pada saat interaksi antara pemimpin perempuan danstakeholder berlangsung. Impression management dapat diperoleh oleh penelitimelalui observasi partisipan dan wawancara mendalam. Karena pemimpinperempuan berperan seperti aktor yang melakukan pertunjukan drama diorganisasi. Hal ini sesuai dengan teori dramaturgi oleh Goffman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin perempuan melakukanimpression management di hadapan stakeholder. Pemimpin perempuanmelakukan berbagai aktivitas selain bertemu dengan stakeholder. Seperti: arisan,berjulan sepatu, tas dan perlengkapan perempuan lainnya, dan menjadi pengurusorganisasi ekstra dari perusahaannya mempunyai bisnis makanan. Selain itupemimpin perempuan terkadang menyembunyikan masalah perusahaan ataupribadinya. Di depan stakeholder pemimpin perempuan harus terlihat baik dantidak punya masalah. Oleh karena itu karena impression management penting,maka melalui impression management, pemimpin perempuan menunjukan padastakeholder bahwa dia adalah pemimpin perempuan yang terampil dan ahli dalampekerjaannya.Pemimpin perempuan selalu terlihat bersemangat dan ceria ketikamenghadapi stakeholder karena dengan begitu memberikan pandangan bahwapemimpin senang ketika bertemu dengan stakeholder. Padahal pada backstagepemimpin perempuan, stakeholder tidak mengetahui komentar apa yangdiberikan pada stakeholder atau persiapan penting yang dilakukan olehstakeholder perempuan.DAFTAR PUSTAKABuku:Arivia, Gadis. ( 2006). Feminisme Sebuah Kata Hati. Jakarta : KompasBarletta, Martha. (2004). Marketing to women (Mendongkrak laba dari konsumenpaling kaya dalam segmen pasar terbesar). Jakarta: PPMBungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi ( Teori, Paradigma, danDiskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat ). Jakarta : Kencana.Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi,Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : PrenadaMedia Group.Cornelissen, Joep. (2009). Corporate Communication, A guide to theory andpractice. New Delhi: Sage PublicationDenzim, Norman K dan Yvonna S.Lincoln.(1994). Handbook of QualitativeResearch. California : Sage PublicationsDow, Bonnie J dan Wood, Julia. The Sage Handbook of Gender andCommunication. USA: Sage PublicationsGamble, Teri and Gamble, Michael.(2006). Communication Work.MC Graw-hill humanitiesGriffin, Em. (2004). A First Look at Communication Theory. New York:McGraw-Hill.Kelley, Martha J.M., Lt Col, U.S, (1997). Gender Differences and leadershipstudy. Alabama: Maxwell Airforce BaseKriyantono, Rahmat.(2006). Tekhnik Praktik Riset Komunikasi. DisertaiContoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising,Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikas,. Suatu Pengantar danContoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjajaran, (2008).Littlejohn, Stephen W. (1996). Theories of Human Communication.California:Belmont, Woodsworth.Littlejohn, Stephen W Littlejohn dan Karen A Foss .( 2009). Teori Komunikasi,Theories of Human Communication, Edisi 9, Jakarta: Salemba HumanikaMadison, D.Soyini. (2005).Critical Ethnography : Method, Ethics, andPerformance. California : Sage Publications.Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : RemajaRosdakaryaMuhammad, Arni, (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi AksaraMulyana, Deddy. (2003). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru IlmuKomunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja RosdakaryaNeuman,W.Lawrence. (1997). Social Research Methods. Qualitative andQuantitave Approach, Third Edition. Boston : Allyn & Bacon A ViacomCompanyNuraini (2010). Perilaku Legislator Perempuan dalam MemperjuangkanKepentingan Perempuan. Skripsi. Unversitas DiponegoroPace, Wayne R dam Faules, Don F. (2006). Komunikasi Organisasi, strategimeningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT Remaja RosdakaryaPrayitno, Ujianto Singgih, (1996). Wanita dalam pembangunan (Studi terhadapperaturan perundang-undangan RI terhadap konvensi PBB tentangpenghapusan diskrimnasi terhadap wanita). Jakarta: CV.ErasariRahardjo, Turnomo. (2006). Menghargai Perbedaan Kultural : MindfulnessDalam Komunikasi Antaretnis. Yogyakarta : Pustaka PelajarRitzer, George. (1996). Modern Sociological Theory. New York: The McGraw HillSantoso, Anang, (2004), Bahasa Peremouan. Jakarta: Bumi AksaraSaptari, Ratna dan Holzner, Brigitte, (1997). Perempuan kerja dan perubahansosial (sebuah pengantar studi perempuan). Jakarta: Pustaka UtamaGrafitySunarto. (2009). Televisi, Kekerasan dan Perempuan. Jakarta:KompasTong, Rosemarie. (2006). Feminist Though. Bandung: JalasuteraYin, Robert K. (2011). Qualitative Research from start to finish. London: TheGuilford PressInternetPearson, J. Michael dan Furumo, Kimberly. (2007). Gender-BasedCommunication Styles, Trust, and Satisfaction in Virtual Teamsdalam http://jiito.org/articles/JIITOv2p047-060Furumo35.pdf di unduhpada tanggal 6 Maret 2011 pukul 20.00 WIBSnellen, Deborah. (2006). Gender Communication.Colorado dalamhttp://www.cacubo.org/proDevOpp/Gender%20Communication.pdfdiunduh pada tanggal 7 Maret 2011 pukul 08.00 WIBVerghese, Tom. (2008). Women Leading Across Borders dalamhttp://www.culturalsynergies.com/resources/Women_Leading_Across_Borders.pdf diunduh pada tanggal 6 Maret 2011 pukul 20.30 WIBMajalahRahayu, Eva Martha (2010, April). Panggil Mereka Women on Top, SWASembada: 28Rahayu, Eva Martha (2012, April). Karena Wanita Punya Talenta , SWASembada: 29
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.